Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menghirup Asap Kendaraan Bermotor

Uncategorized

15 Bahaya Menghirup Asap Kendaraan Bermotor

Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia kini sangatlah banyak.  Karena satu orang bisa memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor.  Apalagi sekarang ada banyak dealer yang menawarkan kredit kendaraan bermotor dengan DP yang murah.

Jadi orang semakin mudah untuk bisa memiliki kendaraan bermotor. Kini tidak hanya orang dengan ekonomi menengah keatas saja yang bisa memiliki motor tetapi juga ekonomi menengah ke bawah. Karena banyaknya kendaraan bermotor otomatis asap kendaraan bermotorpun semakin banyak. Tidak mungkin jika kita tidak pernah menghirup asap kendaraan bermotor.

Apakah menghirup asap kendaraan bermotor berbahaya untuk tubuh kita? Ya menghirup asap kendaraan bermotor memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Berikut ini adalah macam-macam bahaya menghirup asap kendaraan bermotor:

1. Mengalami Sesak Nafas

Menghirup asap kendaraan bermotor ternyata dampaknya mengerikan sekali loh! Orang yang sering menghirup asap akan mengalami sesak nafas. Baik yang memang dasarnya sudah punya riwayat penyakit asma maupun belum, semuanya berpotensi kena sesak nafas. Maklum, gas emisi kendaraan bermotor itu kan mengepul dan kalau sampai masuk paru-paru, sudah tentu membuat susah bernafas.

2. Serangan Jantung

Serangan jantung akan terjadi pada orang yang sering menghirup asap kendaraan bermotor. Ini terjadi karena jantung gagal memompa darah dengan baik. Akibat serangan jantung ini, mungkin saja seseorang jadi mengalami kematian. Untuk itu, jangan pernah sedikit pun mengabaikan keselamatan berkendara dengan cara memakai masker dan helm, untuk menghindari asap kendaraan bermotor.

3. Gangguan Paru-Paru

Gangguan paru-paru akan terjadi bila kita terlalu sering menghirup asap kendaraan bermotor. Untuk itu, kita mesti berhati-hati terhadap segala dampak buruk ini. Paru-paru manusia itu memang ada dua, namun bukan berarti jika salah satu di antaranya rusak, maka yang lain masih bekerja. Kerusakan paru-paru biasanya berakibat fatal.

Loading...

4. Terhirupnya Zat-Zat Emisi Berbahaya

Zat yang terkandung di dalam emisi kendaraan bermotor sungguh sangat bahaya sekali buat kesehatan. Untuk itu, kita mesti berhati-hati. Jangan sampai terhirup. Mulai dari karbondioksida saja itu sudah bahaya bila sampai terhirup, apalagi gas-gas lain, seperti karbonmonoksida dan nitrogen misalnya. Lama-lama kita bisa mengalami kematian dan kanker kalau begini terus.

5. Mudah Flu, Pilek dan Batuk

Orang yang tiap hari menghirup asap kendaraan bermotor juga menjadi mudah mengalami flu, pilek dan batuk. Ini merupakan reaksi alergi yang paling sering terjadi. Untuk itu, kita mesti waspada terhadap alergi ini. Karena biasanya, kalau flu, pilek, dan batuknya karena alergi, maka kita membutuhkan antibiotik untuk melawannya. Menyembuhkannya sungguh tidak mudah.

6. Masuknya Radikal Bebas dan Racun

Radikal bebas dan racun akan masuk ke dalam tubuh karena terhirupnya asap kendaraan bermotor. Orang yang sudah terlampau banyak menghirup radikal bebas dan racun ini akan mengalami serangan berbahaya pada tubuhnya, seperti kanker. Memang menghirup asap kendaraan bermotor sungguh akan memicu kanker.

7. Mengalami Kematian

Ketika kanker sudah menggerogoti tubuh, maka hanya ada 20% kemungkinan hidup. 80% sisanya adalah kematian. Sebab, kanker yang berhubungan dengan organ pernafasan, misalnya kanker paru-paru memang biasanya sungguh sangat fatal efeknya akan berujung kematian. Meskipun sudah menjalani kemoterapi.

8. Kena Kanker

Kanker akan dialami oleh orang yang banyak menghirup asap kendaraan bermotor. Kanker ini bisa bermacam-macam. Biasanya yang masih berhubungan dengan sistem pernafasan, seperti kanker mulut, nasofaring, esophagus, dan paru-paru. Hati-hatilah dengan kanker karena kalau sudah kena kanker, akan susah sekali buat sembuhnya.

9. Hidung Jadi Mampet

Hidung juga akan mampet kalau kita sering menghirup asap kendaraan bermotor. Bahaya menghirup asap ini memang sangat paling sepele di antara yang lainnya. Namun kalau tiap hari hidung mampet dan susah nafas, inilah yang bahaya karena akan menyebabkan kerusakan organ pernafasan yang lebih serius dan parah.

10. Bersin-Bersin

Menghirup asap kendaraan bermotor akan membuat kita jadi bersin-bersin. Untuk itu, sebaiknya kita pakai masker saat berkendara, agar asapnya tidak terhirup.

Baca Juga: 15 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

5 Bahaya Menghirup Asap Kendaraan Bermotor yang Lainnya:

 11. Mengalami Sakit Kepala
12. Pusing
13. Mata Jadi Berkunang-Kunang
14. Pingsan
15. Wajah Jadi Gosong dan Pucat

Ternyata ada banyak sekali bahaya menghirup asap kendaraan bermotor. Jika kendaraan bermotor memang suatu kebutuhan untuk kita,  maka kita tidak mungkin memusnahkannya.  Oleh karena itu yang bisa kita lakukan adalah mencegah asapnya masuk ke tubuh kita yaitu dengan menggunakan masker saat bepergian.  Dan juga menanam pohon sebanyak-banyaknya di pinggir jalan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top