Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Dampak Bahaya Minum Air Es bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

9 Dampak Bahaya Minum Air Es bagi Kesehatan Tubuh

Minum air es memang sangat menggoda di siang hari apalagi saat sedang berkeringat karena melakukan aktifitas di tengah teriknya matahari. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa bahaya minum air es akan menyebabkan kerugian bagi kesehatan.
Bahaya ini tidak banyak mendapatkan perhatian oleh orang. Buktinya hingga saat ini penjualan lemari pendingin selalu meningkat bahkan hampir setiap rumah memilikinya. Jika dulu lemari pendingin atau lemari es adalah barang mewah, saat ini barang ini merupakan barang yang biasa saja karena tidak sulit untuk menemukannya. Berikut ini merupakan beberapa bahaya minum air es yang perlu kamu ketahui
.
Bahaya Minum Air Es, Efek Samping Minum Air Es, Bahaya Minum Air Es untuk Kesehatan, Dampak Negatif Minum Air Es
Loading...

1. Membuat Tubuh tidak nyaman

Salah satu bahaya minum es yang mungkin saja ditimbulkan yaitu sering membuat tubuh merasa tidak nyaman. Minum es akan menyebabkan proses pencernaan melemah yang akan membuat tubuh sangat tidak nyaman. Untuk melancarkan proses pencernaan cara yang tepat yaitu menggunakan minuman hangat. Minuman dingin seperti air es justru akan menyebabkan perut tegang.

2. Penyempitan usus

Air es juga dapat menyebabkan penyempitan pada usus. Suhu dingin dari es akan menyebabkan pembekuan partikel lemak dan minyak apabila sedang makan makanan yang berminyak. Hal inilah yang dapat menyebabkan usus menyempit karena lemak di saluran menumpuk dan akhirnya membeku. Jika usus sempit, maka pencernaan akan terganggu dan menjadi pemicu terganggunya organ lainnya.

3. Perut buncit

Bagi wanita yang sedang menerapkan program diet sebaiknya tidak membiasakan diri minum es. Terutama selesai makan makanan berat. Hal ini akan menyebabkan diet kamu akan sia-sia. Minum air es setelah makan justru akan membuat perut kamu akan membesar atau buncit. Oleh sebab itu air es harus dihindari serta harus sering berolahraga dan makan makanan sehat agar program diet yang kamu jalan berhasil.

4. Kembung dan Begah

Es juga bisa membuat perut kembung dan begah seperti yang dirasakan oleh penderita maag yang memiliki asam lambung tinggi. Air es dapat mengubah irama proses pencernaan, sehingga selaput lendir yang ada di lambung akan berkontraksi. Akibat kontraksi ini perut akan merasakan kram dan enzim di dalam saluran pencernaan akan memunculkan gas. Gas dalam saluran pencernaan yang berlebihan akan menyebabkan begah.

5. Pusing atau sakit kepala

Jika anda sering mengalami pusing atau penyakit kepala ringan hal ini mungkin saja disebabkan oleh seringnya minum air es dalam jumlah banyak. Penyebabnya yaitu proses metabolisme terganggu sehingga membuat saraf pusat yang ada di otak tidak siap untuk menerima perubahan suhu didalam tubuh sehingga akan memberikan sinyal penolakan berupa pusing.

6. Bahaya setelah olahraga

Minum es setelah berolahraga memang sangat menyegarkan, namun dibalik rasa yang dapat menyegarkan akan menimbulkan beberapa bahaya kesehatan. Hal ini disebabkan oleh perubahan suhu secara mendadak akan menyebabkan proses metabolisme terganggu, pembuluh darah menyempit, dan aliran darah tidak lancar. Oleh sebab itu, sangat tidak dianjurkan untuk minum air es setelah olahraga.

7. Haus yang berlebihan

Banyak orang yang beranggapan kelelahan dan kekurangan cairan tubuh akan dapat diatasi dengan minum air es. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Minum es ketika kelelahan justru akan menyebabkan cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap dengan sempurna. Air es malah akan menyebabkan tubuh mudah kehilangan cairan.

8. Pembekuan otak

Akibat paling berbahaya apabila mengonsumsi air es secara berlebihan akan menyebabkan otak membeku. Saat air es masuk ke dalam tubuh, aliran darah menuju otak akan semakin cepat sehingga akan mengalami pusing sesaat dan lama kelamaan akan terjadi pembekuan otak.

10. Hilangnya nutrisi dalam tubuh

Agar suhu tubuh menjadi normal setelah kedinginan karena air es. Padahal organ pencernaan harus mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari makanan tersebut. Apabila terlalu sering mengonsumsi air es akan menyebabkan organ pencernaan tidak berfungsi dengan baik dan penyerapan nutrisi juga terhambat.
Itulah 9 informasi tentang bahaya minum air es secara berlebihan. Kamu tetap boleh meminumnya jika ingin namun dengan wajar dan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan kerugian – kerugian terhadap kesehatan secara tidak terduga. Oleh karena itu, konsumsilah minuman yang sehat agar memiliki tubuh yang bugar.
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top