Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Bahaya Minuman Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

14 Bahaya Minuman Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh

Cepat dan praktis adalah alasan sebagian orang gemar mengkonsumsi minuman cepat saji. Minuman dengan berbagai merek dan kemasan kini mudah didapatkan di toko atau swalayan terdekat. Rasanya yang enak dengan berbagai varian rasa sesuai selera membuat minuman cepat saji menarik bagi pembeli. Namun dibalik rasanya yang enak dan mudah di dapat, ternyata minuman yang biasa di kemas dalam bentuk botol maupun saset ini memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan.

14 Bahaya Minuman Cepat Saji untuk Kesehatan Tubuh

Berikut 14 bahaya minuman cepat saji bahi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebih

1. Mengakibatkan Serangan Jantung

Minuman cepat saji biasanya menggunakan bahan pengawet kimia dan pemanis sintetis. Ketika bahan-bahan tersebut masuk dalam tubuh sebagian larut dalam aliran darah. Terjadinya penumpukan dan penggumpalan darah akan membuat kerja jantung sebagai pemompa darah akan semakin berat. Kondisi ini jika berlangsung terus-menerus akan mengakibatkan serangan jantung 

2. Kerusakan Gigi dan Tulang

Bahaya minuman cepat saji yang cepat terlihat adalah kerusakan gigi dan tulang. Rasa manis yang berlebih pada minuan ini biasanya berasal dari pemanis buatan. Jenis gula ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan korosi pada gigi maupun tulang. Glukosa yang menempel digigi akan menyebabkan gigi berlubang, sedangkan yang diserap akan menurunkan kadar kalsium dalam tulang.

3. Sariawan

Sariawan adalah penyakit peradangan akibat iritasi pada organ mulut seperti bibir, gusi maupun lidah. Minuman cepat saji juga dapat menjadi pemicu terjadinya sariawan. Zat kimia dalam minuman cepat saji akan mengiritasi mukosa rongga mulut. Kondisi ini membuat diding rongga mulut baik bibir atau gusi lebih rentan mengalami peradangan. Rasa perih yang menggangku akan muncul seiring kemunculan bercak putih bulat kemerahan.

4. Sakit Tenggorokan

Setelah memunum minuman cepat saji memang terasa menyegarkan namun terkadang juga meninggalkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Hal ini biasa terjadi akibat zat-zat sintetis dalam minuman tertinggal pada dinding tenggorokan. Apabila tidak segera dihilangkan maka dapat menyebabkan iriatasi. Terasa gatal, batuk, bahkan rasa sakit saat menelan merupakan indikasi terjadinya peradangan pada tenggorokan.

Loading...

5. Sakit Perut dan Kembung

Sakit perut dan perut kembung merupakan efek buruk minuman cepat saji yang biasa terjadi. Perasa, pemanis, dan pengawet yang terbuat dari bahan sintetis dapat membuat lambung bekerja lebih keras untuk menyerapnya. Dampaknya akan lebih parah jika minuman cepat saji ini di konsumsi saat kondisi perut kosong. Zat-zat tersebut juga dapat membuat kadar asam lambung terganggu.

6. Dehidrasi

Tujuan mengkonsumsi minuman cepat saji adalah untuk menghilangkan haus dengan segera. Namun tahukah Anda jika efek yang ditimbulkan justru dapat sebaliknya. Rasa segar dan hilangnya dahaga hanya bersifat sementara. Setelah itu orang akan lebih sering baung air kecil. Cairan yang dibuang lewat urin biasanya akan lebih banyak dibanding minuman yang dikonsumsi, sehingga cairan tubuh akan berkurang atau dehidrasi

7. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah hal yang umum terjadi pada orang saat ini. Konsumsi makanan maupun minuman cepat saji disinyalir menjadi penyebabnya. Minuman cepat saji yang mengandung karbonasi, cola, maupun pemanis, dan perasa sintetis akan membuat penumpukan kadar lemak dalam tubuh.

8. Kerusakan Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai filter atau penyaring darah. Tingginya kadar gula dalam darah akibat konsumsi minuman cepat saji yang mengandung banyak zat kimia sintetis membuat ginjal bekerja lebih keras. Pada kurun waktu tertentu ginjal akan mengalami kelelahan dan kerusakan.

9. Diabetes

Orang dengan kebiasaan konsumsi kadar gula berlebih akan lebih rentan menderita penyakit berbahaya seperti diabetes. Apalagi gula atau glukosa dari bahan sintetis akan mempercepat seorang terkena diabetes. Rasa manis dalam minuman cepat saji juga berasal dari zat itu. Glukosa jenis ini ketika terserap dalam darah akan lebih sulit terurai menjadi enengi.

10. Mudah Lelah

Menawarkan kesegaran atau meningkatkan energi adalah slogan yang biasa terdapat pada kemasan minuman cepat saji. Akan tetapi jangan terlalu percaya dengan iklan atau apa yang tertulis. Terlalu banyak konsumsi minuman cepat saji justru dapat membuat tubuh cepat lelah karena organ-organ tubuh dipaksa bekerja lebih cepat.

Baca Juga: 8 Minuman Penambah Trombosit yang Baik untuk Tubuh

Masih ada beberapa bahaya minuman cepat saji bagi kesehatan lainnya, diantaranya :

11. Hipertensi
12. Kanker Prostat
13. Asam Lambung Meningkat
14. Kecanduan

Minuman cepat saji adalah minuman yang dibuat agar mampu bertahan lama. Sehingga dalam komposisinya banyak mengandung bahan kimia sintetis seperti pemanis, pewarna maupun perasa buatan yang dapat merusak kesehatan. Batasi atau hindari konsumsi minuman cepat saji agar kesehatan selalu terjaga.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top