Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Perokok Pasif untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Perokok Pasif untuk Kesehatan Tubuh

Seseorang yang belum mengetahui adanya bahaya perokok pasif untuk kesehatan tubuh tampaknya perlu lebih waspada. Perokok aktif merupakan sebutan untuk seseorang yang sering menghisap rokok. Sedangkan untuk perokok pasif disematkan kepada seseorang yang sering menghirup asap rokok di sekitarnya dari perokok aktif. Perokok aktif sebenarnya tidak hanya memberikan dampak yang buruk untuk dirinya sendiri, namun juga orang lain di sekitarnya.

Asap yang keluar dari rokok dapat membahayakan kesehatan perokok pasif. Jenis asap rokok tentunya berbeda dengan asap lainnya. Asap rokok mengandung kurang lebih 7000 senyawa kimia yang muncul dalam bentuk gas. Bisa Anda bayangkan jika semua senyawa tersebut Anda hirup dan masuk ke sistem pernapasan tubuh. Perokok pasif merupakan sasaran utama yang paling banyak terjangkit penyakit pernapasan dan paru-paru.

10 Bahaya Perokok Pasif untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya perokok pasif untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan kehamilan

Ibu hamil memang sebaiknya tidak boleh berada di dekat perokok aktif. Asap rokok yang dihirup akan membahayakan kesehatan janin. Mulai dari lahir cacat bahkan sampai dengan kematian janin dalam kandungan.

2. Gangguan kesehatan pernapasan

Gangguan kesehatan yang satu ini jelas akan banyak menyerang perokok pasif. Asap dari rokok yang masuk ke dalam sistem pernapasan akan mengganggu kesehatan tubuh. Gejalanya seperti batuk dan juga sesak napas.

3. Penyakit jantung

Bahaya asap rokok yang setiap hari dihirup oleh perokok pasif akan memicu penyakit jantung. Senyawa kimia yang berasal dari asap rokok akan merusak jantung dan membuatnya mudah diserang penyakit.

Loading...

4. Stroke

Selain penyakit jantung, perokok pasif juga memiliki banyak resiko dalam terkena penyakit stroke. Penyakit ini menyerang persendian dan tulang di tubuh Anda sehingga Anda tidak bisa bergerak dengan mudah.

5. Penyempitan pembuluh darah

Pembuluh darah yang mengalami penyempitan akan menyebabkan darah Anda tidak bisa mengalir dengan lancar. Efeknya, banyak organ tubuh dan sistem dalam tubuh yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

6. Infeksi bakteri

Asap rokok juga mengandung banyak bakteri yang dibawa ke tubuh Anda. Jadi jika Anda perokok pasif yang sering menghirup asap rokok, besar kemungkinan Anda akan mengalami banyak penyakit akibat bakteri.

7. Menurunkan kadar vitamin dalam darah

Efek yang berbahaya dari asap rokok untuk perokok pasif yaitu dapat menurunkan dan menghilangkan kadar vitamin dalam tubuh Anda. Hal ini akan membuat tubuh Anda kekurangan vitamin dan mudah terjangkit penyakit.

8. Mencegah fungsi anti oksidan

Selain vitamin, anti oksidan di dalam tubuh juga akan rusak dengan masuknya senyawa yang ada dalam asap rokok. Anti oksidan merupakan sifat kesehatan yang membuat tubuh Anda tidak bisa terkena efek paparan radikal bebas.

9. Kanker

Penyakit yang juga dapat menjangkiti tubuh Anda sebagai perokok pasif yaitu kanker. Sel kanker akan masuk ke dalam tubuh dan muncul karena kandungan senyawa asap rokok yang dihirup melalui sistem pernapasan.

10. Aliran darah tidak lancar

Sering menghirup asap rokok di sekitar lingkungan Anda dapat membuat aliran darah Anda menjadi tidak lancar. Hal ini akan berdampak buruk pada sistem yang berjalan di tubuh Anda karena tidak akan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 15 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya perokok pasif untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top