Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Memegang Komputer Terlalu Lama

Uncategorized

15 Bahaya Memegang Komputer Terlalu Lama

Komputer kini menjadi alat yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Penggunaannya juga sudah meluas.  Hampir semua pekerjaan pasti menggunakan komputer. Atau hampir setiap rumah pasti memiliki satu buah komputer. Komputer memang sangat multifungsi karena kita bisa bekerja,  kita juga bisa hiburan seperti menonton film,  mendengarkan musik,  dan juga bermain game. Komputer juga bisa kita pakai untuk online.

Ada beberapa kegiatan yang memungkinkan kita memegang komputer terlalu lama, misalnya mengerjakan tugas atau bisa juga bermain game. biasanya para gamers bermain game sampai berjam-jam. Mereka bahkan rela tidak tidur hanya untuk bermain game. Memegang komputer terlalu lama ternyata bisa membahayakan kesehatan kita.  Berikut ini adalah bahaya memegang komputer terlalu lama:

1. Membuat Tangan Pegal

Tahukah kamu bahwa memegang komputer terlalu lama bisa membuat tangan jadi pegal? Rasa pegal pada tangan ini jika sudah sangat parah akan membuatmu benar-benar terganggu sekali. Bahkan kadang sampai masuk ke dalam alam mimpi. Kadang rasa sakit yang teramat sakit memang akan bikin tangan kita jadi sakit-sakitan sekali, bahkan alam bawah sadar pun sangat mengenang rasa sakit itu.

2. Tangan Terasa Kesemutan

Kita bisa mengalami kesemutan di tangan bila memegang komputer terlalu lama. Kesemutan di tangan terjadi karena tangan kita yang terlalu lama dan keras menekan keyboard komputer misalnya. Untuk itu, kita mestinya jangan lagi lama-lama memegang keyboard komputer sangat lama. Kesemutan yang sudah kronis juga akan bahaya loh, nanti susah sembuhnya.

3. Mata Berasa Perih dan Iritasi

Mata kita berasa akan sangat perih sekali dan iritasi bilamana kita memegang komputer terlalu lama. Rasa perih dan iritasi pada mata ini disebabkan karena saking lamanya kita menatap layar komputer. Jangan biarkan matamu jadi rusak karena ini. Karena efeknya benar-benar akan sangat bahaya sekali buat kesehatan mata.

4. Gangguan Tulang Ekor

Jika kita memegang komputer terlalu lama, otomatis kita juga duduk terlalu lama. Dampaknya adalah akan menyebabkan kita jadi kena gangguan tulang ekor. Padahal jenis gangguan ini sangat bahaya sekali buat kesehatan loh! Bisa-bisa kita bakalan susah jalan dan berdiri!

Loading...

5. Kena Sindrom Carpal Tunnel

Orang yang banyak memegang komputer terlalu lama bakalan rentan mengalami sindrom carpal tunnel. Ini adalah sebuah gangguan di mana terjadi kerusakan pada tulang carpal di dekat jempol tangan, yang menyebabkan terbentuknya saluran terowongan yang rapuh di carpal. Ini akibat saking banyaknya menekan keyboard.

6. Kepala Pusing dan Nyeri

Tentu saja memegang komputer terlalu lama akan membuat kita jadi pusing dan nyeri. Ini karena terpaan cahaya dari layar komputer dan radiasi komputer yang keras, yang sangat mempengaruhi energi tubuh kita. Rasa pusing dan nyeri kepala akan susah hilang biasanya, bahkan setelah kita minum obat.

7. Badan Terasa Lemas

Memegang komputer terlalu lama bisa membuat badan kita jadi terasa lemas. Rasa lemas di badan ini disebabkan karena tubuh yang kehabisan energi akibat paparan radiasi komputer. Rasanya badan benar-benar seperti mau roboh. Oh, sungguh menyebalkan sekali sensasi badan lemas ini!

8. Perut Jadi Mual

Rasa mual pada perut disebabkan karena kita kadang lupa buat makan saat main komputer. Alhasil asam lambung mengalami kenaikan yang drastis. Naiknya asam lambung ini menimbulkan sensasi mual yang sangat dan rasa perih serta terbakar.

9. Sakit Pinggang dan Kemaluan

Ternyata bahaya memegang komputer terlalu lama juga akan menyebabkan kita jadi sakit pinggang dan kemaluan. Rasa sakit ini benar-benar sangat merepotkan sampai kita jadi susah duduk dan berdiri. Sakit pinggang dan kemaluan bahkan bisa membawa kepada penyakit yang lebih serius seperti gangguan kelenjar pankreas dan adrenal.

10. Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan akan menurun biasa menimpa orang yang sehari-harinya memegang komputer terlalu lama!

Baca Juga: 15 Bahaya Berhenti Merokok Secara Mendadak untuk Kesehatan

5 Bahaya Memegang Komputer Terlalu Lama yang Lainnya:

11. Napas Terasa Berat
12. Kena Kanker
13. Tekanan Darah Rendah
14. Nyeri Kaki
15. Pandangan Mata Blur

Bagaimana para gamers? Ternyata memegang komputer terlalu lama sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Kita bisa kehilangan nyawa kita.  Oleh karena itu batasi penggunaan komputer. Atau jika memang pekerjaan kamu terlalu sulit dan membutuhkan waktu yang lama,  kamu bisa istirahat dahulu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top