Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Dampak Bahaya Melakukan Olahraga yang Berlebihan

Uncategorized

10 Dampak Bahaya Melakukan Olahraga yang Berlebihan

Olahraga memang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Namun jika anda olahraga dengan berlebihan maka bukan mendapatkan kesehatan akan tetapi anda akan mendapatkan bahaya penyakit yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, anda perlu mengetahui bahaya olahraga yang berlebihan agar ketika anda berolahraga tidak menyebabkan berbagai macam penyakit.

Secara mengejutkan, ternyata bahaya olahraga yang berlebihan akan menimbulkan beberapa macam penyakit yang bisa mengakibatkan kematian seperti kehilangan massa otot, gangguan makan dan lain sebagainya. Ada beberapa bahaya olahraga berlebihan yang perlu diketahui. Berikut inilah bahaya olahraga berlebihan.

Bahaya Olahraga yang Berlebihan, Bahaya Olahraga yang Berlebihan bagi Kesehatan, Dampak Bahaya Olahraga yang Berlebihan

1. Resiko gagal jantung

Bahaya olahraga berlebihan yang pertama akan mengakibatkan resiko gagal jantung. Penyakit ini ditandai dengan kondisi saat otot jantung sangat lemah sehingga tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jika anda terlalu berlebihan dalam berolahraga maka otot anda akan terasa lemah dan menjadi penyebab resiko gagal jantung.

2. Sistem kekebalan tubuh lemah

Sistem kekebalan tubuh berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan kuman, bakteri dan parasit sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Namun, jika anda melakukan olahraga secara berlebihan maka akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah sehingga tubuh akan rentan terserang penyakit seperti flu, batuk, pilek, atau penyakit-penyakit lainnya yang akan membahayakan tubuh dan kesehatan anda.

3. Kehilangan massa otot

Kehilangan massa otot akan menyebabkan proses metabolisme akan bekerja sangat lambat sehingga sistem pencernaan dalam tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Oleh karena itu, jika anda melakukan olahraga secara berlebihan salah satu resikonya adalah anda akan menderita kehilangan massa otot sehingga tubuh juga akan kehilangan banyak nutrisi.

4. Siklus menstruasi terhenti 

Penyakit ini biasanya dialami oleh para wanita, kerena olahraga yang berlebihan wanita akan mengalami silkus mentruasi yang tidak teratur atau terhenti. Oleh karena itu, jika anda salah satu wanita yang aktif berolahraga maka anda perlu memperhatikan agar olahraga dengan cara yang tidak berlebihan sehingga tidak akan mempengaruhi siklus mentruasi anda.

Loading...

5. Cepat lelah dan kehabisan nafas

Cepat lelah dan juga kehabisan nafas sering menjadi penyebab yang sering dialami ketika olahraga secara berlebihan. Kelelahan disebabkan karena tubuh terlalu diforsir untuk melakukan aktifitas berat dengan menghabiskan banyak tenaga. Oleh karena itu, agar tidak cepat lelah dan kehabisan nafas sebaiknya anda tidak olahraga secara berlebihan.

6. Menyebabkan pusing dan sakit kepala

Selanjutnya bahaya olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena tubuh kehilangan banyak oksigen ketika tubuh terus dipakai berolahraga sehingga otak tidak mendapat asupan oksigen yang optimal. Oleh karena itu, anda akan mudah merasa pusing dan sakit kepala.

7. Menyebabkan gangguan makan

Gangguan makan merupakan penyakit yang serius karena melakukan olahraga yang berlebihan. Bahkan penyakit ini juga bisa menimbulkan resiko kematian. Untuk itu, jika anda suka berolahraga maka lakukan olahraga yang tidak berlebihan karena itu akan berdampak buruk bagi kesehatan anda, salah satunya kehilangan nafsu makan atau gangguan makan yang cukup serius.

8. Menyebabkan sulit tidur 

Insomnia atau kesulitan pada saat tidur tidak hanya di alami bagi orang yang mempunyai kelaninan fisik. Namun, gangguan sulit tidur juga bisa disebabkan karena faktor olahraga yang berlebihan. Dengan melakukan olahraga yang berlebihan badan akan merasa capek dan tubuh terasa lelah sehingga pada saat anda beristirahat anda akan mengalami kesuliatan pada saat tidur.

9. Menyebabkan depresi

Depresi tidak terjadi pada orang yang memiliki trauma atau pengalaman buruk. Dengan olahraga yang berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya depresi. Jika anda mengalami depresi maka anda akan merasa tidak percaya diri dan selalu ingin menyendiri. Selain itu, seseorang yang depresi akan mudah merasa lebih emosional.

10. Mengakibatkan cedera 

Tahukah anda jika terlalu berlebihan dalam berolahraga juga bisa mengakibatkan cedera. Jika anda terlalu sering olahraga dalam waktu yang cukup lama maka ligament dan saraf anda akan menjadi tegang. Hal ini akan menyebabkan anda terserang tulang patah dan mengalami sakit pada persendian.

Baca Juga 8 Cara Mudah Melakukan Olahraga dengan Baik dan Benar

Demikian informasi tentang bahaya olahraga berlebihan. Jadi, untuk anda yang saat ini suka olahraga atau fitness dengan batas waktu yang berlebih maka sebaiknya anda mulai memperhatikan kembali bahaya olahraga yang berlebihan. Dengan begitu tubuh anda akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top