Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menindik Lidah untuk Kesehatan

Uncategorized

15 Bahaya Menindik Lidah untuk Kesehatan

Tindik menindik biasanya dilakukan oleh kaum hawa. Namun bukan berarti kaum adam tidak melakukannya. Banyak pula sekarang laki-laki menindik telinganya. Biasanya yang ditindik adalah telinga, namun kini sudah banyak pula tren menindik lidah. Bayangkan! Organ lidah yang jika sudah rusak akan sangat mematikan ini, ternyata malah dibuat main-main demi gaya hidup.

Entah apa yang menyebabkan seseorang rela menindik lidahnya. Jika ini hanya urusan gaya, bukankah sangat mengancam nyawa? Tidak pedulikah mereka yang menindik lidah dengan kesehatan tubuhnya. Lidah itu adalah jembatan sistem pencernaan. Dan lidah adalah salah satu indera manusia, untuk mengecap rasa. Maka sepantasnya lidah dijaga kesehatannya. Dalam dunia medis selama ini, kerusakan pada lidah kerap menyebabkan kematian loh!

Lidah tidak seperti organ lain yang jika patah bisa tumbuh kembali. Sebagaimana menindik telinga, biasanya mampu rapat kembali jika tidak dimasuki anting. Kalau lidah kita yang dilubangi, rasanya sangat sakit dan menimbulkan cacat pastinya karena susah buat rapat lagi jaringannya. Maka dari itu, setren apapun gaya menindik lidah, tidak seharusnya kita terbawa arus gaya hidup salah ini. Silahkan perhatikan baik-baik berbagai bahaya menindik lidah untuk kesehatan di bawah ini:

1. Kerusakan Permanen Lidah

Lidah tergolong organ panca indera untuk mengecap rasa. Kerusakan pada lidah seringkali susah sekali disembuhkan. Menindik lidah adalah sebuah pilihan berat seumur hidup yang resikonya sebenarnya nyawa. Karena bila sampai terjadi infeksi, tentu kita bisa terancam nyawa. Menindik lidah mempertaruhkan kesehatan seumur hidup. Cacat permanen sangat mungkin terjadi.

2. Pendarahan Lidah Terus-Menerus

Ketika lidah sudah pendarahan maka susah disembuhkan. Setidaknya haruslah dijahit oleh dokter jika kamu ingin sembuh dari pendarahan. Pendarahan yang dibiarkan bisa menyebabkan kamu kehilangan banyak darah dan menyebabkan kematian. Bahkan bisa menyebabkan lidah putus. Mengerikan sekali!

3. Kesulitan Bicara

Kesulitan bicara biasa terjadi ketika kita mengalami gangguan pada lidah. Misalnya karena amandel yang membengkak. Sariawan, terluka, atau kena gangguan lidah lainnya. Bisa juga dengan menindik lidah kita jadi susah bicara. Apalagi ketika lidah kita dipasangi anting-anting. Ini sangat tidak lazim dilakukan.

Loading...

4. Gangguan Sistem Pencernaan

Gangguan sistem pencernaan bisa saja terjadi karena kita menindik lidah. Seharusnya lidah bisa menjembatani makanan masuk dengan baik ke rongga perut. Namun ketika lidah ditindik, otomatis terjadi hambatan dalam mencerna makanan. Alhasil sistem pencernaan pun pastilah terganggu.

5. Susah Mengunyah Makanan

Menindik lidah membuat kita susah mengunyah makanan karena makanan akan tersangkut. Apalagi  bila anting yang dikaitkan pada lidah ukurannya besar. Namun tetap saja, mau besar mau kecil. Akan lebih baik bila lidah tidak usah diberi apa-apa. Janganlah bertingkah aneh dengan meniru gaya hidup anak punk atau preman yang songong suka menindik lidah.

6. Nyeri Lidah

Pada saat menindik lidah tentu akan terasa nyeri dan menimbulkan sariawan. Pasca dipasang anting pun sudah berhasil ditindik masih resiko mengalami nyeri. Kenapa demikian? Karena peradangan yang terjadi tergantung pada kondisi lidah. Dan kondisi lidah masing-masing orang itu beda. Tukang tindik mana tahu kondisi begini. Dokter saja tidak tahu. Dan mana mungkin seorang dokter bertindak bodoh menindik lidah seseorang, ini sudah di luar kuasanya. Maka praktek pertindikan lidah ini biasanya illegal dilakukan oleh para dukun kali atau tukang-tukang oknum tak bertanggungjawab/

7. Kegagalan Mengecap Rasa

Jika kita menindik lidah, kita juga lama-lama akan tumpul dalam indera pengecapan. Sering gagal mengecap rasa, terutama rasa manis dan asin. Ini karena biasanya yang ditindik adalah bagian ujung dan samping.

8. Terkena Kanker Lidah

Awas! Kanker lidah merupakan penyakit mematikan. Jangan sampai kamu kena karena infeksi dan mutasi sel akibat lidah ditindik.

9. Infeksi Lidah

Bahaya menindik lidah yang pertama kali terjadi adalah infeksi. Bilamana seseorang gagal merawat luka pasca ditindik dan bukannya sembuh lukanya malah korengan dan bernanah.

10. Bau Mulut

Bau mulut juga bisa disebabkan karena lidah yang kotor. Termasuk lidah yang ditindik, rentan kotoran tersumbat di lubang tindikan itu.

Baca Juga: 18 Bahaya Tidak Gosok Gigi Sebelum Tidur

5 Bahaya Menindik Lidah yang Lainnya:

11. Kesulitan Mengucap Huruf Tertentu
12. Menjadi Cadel
13. Penampilan Jadi Buruk
14. Membuat Mulut Jadi Mudah Kotor
15. Memicu Pertumbuhan Bakteri

Demikianlah bahayanya apabila kita menindik lidah. Dari berbagai bahaya di atas, seharusnya kita lebih waspada dan mawas diri. Bergaul boleh saja. Bergaya juga boleh. Tapi ingatlah bahwa lidah adalah salah satu dari 5 indera manusia yang vital menunjang kehidupan. Jadi jangan dipermainkan ya! Karena efeknya fatal bisa menyebabkan kematian.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top