Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Terkena Sinar Matahari Langsung untuk Kulit dan Kesehatan

Uncategorized

10 Bahaya Terkena Sinar Matahari Langsung untuk Kulit dan Kesehatan

Tahukah kamu bahwa sinar matahari itu sangat bahaya sekali untuk kesehatan karena bisa menyebabkan gangguan kulit, mulai dari kulit kusam sampai kanker kulit. Tapi nyatanya mayoritas orang tidak peduli tentang bahayanya sinar matahari. Bahkan meski sudah tahu bahayanya apa, tetap maksakan diri panas-panasan di bawah terik mentari tanpa pakaian panjang, payung maupun sunblock atau krim tabir surya.

Tentu saja ini bahaya sekali pada akhirnya. Efeknya memang tidak dirasakan saat ini juga namun di masa yang akan datang, akan sangat terasa sekali. Seperti mendadak kena kanker kulit padahal orang lain tidak. Selain itu, efek yang akan langsung dirasakan adalah berubahnya warna kulit menjadi sangat gelap coklat kemerahan seperti gosong terbakar.

Sebagai orang yang tinggal di negara tropis, maka matahari bisa dibilang sebagai sahabat karib kita yang tiap hari bermain bersama. Kita tidak bisa lepas dari sinar matahari. Yang bisa kita lakukan adalah menghindar bahaya terkena sinar matahari langsung. Untuk terhindar dari bahaya sinar matahari langsung, silahkan praktekkan 3 cara ampuh di bawah ini:

a. Senantiasa mengoleskan sunblock dan tabir surya saat akan keluar rumah. Idealnya pengolesan ini dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan.

b. Pakai pakaian yang menutupi seluruh bagian tubuh. Minimal pakai jaket. Jika tak malu pakai payung, pakai saja. Bahkan di negara barat saja sudah biasa orang payungan kalau panasan.

c. Mengendarai kendaraan tertutup seperti mobil atau bus lebih baik daripada naik motor

Loading...

Nah, setelah mempraktekkan 3 cara di atas, marilah kita simak berbagai bahaya terkena sinar matahari langsung untuk kulit dan tubuh manusia ini. Apa saja sebenarnya bahayanya? Berikut penjelasannya:

1. Bisa Terkena Kanker Kulit dan Kanker Lainnya

Kalau kita sering terkena sinar matahari langsung, maka tubuh kita akan sering terpapar sinar UV yang bahaya. Ini berdampak pada kemunculan sel kanker. Biasanya di kulit, namun bisa pula di bagian tubuh yang lainnya. Tentu saja ini sangat mengerikan sekali. Cegah segera belum benar-benar terjadi.

2. Membuat Kulit Jadi Menggelap Hitam

Bahaya terkena sinar matahari langsung juga akan membuat kulit di seluruh tubuh jadi menggelap hitam. Padahal semua orang sebenarnya mendambakan kulit yang bersih dan putih bersinar. Kalau terlalu sering kena sinar matahari bagaimana mau putih? Maka dari itu, pakailah tabir surya biar kulit terlindungi.

3. Gangguan Penglihatan Jadi Blur

Orang yang sering terkena sinar matahari langsung bakalan terkena gangguan penglihatan jadi blur matanya. Karena sinar matahari sangatlah kuat. Maka dari itu, disarankan untuk pakai kacamata anti sinar ultraviolet. Kacamata UV bagus sekali menangkal radiasi berbahaya UV.

4. Nyeri Kepala

Terlalu lama terkena sinar matahari langsung juga menyebabkan kita jadi nyeri kepala. Ini terjadi karena otak terlalu panas dan tekanan darah tidak stabil. Biasanya efek sakit kepala akibat heatstroke atau kelengar panas ini susah sembuhnya. Bisa berhari-hari. Apalagi kalau kita dalam kondisi psikis yang stress.

5. Dehidrasi

Terkena sinar matahari langsung akan menyebabkan kita dehidrasi. Orang yang dehidrasi itu sedang diambang nyawanya loh! Karena kalau tidak segera ditolong dengan dimasuki cairan infus atau diminta minum secepatnya. Maka tubuh akan terus melemah dan akhirnya meninggal.

6. Munculnya Flek Hitam dan Jerawat di Wajah

Flek hitam di wajah dan jerawat ternyata bisa pula disebabkan karena terkena sinar matahari langsung. Area wajah terutama pipi adalah paling rawan terkena flek hitam. Ingat bahwa flek hitam itu susah sekali disembuhkan loh! Mahal pula perawatannya! Dan kalau pun sudah berhasil hilang biasanya akan muncul lagi.

7. Penuaan Dini Pada Wajah dan Kulit Tubuh

Terkena sinar matahari langsung akan menyebabkan kita terkena penuaan dini pada wajah dan kulit. Sinar matahari benar-benar akan membuat kita tidak nampak pada umur seharusnya lagi. Tentu saja ini sangat merugikan, makanya kita mesti terhindar dari paparan langsung sinar matahari.

8. Lemas dan Berkeringat

Bila kita sedang berada di lapangan terbuka. Dengan terkena sinar matahari langsung, pasti rasanya lemas dan berkeringat.

Baca Juga:15 Bahaya Mendengarkan Musik Keras-Keras untuk Tubuh

9. Jatuh Pingsan

Bahkan bisa sampai jatuh pingsan karena tidak mampu menahan teriknya bahaya sinar matahari langsung.

10. Dehidrasi dan Sesak Nafas

Dehidrasi dan sesak nafas sudah pasti terjadi kalau kita terkena dampak bahaya sinar matahari langsung.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top