Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Dampak Bahaya Susah Buang Air Kecil yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

7 Dampak Bahaya Susah Buang Air Kecil yang Perlu Diwaspadai

Bahaya susah buang air kecil dapat menimpa siapa saja, baik pria dan wanita. Namun, penyebabnya sangat bergantung pada jenis kelamin. Pada pria, gangguan ini umumnya disebabkan oleh pembesaran prostat jinak dan sumbatan batu. Sedangkan pada wanita, biasanya disebabkan oleh sumbatan batu dan infeksi saluran kencing.

Banyak penyakit dan kondisi yang dapat ditandai dengan susah buang air kecil. Bahaya susah buang air kecil tidak boleh dibiarkan saja. Berikut ini adalah beberapa penyakit dan kondisi yang perlu diketahui karena dapat menyebabkan seseorang harus mengejan saat kencing, bahkan sampai sama sekali tidak bisa kencing.

Bahaya Susah Buang Air Kecil, Dampak Bahaya Susah Buang Air Kecil, Bahaya Susah Buang Air Kecil atau Kencing

1. Penyebab Konsumsi Obat-Obatan Berlebihan

Mengkonsumsi obat-obatan berlebihan dapat menimbulkan bahaya susah buang air kecil. Di dalam obat-obatan tersebut banyak yang mengandung efek samping bagi yang mengkonsumsinya.

Cara mengatasinya adalah dengan cara pergi ke dokter untuk segera diperiksa atay berkonsultasi agar penyakit yang diderita dapat disembuhkan dengan tepat. Perlu juga dihindari pemakaian obat-obatan yang melebihi kapasitas.

2. Adanya Sistem Syaraf yang Terganggu

Akibat susah buang air kecil adalah karena adanya gangguan pada sistem syaraf. Gangguan yang terdapat pada tulang belakang dan otak dapat menyebabkan diabetes dan stroke.

3. Salah Satu Pembesaran Prostat

Seiring bertambahnya usia pria, kasus pembesaran prostat atau benign prostatic hyperplasia makin sering terjadi. Pada usia 60 tahun, angka kejadiannya mencapai sekitar 60 persen, dan 70 persen pada usia 70 tahun. Begitu seterusnya. Pembesaran prostat akan menekan saluran kencing. Akibatnya, aliran urine tidak lancar dan dibutuhkan waktu lebih lama agar urine bisa keluar.

Loading...

4. Mengalami Gangguan Psikologis

Meski jarang terjadi, bukan hanya kondisi fisik yang bisa membuat seseorang mengalami susah buang air kecil, kondisi psikis seseorang juga bisa menyebabkan susah buang air kecil.

Gangguan psikologis yang berkaitan dengan susah buang air kecil disebut parauresis. Ini adalah suatu kondisi dimana saat seseorang ingin melakukan buang air kecil, ia merasa tidak aman dan nyaman jika dengan datangnya orang lain yang juga ingin melakukan buang air kecil.

5. Adanya Infeksi pada Bagian Saluran Kencing

Susah kencing atau dalam bahasa Jawa disebut anyang-anyangen bisa jadi merupakan pertanda adanya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri E. coli yang terjadi pada saluran kemih. Infeksi ini terjadi jika ada bakteri yang menuju kandung kemih atau ginjal berkembangbiak di dalam urine sehingga terjadilah ISK.

Perlu diketahui bahwa saluran kemih terdiri dari uretra, kandung kemih, ureter dan ginjal. Peradangan atau infeksi pada salah satu organ-organ ini dapat menyebabkan rasa sakit saat kencing. Infeksi pada kandung kemih disebut sebagai cystitis, sementara pada uretra disebut uretritis.

Wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih daripada pria. Hal ini karena uretra wanita lebih pendek daripada pria, sehingga bakteri lebih mudah untuk masuk dan berkembang biak pada uretra atau kandung kemih.

6. Resiko Terkena Bahaya Stroke

Gangguan atau rusaknya sistem syaraf akibat tertentu, seperti stroke atau kecelakaan, juga bisa mengganggu sistem buang air kecil seseorang. Untuk mengetahui diagnosis adanya resiko stroke dilakukan dengan pemeriksaan dokter.

7. Adanya Infeksi Otak

Selain stroke, infeksi otak juga merupakan bahaya susah buang air kecil. Syaraf yang mengontrol aliran urine dapat rusak karena infeksi otak atau sumsum tulang belakang, atau cedera yang melukai otak atau sumsum tulang belakang.

Kondisi lain yang menimbulkan bahaya susah buang air kecil adalah adanya batu ginjal, yaitu massa bahan mengeras terletak pada ginjal yang dapat keluar melalui saluran kencing dengan menimbulkan rasa sakit dan peradangan.

Kondisi lainnya adalah adanya penyakit menular seksual (PMS) seperti herpes, gonorrhea, atau klamidia. Hal ini dapat terjadi jika melakukan hubungan seksual sembarangan dan tanpa pengaman.

Baca Juga 13 Gejala Usus Luka yang Umum Terjadi

Jika Anda mengalami tanda–tanda bahaya susah buang air seperti: badan panas dan demam, nyeri pinggang kanan atau kiri, buang air kecil disertai dengan keluarnya darah (hematuria), rasa sakit pada perut, dan sering kambuh-kambuhan, maka Anda sebaiknya perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui gejala penyakit yang anda alami.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top