Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Bahaya MSG bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

16 Bahaya MSG bagi Kesehatan Tubuh

Monosodium glutamate atau msg adalah  penyebab  rasa yang digunakan semua kalangan bertujuan untuk meningkatkan citarasa masakan. Msg biasa digunakan pada makanan siap saji, junkfood, jajanan umum, makanan instan. Msg selain mudah dan telah teruji sebagai penyebab masakan juga berguna bagi tubuh. Kegunaan msg bagi tubuh adalah sebagai pengaturan asam basa dalam tubuh bersama dengan potassium, mendukung kerja kontradiksi otot, pengendalian air dan tekanan daeah, system saraf serta penyerapa gula.

Tentu msg ini akan bermanfaat bagi tubuh apabila penggunaannya seseuai yang disarankan. Msg terdiri dari glutamate, natrium dan air. Ketiga kandungan yang ada pada msg memiliki cara kerja tersendiri. Tanpa disadari, biasanya penggunaan msg yang berlebihan bisa merugikan kesehatan tubuh. Sebaiknya kenali dulu bagaimana akibatnya jika menggunakan msg berlebih. Berikut ini bahaya yang disebabkan msg bagi kesehatan tubuh.

16 Bahaya MSG bagi Kesehatan Tubuh

1. Kegemukan

Seseorang yang membiasakan mengkonsumsi msg akan berakibat kecanduan dan hanya bisa makan pada masakan yang mengandung msg. Efek samping msg adalah meningkatkan nafsu makan seseorang. Selain itu bahaya msg bagi tubuh adalah menyebabkan indera pengecap terbiasa menerima makanan yang mengandung msg dan hal ini mengakibatkan seseorang mengalami kegemukkan.

2. Nafsu makan hilang

Apabila seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi msg, dalam jangka panjang akan berakibat tidak selera makan. Hal ini dikarenakan indra penegecap terbiasa dengan makanan yang mengandung msg. Jika dibiasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung msg, apalagi untuk anak-anak yang sedang masa pertumbuhan bisa mengalami penurunan berat badan.

3. Gangguan jaringan otak

Zat-zat yang terkandung dalam msg bisa merusak jaringan otak dan merusak kinerja otak sehingga berakibat nafsu makan menjadi tidak terkontrol. Bahaya msg bagi otak biasanya berupa otak kehilangan kemampuan menangkap informasi hal ini mengakibatkan seseorang tidak dapat berkonsentrasi.

4. Kerusakan hati

Msg yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan organ hati rentan terserang luka, iritasi dan peradangan. Kondisi ini mengakibatkan fungsi hati tidak bekerja secara optimal. Selain itu juga msg akan menyebabkan dinding hati mengalami peradangan dan pendarahan.

Loading...

5.  Menurunkan kualitas kecerdasan

Penggunaan msg terhadap anak-anak dapat mengakibatkna anak mengalami kemunduran dalam berfikir. Selain itu juga memperlambat otak untyk menangkan informasi dari luar. Bahaya yang sering dialami anak-anak akibat msg adalah keterlambatan dalam hal motoric gerak dan menurunkan inyelektual kecerdasan.

6. Gangguan jantung

Msg juga berbahaya untuk kesehatan jantung. Zat yang ada pada msg, dapat mencemari organ jantung dan megganggu kinerja jantung. Gejala yang ditimbulkan biasanya rasa nyeri pada dada dan tekanan darah mudah naik akibat penyumbatan msg pada arteri sekitar jantung.

7. Gangguan pencernaan

Msg yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh. Biasanya seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi msg, akan mengalami gangguan pencernaan yaitu diare. Sebaiknya hindari penggunaan msg untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Gangguan otot

Banyak yang tidak menyadari bahaya msg bagi tubuh adalah terjadinya kelemahan otot. Zat yang terdapat pada msg bisa mengakibatkan luka dan peradangan pada persendian, otot jadi melemah sehingga tubuh akan merasa cepat lelah. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan stamina seseorang menurun.

9. Gangguan psikologi

Gangguan psikologis seperti stress, depresi, cemas, bingung , panic dapat dialami oleh pria maupun wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi msg. oleh sebab itu, baik anak-anak maupaun orang dewasa mengkonsumsi msg tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya memulai hidup sehat tanpa msg.

10. Gangguan system pernafasan

Apabila seseorang yang menderita penyakit asma, jika mengkonsumsi msg apalagi dalam kadar banyak akan memicu muncul toba-tiba rasa sesak nafas yang berakibat asma. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gelaja nyeri dada, hidung berair dan tersumbat. Bahaya msg yang sangat rentan adalah beresiko daya tahan tubuh akan terus menurun dan menyebabkan gangguan pernafasan pada tingkat kronis sehingga diperlukan penanganan medis dengan segera.

Baca Juga: 6 Jenis Obat Penghilang Bau Badan bagi Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya msg bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa bahaya msg bagi kesehatan tubuh lainnya.

6 bahaya msg bagi kesehatan tubuh lainnya.

11. Gangguan janin
12. Gangguan mata
13. Kanker
14. Gangguan organ genital
15. Gangguan kulit
16. Kanker

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya msg bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top