Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Memakai Headset Terlalu Lama untuk Telinga dan Otak

Uncategorized

15 Bahaya Memakai Headset Terlalu Lama untuk Telinga dan Otak

Headset adalah sebuah perlengkapan gadget yang digunakan untuk mendengarkan suara dari gadget tersebut.  Dengan headset suara akan ditransmisikan melalui kabel dan akan langsung terdengar masuk ke telinga. Ada beragam jenis headset, mulai dari yang kecil langsung masuk daun telinga. Atau yang besar, mirip bando. Semuanya memiliki penggemar sendiri-sendiri. Dan tentunya penggunaannya tergantung pada jenis gadget apa yang dipakai.

Kalau ingin memiliki headset atau earphone mudah saja mendapatkannya karena banyak sekali gerai yang menjualnya. Harganya pun beragam dari yang murah sampai yang mahal. Semuanya punya penggemar tersendiri. Orang biasanya memilih harga headset yang menengah ke atas, demi mendapatkan kualitas suara yang bagus. Maka dari itu, kalau kamu ingin memiliki headset, sebaiknya pilihlah harga yang menengah ke atas saja. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kenikmatan utuh.

Tapi kamu mesti memperhatikan bahwasanya headset ini juga memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Ada bahaya memakai headset yang mesti kamu perhatikan sejak dini. Sehingga tidak menyebabkan kamu kena efek negatifnya.

Tahukah kamu bahwa memakai headset itu paling lama 15 menit saja. Jangan sampai melebihi 15 menit karena bisa menyebabkan kamu sakit kepala berat. Apabila volume suara terlalu keras juga akan mengancam gendang telinga pecah. Menyebabkan kamu tuli.

Di bawah ini adalah bahaya memakai headset:

1. Menyebabkan Telinga Tuli

Telinga kita bisa tuli akibat bahaya memakai headset. Ini terjadi karena telinga dipaksa mendengarkan suara yang terlalu keras dalam waktu lama sehingga gendang telinga jadi pecah. Ingat bahwa kerusakan gendang telinga biasanya permanen. Meskipun teknologi kedokteran sudah sangat canggih, namun tetap saja, telinga tuli bisa menyebabkan kita jadi hidup dalam penderitaan. Lagipula, cangkok gendang telinga juga sangat mengerikan.

Loading...

2. Mengalami Radang Telinga

Radang telinga bisa terjadi akibat bahaya memakai headset. Maka dari itu, sebaiknya kamu harus segera memperbaiki gaya hidupmu. Pakai headset boleh saja, tapi jangan kelamaan. Semata-mata demi kesehatan. Percuma lah kita memakai headset hanya demi kesenangan sesaat, tapi kemudian kita mendapatkan kerusakan permanen telinga akibat peradangan kronis.

3. Daun Telinga Pegal

Bagian dari telinga yang pertama kali merasakan sakit akibat bahaya headset adalah daun telinga. Bagian telinga luar ini mendapatkan tekanan dari speaker headset yang diselipkan, alhasil daun telinga jadi pegal sekali. Seringkali rasa pegal ini menjalar hingga masuk ke telinga tengah dan telinga dalam.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala juga bisa terjadi akibat bahaya headset. Maka dari itu, sebaiknya kalau kamu mau memakai headset, jangan kelamaan. Karena kelamaan pakai benar akan membuatmu sakit kepala. Sakitnya sangat sakit, sampai kamu merasa ingin mati saja. Ingin menangis. Dan anehnya, sakit kepala akibat penggunaan headset ini tidak mudah sembuh. Walaupun sudah minum obat, akan tetap sakit.

5. Emosi Memburuk Jadi Marah

Emosi kita juga akan memburuk akibat bahaya headset. Jangan dikira mentang-mentang lagi dengarin musik keras dari headset, pada akhirnya emosimu malah jadi marah. Maka dari itu, sebaiknya kalau kamu mau pakai headset, volume suaranya rendah saja. Jangan keras-keras.

6. Mempengaruhi Sistem Syaraf Pusat

Ternyata headset juga menyebabkan sistem syaraf pusat kita terganggu. Kerusakan otak bisa saja terjadi akibat bahaya penggunaan headset. Maka sebaiknya jauhkanlah gaya hidup memakai headset mulai dari sekarang.

7. Gangguan Keseimbangan Tubuh dan Vertigo

Memakai headset bisa menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh. Ketika kamu memakainya dalam jangka waktu lama, pasti rasanya kalau jalan jadi vertigo. Ini disebabkan karena telinga terganggu. Ingatlah bahwa telinga manusia itu memiliki cairan yang fungsinya sebagai penyeimbang tubuh. Kalau cairan dalam telinga ini terganggu akibat suara headset yang keras, maka vertigo bakal terjadi.

8. Menyebabkan Penglihatan Jadi Kabur

Penglihatan kita bakalan kabur kalau menggunakan headset dalam jangka waktu lama. Maka dri itu, hindarilah pemakaian headset. Supaya penglihatan tetap jernih.

9. Mual dan Muntah-Muntah

Bahaya memakai headset juga akan buat kita muntah terus karena saking mualnya.

10. Kerusakan Otak

Pada akhirnya, bahaya memakai headset bisa menyebabkan kita mengalami kerusakan otak permanen. Yang mula-mula dimulai dari stroke.

Baca Juga: 15 Manfaat Narkoba untuk Kesehatan

5 Bahaya Memakai Headset yang Lainnya:

11. Mengalami Stroke
12. Migrain
13. Pusing
14. Pening
15. Pingsan

Wah, ternyata banyak sekali ya bahaya memakai headset. Mengingat banyaknya bahaya di atas, kita sebaiknya mulai menyadari dan mengatur intensitas memakai headset. Jangan sampai telinga dan otak rusak. Cegahlah dari sekarang bahaya ini! Ubah segera gaya hidupnya!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top