Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menelan Plastik Secara Tidak Sengaja

Uncategorized

15 Bahaya Menelan Plastik Secara Tidak Sengaja

Terkadang kita tidak sengaja menelan sesuatu. Mulai dari binatang, kertas, tanah, bahkan hingga plastik. Padahal menelan sesuatu itu sangat bahaya sekali buat kesehatan. Misalnya seperti menelan plastik, ini lama-lama bisa menyebabkan kita kena kanker. Mungkin kamu sekarang bertanya, bagaimana mungkin seseorang menelan plastik? Ini ternyata karena plastiknya ada di dalam bungkus makanan misalnya.

Bahaya menelan plastik untuk kesehatan memang tidak dirasakan langsung sekarang. Namun efeknya pasti bakal terjadi di masa yang akan datang. Maka dari itu, kita mesti waspada mulai dari sekarang. Berikut adalah berbagai bahaya menelan plastik secara tidak sengaja:

1. Mengalami Keracunan

Bahaya menelan plastik adalah kita bisa mengalami keracunan. Keracunan terjadi karena plastik mengandung bahan kimia berbahaya. Mungkin kamu sekarang bertanya bagaimana bisa seseorang menelan plastik? Ceroboh sekali jika demikian. Ini tentu saja fenomena yang langka. Mungkin pikirmu begitu, tapi jangan salah sangka.

Ternyata di zaman serba menjamurnya pedagang makanan seperti sekarang. Muncul oknum penjual gorengan yang jahat, mereka mencampur minyak untuk menggoreng dengan plastik. Tujuannya agar gorengan jadi kriuk-kriuk renyah. Padahal efeknya bahaya sekali.

2. Penyumbatan Saluran Cerna

Ya, plastik yang tertelan tentu saja akan membuat saluran cerna kita jadi tersumbat. Makanya kita mesti hati-hati. Jangan sampai menelan plastik. Banyak pembungkus makanan terbuat dari plastik. Alat makan dan masak juga banyak terbuat dari plastik, sebaiknya jangan sampai kita memanaskan alat-alat itu supaya tidak leleh dan tertelan.

3. Infeksi Saluran Cerna

Infeksi saluran cerna akan terjadi bilamana kita mengabaikan plastik tertelan. Ini sangat bahaya. Mula-mula plastik yang tertelan akan membuat peradangan, infeksi hingga berdarah di organ dalam. Bayangkan kalau ini sampai terjadi! Efeknya tentu saja sangat mengerikan. Maka dari itu, kita sebaiknya jangan lakukan yang demikian. Memakan plastik baik sengaja maupun tidak.

Loading...

4. Plastik Tersangkut di Tenggorokan

Plastik yang tersangkut di tenggorokan sangat fatal efeknya. Pertama bisa menyumbat jalan nafas. Dan yang kedua tentunya menyumbat saluran makan. Yang terjadi, kita susah nafas dan makan. Lama-lama plastik juga bisa merobek dinding tenggorokan hingga kerongkongan. Wah, ini mengerikan sekali ya!

5. Kerongkongan Terganggu

Kerongkongan kita juga akan terganggu bilamana kita menelan plastik. Tahukah kamu bahwa gangguan pada kerongkongan bisa menyebabkan kita jadi sakit-sakitan dan susah makan. Menelan saja susah. Untuk itu, hati-hatilah jangan sampai kita menelan plastik yang ada pada pembungkus nasi rames misalnya. Atau pada apapun yang dilapisi plastik.

6. Nafas Tersedak

Nafas bisa tersedak bila kita menelan plastik. Dan dari sedakan ini efeknya bisa amat mengerikan karena akan menyebabkan kita jadi berhenti bernafas. Sesak nafas karena tersedak kerap membuat kematian mendadak. Ini tentunya begitu mengerikan.

7. Potensi Mengalami Kanker di Masa Depan

Jika kita menelan plastiknya sekarang, efeknya tidak akan langsung dirasakan sekarang. Tapi akan dirasakan di masa yang akan datang. Di mana diri kita jadi kena kanker. Padahal dalam keluarga tidak ada yang kena riwayat penyakit kanker.

8. Dinding Usus Terluka

Dinding usus juga bisa terluka bila kita menelan plastik. Luka pada usus bisa menyebabkan pendarahan. Untuk itu, kita mesti berhati-hati ketika memakan sesuatu. Takutnya ada plastik ikut tertelan. Dinding usus yang sudah terlanjur pendarahan, akan menyebabkan kita kena gangguan pencernaan. Kita juga bisa mengalami hematemesis, atau muntah darah. Dan melena atau keluarnya tinja yang bercampur darah.

9. Pendarahan Saluran Pencernaan

Pendarahan saluran pencernaan efeknya begitu mengerikan buat kesehatan. Jika dibiarkan bisa mengalami kematian tentunya kita. Untuk itu kita mesti hati-hati. Jangan sampailah menelan plastik karena efeknya begitu menyakitkan dan mengancam nyawa seperti ini.

10. Gangguan BAB

Gangguan BAB juga menjadi salah satu gejala dari menelan plastik. Bahaya menelan plastik memang akan sangat dirasakan oleh pencernaan kita. Gangguan BAB begitu menyiksa, kita akan mengalami sembelit yang susah sembuhnya.

Baca Juga: 15 Akibat Menggunakan Alat Kosmetik Secara Bergiliran dengan Orang Lain

5 Bahaya Menelan Plastik yang Lainnya:

11. Menghambat Metabolisme
12. Kerusakan Organ Dalai
13. Mual dan Muntah
14. Sakit Perut
15. Kematian

Demikianlah berbagai bahayanya bila kita menelan plastik. Memang mengerikan sekali berbagai bahaya di atas, untuk itu, kamu mesti waspada dan selalu mengamati dengan saksama apa yang kamu makan dan minum. Dan alangkah baiknya juga mulai membatasi penggunaan plastik sebagai pembungkus makanan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top