Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Bahaya Sayur Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

8 Bahaya Sayur Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi kangkung terlalu banyak karena dapat ada beberapa bahaya sayur kangkung untuk kesehatan tubuh Anda. Kangkung sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat di tanah air. Sayuran ini lebih banyak dikonsumsi dengan cara diolah menjadi masakan yang berupa tumisan. Kangkung juga mempunyai beberapa kandungan nutrisi sehat untuk tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kangkung yaitu kalium, natrium, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, magnesium, zat besi, kalsium, serat, dan juga kalori. Meskipun sayuran yang satu ini mengandung banyak nutrisi sehat, Anda tetap perlu mewaspadai efek sampingnya. Kangkung dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda jika terlalu banyak dikonsumsi dan juga karena pengolahan yang salah.

8 Bahaya Sayur Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya sayur kangkung untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Asam urat

Kandungan zat purin dalam sayur kangkung cukup tinggi. Purin merupakan zat yang dapat meningkatkan gejala asam urat dalam tubuh. Konsumsilah sayuran ini secukupnya jika Anda tidak ingin terkena dampak penyakit asam urat.

2. Mengantuk

Sayuran kangkung juga sudah lama dikenal sebagai salah satu sayuran penyebab kantuk. Kandungan kaliumnya yang tidak sedikit membuat tubuh Anda akan mudah mengantuk. Itulah mengapa Anda tidak bisa mengonsumsi sayuran ini terlalu banyak.

3. Alergi

Kangkung juga dapat menyebabkan sejumlah efek alergi. Sayuran ini mengandung beberapa zat kalium dan natrium yang tidak sedikit. Jadi jika Anda mempunyai alergi terhadap dua senyawa tersebut, sebaiknya tidak memakan sayuran ini berlebihan.

Loading...

4. Sakit perut

Konsumsi kangkung yang berlebihan juga dapat memberikan efek sakit perut. Sayuran ini memang memberikan nutrisi ke tubuh Anda namun bukan berarti perut Anda dapat menerima jenis makanan dengan kandungan yang sama dalam jumlah banyak.

5. Gangguan pencernaan

Terlalu banyak mengonsumsi sayur kangkung akan memicu penyakit pada pencernaan. Pencernaan Anda bisa terganggu kelancarannya dan usus pun akan mengalami peradangan jika nutrisi yang diserap terlalu banyak.

6. Mual dan muntah

Sayur kangkung juga dapat memicu efek mual dan muntah. Efek ini merupakan efek keracunan yang sebaiknya Anda hindari. Jika Anda mulai merasakan gejala ini, hentikan segera konsumsi kangkung dan minumlah banyak air putih.

7. Gangguan kesehatan lambung

Kesehatan lambung Anda juga perlu diperhatikan dengan baik. Kangkung dengan kandungan nutrisinya jika terlalu banyak masuk ke dalam lambung akan menyebabkan lambung Anda mengalami radang dan juga kenaikan asam lambung.

8. Diare

Pengolahan sayur kangkung yang salah ditambah dengan tidak higienisnya sayur ini akan memicu penyakit diare di dalam pencernaan Anda. Kemungkinan adanya bakteri di dalam sayur menjadi faktor utama penyebab diare.

Baca Juga: 15 Jenis Makanan Tidak Sehat untuk Tubuh Anak

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya sayur kangkung untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top