Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Menutup Lubang Ventilasi Rumah

Uncategorized

15 Bahaya Menutup Lubang Ventilasi Rumah

Rumah yang baik adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Ditandai dengan eksistensi lubang ventilasi yang cukup dan tidak tersumbat. Keberadaan ventilasi sangat penting karena mengambil peranan sebagai pintu keluar masuknya udara yang cahaya.

Rumah yang minim dengan lubang ventilasi akan menyebabkan rumah itu menjadi tidak layak huni. Karena lama-lama rumah itu akan menjadi sarang penyakit. Kita akan mudah jatuh sakit bila tinggal di rumah macam itu. Nah, untuk mendapatkan kualitas rumah yang baik, alangkah baiknya dimulai dari memperhatikan hal sepele namun besar manfaatnya, seperti ventilasi.

Di bawah ini adalah berbagai bahaya menutup lubang ventilasi rumah:

1. Ruangan Menjadi Pengap

Tahukah kamu apa bahaya menutup lubang ventilasi rumah? Bahayanya adalah bisa menyebabkan ruangan menjadi pengap. Dan ruangan yang pengap ini sangat tidak sehat buat kesehatan karena bisa menyebabkan kita jadi sesak nafas. Belum lagi, udara yang terkonsentrasi di dalam ruangan rumah juga jadi minum oksigen. Ini membuat darah kita jadi kekurangan kadar O2, padahal O2 alias oksigen sangat berguna dalam proses distribusi darah.

2. Menjadi Sarang Penyakit

Menutup lubang ventilasi rumah juga menyebabkan rumah jadi sarang penyakit. Ventilasi tujuannya untuk sirkulasi udara dan cahaya. Tahukah kamu bahwa bakteri atau virus penyebab penyakit senang dengan tempat-tempat kumuh dan minim sirkulasi udara dan cahaya begitu. Maka dari itu, kamu janganlah menutup rapat ventilasinya.

3. Kadar Oksigen Berkurang

Kadar oksigen dalam rumah kita harusnya tinggi. Supaya penghuni rumah bisa bernapas dengan lega. Kalau kadar oksigen rendah, bisa-bisa kita jadi pucat kulitnya dan pusing. Rasanya tubuh lemah karena kekurangan sel darah merah. Selain itu, otak juga akan berkurang kemampuan berpikirnya karena tidak mendapatkan cukup energi.

Loading...

4. Sinar Matahari Tidak Bisa Masuk

Sinar matahari yang tidak bisa masuk karena kita menutup lubang ventilasi rumah, sangatlah bahaya. Karena akan membuat seisi ruangan jadi gelap dan lembab. Padahal ruangan gelap dan lembab ini sangatlah tidak baik sekali buat kesehatan. Karena berpotensi membuat bakteri dan virus berkembang lebih aktif.

5. Kulit Menjadi Pucat

Pucatnya kulit terjadi karena tubuh kita kekurangan udara segar kaya oksigen dan sinar matahari yang menghangatkan. Maka dari itu, ketika kamu mendapati kulit tubuhmu pucat. Maka periksa lagi lubang ventilasi. Mungkin saja ada yang salah, sudah berdebu atau dipenuhi dengan langit-langit (sawang). Jika kamu memperbaiki kualitas ventilasi udara di rumah, pasti akan berdampak pada kulit jadi bagus lagi.

6. Mengalami Sesak Nafas

Orang yang mengalami sesak nafas, itu mesti dicari tahu sebabnya. Bisa karena selama ini tinggal di rumah yang tidak sehat, seperti minim ventilasi cahaya dan udara. Menutup lubang ventilasi ibarat menutup lubang hidung, bagaimana manusia bisa hidup? Maka biarkan saja lubang itu terbuka apa adanya. Jika belum ada lubang, maka buatlah!

7. Tekanan Darah Menurun

Tekanan darah seseorang bisa menurun jika tubuh kekurangan oksigen dalam darah. Dan kekurangan oksigen bisa disebabkan karena konstruksi rumah yang tidak diperhatikan. Asal-asallan bangun dan melupakan pentingnya peranan ventilasi. Jangan biarkan kamu hidup dalam kondisi hipotensi terus, ini bahaya sekali buat kesehatan.

8. Terserang Anemia

Anemia akan terjadi jika kamu menutup lubang ventilasi rumah. Lagi-lagi karena buruknya sirkulasi udara di dalam rumah. Manusia hidup butuh nafas yang lega. Udara yang kaya dengan oksigen sangat baik sekali dihirup. Dan peranan ventilasi sangat besar dalam sirkulasi oksigen agar selalu tercukupi dan kualitasnya baik.

9. Badan Terasa Lemas

Badan lemas akibat efek menutup lubang ventilasi rumah. Makanya kamu jangan menutupnya lagi. Biarkah tubuhmu bernafas dengan lega dan tidak terhalang suatu apapun.

10. Terserang Hipersomnia

Hipersomnia adalah penyakit banyak tidur. Ini merupakan gangguan yang ditandai dengan seseorang yang banyak tidur dalam hidupnya. Tahukah kamu bahwa sirkulasi udara dan pencahayaan yang buruk dalam rumah bisa menyebabkan seseornag jadi banyak tidur.

Baca Juga: 15 Bahaya dan Efek Samping Minum Air Mentah untuk Tubuh

5 Bahaya Menutup Lubang Ventilasi Rumah yang Lainnya:

11. Susah Konsentrasi
12. Terserang Penyakit Kulit
13. Gangguan Jiwa
14. Mata Menjadi Sensititif Cahaya
15. Gangguan Jantung dan Paru-Paru

Ternyata memang bahaya dari menutup lubang ventilasi rumah cukup banyak. Kamu perhatikan dan waspadai berbagai bahaya di atas ya! Supaya kesehatanmu kedepan terjamin dan terjaga selalu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top