Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Dampak Bahaya Mengkonsumsi Minuman Kaleng bagi Kesehatan

Uncategorized

16 Dampak Bahaya Mengkonsumsi Minuman Kaleng bagi Kesehatan

Minuman kaleng merupakan jenis minuman ringan berbahan dasar susu, buah, bersoda, atau lainnya yang penyajiannya menggunakan kemasan kaleng. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas minuman dan mencegah masuknya bakteri dari luar. Namun bahaya minuman kaleng juga bisa terjadi jika dikonsumsi tidak secara wajar dan kurangnya perhatian terhadap kehigenisan dari kaleng yang digunakan.

Minuman kaleng yang berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya bagi kesehatan. Oleh sebab itu Anda sangat dianjurkan untuk membatasi kebiasaan mengonsumsi minuman kaleng. Dalam artikel ini akan dibahas tentang beberapa bahaya minuman kaleng jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bahaya Minuman Kaleng, Efek Samping Minuman Kaleng, Dampak Bahaya Minuman Kaleng, Bahaya Minuman Kaleng untuk Kesehatan Tubuh

1. Diabetes

Deretan bahaya minuman kaleng yang pertama yaitu dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan oleh maraknya minuman kaleng yang mengandung kadar glukosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Tingginya gula darah ini sering kali disebut dengan diabetes militus.

2. Terkena Leptospirosis

Dalam mengonsumsi minuman kaleng haruslah berhati – hati, sangat dianjurkan untuk mencuci kaleng terlebih dahulu sebelum meminumnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan kaleng sangat tidak higenis dan telah tertempel urin tikus. Sehingga bakteri leptospira yang terdapat dalam urin tikus akan mengkontaminasi kaleng minuman. Dan apabila terkena bibir manusia akan menyebabkan hilangnya kesadaran atau bahkan kematian mendadak.

3. Gangguan Jantung

Minuman kaleng yang dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus dalam jangka panjang akan mengganggu fungsi jantung dan menyebabkan jantung terasa terbakar dan panas. Akibatnya denyut jantung menjadi tidak teratur.

4. Kegemukan atau obesitas

Minuman kaleng yang biasanya mengandung glukosa atau fruktosa yang sangat tinggi akan menghambat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan lemak menumpuk pada beberapa bagian tubuh. Sifat minuman kaleng yang bisa membuat penikmatnya merasa kecanduan dan membuat tidak suka minum air putih sangatlah berbahaya terutama dapat membuat bobot tubuh naik secara signifikan.

Loading...

5. Tekanan Darah Tinggi

Kandungan gula dari minuman kaleng yang sangat tinggi merupakan bahaya utama yang ditimbulkan oleh minuman ini. Minuman kaleng telah terbukti dapat mengganggu kadar insulin yang terdapat dalam tubuh manusia dan jika dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan tekanan darah meningkat dan berpotensi menyebabkan stroke.

6. Gagal ginjal

Ginjal yang dimasuki oleh minuman kaleng yang mengandung karbonasi dan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan menurunnya kinerja ginjal untuk menyaring darah dan mengatur cairan yang terdapat dalam tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan bahaya yang lebih besar yaitu sering disebut dengan gagal ginjal.

7. Penumpukan kolesterol / stroke

Beberapa zat yang di tambahkan pada minuman kaleng dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam seluruh jaringan tubuh yang akan menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik sehingga akan terjadi penumpukan kolesterol. Kerugian lebih lanjut yang akan dialami yaitu dapat menyebabkan stroke ringan maupun berat.

8. Penyakit Liver/ hati

Hati merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk menyaring racun/ toxin dalam tubuh. Dapat dibayangkan jika fungsi hati tidak bekerja dengan maksimum. Hal ini akan menyebabkan racun yang masuk kedalam tubuh tidak tersaring dengan baik dan dengan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh.

Minuman kaleng yang mengandung gas dan glukosa dalam jumlah besar akan menyebabkan hati mudah teriritasi dan mengalami radang. Hati yang tidak dapat bekerja secara maksimal akan kesulitan untuk mempertahankan metabolisme tubuh.

9. Kegagalan Penyerapan Kalsium

Kalsium sangat diperlukan tubuh terutama untuk kepadatan tulang dan gigi. Kandungan asam folat yang juga terbilang sangat tinggi dalam sebuah minuman kaleng akan menyebabkan hilangnya kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dan akan menyebabkan tulang menjadi keropos atau biasa di sebut dengan osteoporosis.

10. Sakit Perut

Minuman kaleng yang dikonsumsi bersama dengan makanan pedas atau mengandung banyak lemak seperti gorengan akan menyebabkan sakit perut. Hal ini dikarenakan minuman karbonasi jika di dicampur dengan lemak tak jenuh akan menyebabkan tekanan pada otot perut.

Baca Juga 12 Bahaya Minum Teh Basi bagi Kesehatan Tubuh

6 Bahaya Minuman Kaleng Lainnya untuk Kesehatan :

11. Gastro Esofagus
12. Gangguan Pencernaan
13. Munculnya sel Kanker
14. Dehidrasi
15. Bayi Cacat Lahir
16. Radang Tenggorokan

Itulah informasi tentang bahaya minuman kaleng untuk kesehatan tubuh. Minuman kaleng memang sangat nikmat dinikmati dalam kondisi haus. Banyaknya varian rasa serta kemasan praktis membuat masyarakat lupa akan bahaya dari minuman kaleng yang akan dirasakan kemudian hari.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top