Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Bahaya Minum Kopi untuk Wanita Haid yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

9 Bahaya Minum Kopi untuk Wanita Haid yang Perlu Diwaspadai

Bagi kalangan wanita, kebutuhan akan kopi sekarang sudah menjadi trend tersendiri. Banyak wanita saat ini malah bekerja di bidang industri kopi. Barista perempuan di zaman saat ini sudah menjamur dan menjadi trend tersendiri di coffe shop.

Hal ini mengindikasikan bahwa kopi sudah melekat di kalangan perempuan tidak ada batasnya. Namun, perlu digaris bawahi bahwa senyawa aktif dalam kopi bisa menimbulkan berbagai penyakit yang bisa mengganggu kesehatan. Terutama bagi wanita yang mengalami haid atau menstruasi tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi terlebih dahulu.

9 Bahaya Minum Kopi untuk Wanita Haid yang Perlu Diwaspadai

Berikut ini ada beberapa bahaya mengkonsumsi kopi bagi wanita haid :

1. Meningkatkan resiko Kanker Payudara

Resiko kanker payudara bisa timbul akibat terlalu sering mengkonsumsi kopi pada wanita pada asa menstruasi. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi menyebabkan kadar hormon ekstrogen meningkat dalam tubuh. Efek yang bisa dirasakan adalah badan yang terasa tidak enak danperasaan emosi tinggi. Jadi, upayakan menghindari terlebih dahulu konsumsi kopi bagi wanita saat menstruasi.

2. Kanker Endometrium

Kanker ini merupakan kanker yang menyerang kondisi rahim. Peningkatan kadar hormon ekstrogen dalam tubuh wanita yang dipicu konsumsi kopi pada saat menstruasi merupakan penyebabnya. Jika demikian keadaan sel telur akan memecah dan tidak bisa dibuahi dan sudah menempel pada dinding rahim. Akibatnya, sel telur ini tidak akan lepas dan rusak secara berkelanjutan jika terus mengkonsumsi kopi. Inilah yang menjadi sel kanker dikemudian hari.

3. Gejala Pra Menstruasi Memburuk

Setiap wanita sebelum mengalami menstruasi selalu menghadapi periode PMS. Periode ini merupakan sindrom yang menyebalkan bagi kaum wanita. Jika seseorang wanita masih saja mengkonsumsi kopi saat menstruasi akan memperburuk gejala PMS. Dimana rasa nyeri, sakit kepala, emosi labil bahkan perut yang sakit samoai kram bisa diperparah. Jadi, masih ingin mengkonsumsi saat mens wahai wanita ?

Loading...

4. Darah Tinggi

Jelas kafein dalam tubuh yang menyebabkan gejala darah tinggi ini. Resiko ini juga menimpa kaum adam juga. Kafein dalam kopi memicu peredaran darah yang tidak lancar. apalagi proses detoksifikasi dalam tubuh akan ikut melemah jika secara terus menerus mengkonsumsi kopi ini. Efek yang ditimbulkan nantinya adalah sering merasa lemas dan cemas. Sehingga suasana hati mampu merubah mood yang bergejolak dan hati yang tidak nyaman.

5. Detak Jantung Tidak normal

Detak jatung wanita pada masa menstruasi akan lebih cepat akibat dipicu konsumsi kopi. Hormon yang meningkat seperti kortisol, epinefrin dan norepinefrin bisa dipicu dengan konsumsi kopi yang mengandung kafein tinggi. Kondisi naiknya hormon ini akan memicu kerja jantung yang berdetak tidak seperti biasanya dan berpengaruh pada hati juga. Sehingga seorang wanita akan lebih condong stress atau depresi.

6. Resiko Stree dan Depresi

Ketika seorang wanita mengalami menstruasi merupakan hal yang tidak bisa ditahan mengenai rasa sakit yang dirasakan. Beberapa masalahnya adalah naiknya hormon dan menahan rasa sakit adalah penyebabnya. Jika ditambah dengan konsumsi kopi, maka hormon akan meningkat dan ini mempengarungi kenyamanan hati. sehingga akan lebih terkena stress atau depresi saat kebiasaan ini dilanjutkan terus menerus.

7. Kram Pada Perut

Rasa sakit pada wanita pada bagian bawah perut di masa menstruasi adalah wajar dirasakan. Jika seorang wanita tetap mengkonsumsi kopi saat masa ini, bisa sangat membahayakan terkena kram perut. Rasa yang timbulkan akan lebih sakit dan berbahaya karena memperburuk kesehatan tubuh. Efek dari kopi yang bersifat deuretik mampu menyebabkan produksi urin lebih besar. Selain kram, seorang wanita akan mengalami dehidrasi.

8. Resiko Benjolan pada payudara

Sindrom ini dinamakan fibrikistik payudara. Banyak nya cairan pada masa menstruasi yang mengakibatkan benjolaan saat menstruasi akan membuat padat payudara dan lebih kenyal. Jika seorang mengkonsumsi kopi ini saat menstruasi maka benjolan tersebut akan meningkat. Jangan khawatir, benjolan ini bukan sebagai kanker atau semacamnya. nantinya saat masa menstruasi selesai keadaan payudara akan kembali normal.

9. Masa menstruasi memendek

wanita memiliki masa menstruasi dengan jangka yang sama biasanya. Siklus ini akan menjadi pendek jika seorang wanita mengkonsumsi kopi saat menstruasi. Kafein mampu mempengaruhi pembuluh darah sehngga darah yang mengair keuterus menjadi tidak lancar. Inilah yang menyebabkan siklus mensruasi memendek.

Baca Juga: 21 Bahaya Minum Jamu Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Sejatinya mengkonsumsi kopi tidak masalah jika diimbangi dengn banyaknya mengkonsumsi air putih. Apalagi bagi wanita yang sedang mens, harusnya memperbanyak konsumsi air putih ini agar keadaan tubuh stabil dan tidak kekurangan darah.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top