Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Bahaya Mengkonsumsi Minuman Suplemen untuk Kesehatan

Uncategorized

16 Bahaya Mengkonsumsi Minuman Suplemen untuk Kesehatan

Bahaya minuman suplemen merupakan dampak negatif yang disebabkan oleh mengonsumsi suplemen secara berlebihan dan tidak mengikuti aturan dan dosis yang dianjurkan. Minuman suplemen sendiri merupakan makanan tambahan yang di kemas dalam kapsul yang bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi didalam tubuh. perlu diketahui bahwa suplemen sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh para manula.
Suplemen memang dapat berdampak baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan stamina tubuh dan mempertahankan tubuh agar tetap kuat melakukan aktivitas sehari-hari. Namun pemakaian yang tidak sesuai aturan justru akan menimbulkan berbagai macam efek samping yang dapat mengganggu kesehatan penggunanya. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja bahaya minuman suplemen untuk kesehatan, berikut inilah bahayanya.
Bahaya Minuman Suplemen, Dampak Bahaya Minuman Suplemen, Bahaya Minuman Suplemen bagi Kesehatan
Loading...

1. Gangguan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang sangat sensitif terhadap pengaruh makanan yang masuk kedalam tubuh. Kebiasaan mengonsumsi suplemen setiap hari sebelum tidur akan menyebabkan aliran darah ke jantung akan melambat dan jantung akan kesulitan memompa darah yang akan di sebarkan seluruh tubuh. Akibatnya jantung akan mengalami kelelahan, denyut jantung yang tidak beraturan hingga gagal jantung.

2. Sakit Kepala

Bahaya minuman suplemen lainya yang sering dialami jika terlalu sering mengonsumsi secara berlebihan adalah sakit kepala. Hal ini karena suplemen yang berlebihan dalam tubuh akan menimbulkan efek yang dapat memperberat kinerja otak dan menyumbat peredaran darah yang dapat memicu timbulnya sakit kepala.

3. Kram Otot

Bahaya minuman suplemen berikutnya yaitu dapat menyebabkan kram otot sehingga otot menjadi kaku, tegang, dan nyeri ketika bergerak. Hal ini disebabkan oleh zat kreatin atau asam organik yang terakumulasi dengan air dalam jaringan otot sehingga dapat mengalami kram pada otot.

4. Kerontokan rambut

Kandungan asam benzoat, sodium nitrat, dan sodium benzoat yang sangat besar dalam suplemen dapat merapuhkan kekuatan akar dan batang rambut. Akibatnya rambut akan mudah mengalami kerontokan baik untuk pria maupun wanita.

5. Gangguan perut

Gangguan perut seperti mula, muntah, dan nyeri pada ulu hati serta menceret merupakan salah satu tanda sakit perut yang di akibatkan oleh bahaya minuman suplemen. Kandungan dalam suplemen dapat mengiritasi lambung serta meningkatkan asam lambung yang dapat memicu nyeri pada bagian perut.

6. Depresi

Mengonsumsi minuman suplemen secara berlebihan juga akan menyebabkan depresi. Depresi merupakan rasa gelisah yang akibat banyaknya pikiran yang menimpa. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa berbahaya dalam suplemen yang dapat mempengaruhi psikologis seseorang menjadi lebih sensitif seperti mudah marah, sedih berkepanjangan, mudah gelisah, mudah panik, dan sebagainya.

7. Meningkatkan racun dalam tubuh

Mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, D, K, dan zat besi dengan dosis yang salah dapat mengikat dan menyerap nutrisi yang dalam tubuh sehingga berisiko  meningkatnya racun di dalam tubuh. Gejala yang biasanya ditimbulkan akibat penumpukan racun karena akibat suplemen ini biasanya tubuh akan menjadi lemas dan keluar keringat dingin terutama pada malam hari.

8. Sulit Tidur

Suplemen biasanya ditambahkan zat zat yang dapat membuat saraf kepala terus bekerja sehingga jaringan otak menjadi jauh lebih aktif dan mendorong untuk selalu berpikir. Kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur karena selalu didorong untuk memikirkan sesuatu yang tidak penting.

9. Penyakit Ginjal

Suplemen yang banyak mengandung vitamin D jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan berakibat buruk bagi ginjal. Ginjal akan mengalami kesulitan mengendalikan metabolisme dalam tubuh. jika hal ini terus dibiarkan, maka seseorang akan terserang penyakit ginjal kronis yang sangat berbahaya. Jadi untuk memilih suplemen yang tepat harus sesuai dengan kebutuhan dan terlebih dahulu konsultasi kepada dokter.

10. Risiko kejang – kejang dan kematian

Bahaya ini disebabkan oleh suplemen yang mengandung vitamin A dan E. Anda harus berhati – hati jika mengonsumsi suplemen ini tanpa resep dokter. Jika Anda menderita atau memiliki riwayat penyakit epilepsi maka bisa saja kamu akan menderita kejang – kejang dan kematian mendadak apabila mengonsumsi suplemen ini tanpa rekomendasi dokter terkait. 

6 Bahaya Minuman Suplemen Lainnya untuk Kesehatan :

11. Meningkatkan Tekanan Darah
12. Pemicu Stroke
13.Dehidrasi berlebihan
14. Demam tinggi
15. Obesitas
16. Menghambat Penyerapan Kalsium
Diatas itulah dampak bahaya yang akan anda rasakan jika terlalu mengkonsumsi minuman suplemen. Mengkonsumsi boleh-boleh saja tetapi perlu anda mewaspadai terlebih dahulu apakah kandungannya aman dan yang terpenting jangan sesering mungkin mengkonsumsinya. Konsumsilah minuman sehat yang bisa membuat tubuh tetap kuat.
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top