Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Konsumsi Telur Setengah Matang untuk Tubuh

Uncategorized

10 Bahaya Konsumsi Telur Setengah Matang untuk Tubuh

Belum banyak orang yang menyadari adanya bahaya konsumsi telur setengah matang untuk tubuh. Adanya kepercayaan bahwa mengonsumsi telur setengah matang ketika sakit akan membuat tubuh semakin cepat pulih. Tubuh Anda memang memerlukan asupan protein namun tidak hanya dari telur saja. Masih banyak jenis makanan yang bernutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh. Bahan makanan yang dimasak setengah matang dapat memicu banyak resiko gangguan kesehatan.

Telur mempunyai banyak manfaat dengan kandungan nutrisinya. Hal ini juga tidak terlepas dari bagaimana cara Anda mengolahnya dengan benar. Konsumsi telur rebus yang sudah matang akan menjaga kandungan nutrisi di dalamnya. Sedangkan untuk telur yang diolah dengan setengah matang dapat memicu terjangkitnya banyak bakteri penyakit. Telur merupakan salah satu makanan yang paling mudah atau rentan terhadap kuman dan bakteri

10 Bahaya Konsumsi Telur Setengah Matang untuk Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan bahaya konsumsi telur setengah matang untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Menghambat penyerapan nutrisi

Kuning telur mengandung sejenis zat yang sebenarnya tidaklah baik untuk manusia. Jika kuning telur ini tidak diolah sampai benar-benar matang, maka zat atau senyawa di dalamnya akan menghambat tubuh Anda dalam menyerap nutrisi.

2. Memicu penyakit eksim

Telur setengah matang yang banyak dikonsumsi juga dapat mengakibatkan gejala penyakit kulit seperti eksim. Jika Anda mempunyai jenis kulit yang cukup sensitive, maka sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.

3. Resiko kebotakan

Siapa sangka jika telur setengah matang juga dapat memicu kebotakan di kepala Anda. Rambut Anda akan menjadi mudah patah kemudian rontok. Hal ini disebabkan oleh adanya zat avidin yang dapat mempengaruhi kesehatan kepala.

Loading...

4. Gangguan pencernaan

Bakteri lainnya yang terdapat pada telur setengah matang yaitu bakteri salmonella. Bakteri ini akan mengakibatkan banyaknya gangguan kesehatan pada pencernaan Anda dan mengganggu kinerja organ pencernaan dalam tubuh.

5. Memicu tifus

Jenis bakteri salmonella pada telur setengah matang juga dapat menjadi penyebab utama munculnya penyakit tifus di tubuh Anda. Tifus merupakan jenis penyakit pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri jahat yang masuk ke dalam pencernaan.

6. Penurunan imun tubuh

Salmonella yang terdapat di dalam telur setengah matang akan menyerang daya tahan tubuh Anda. Bakteri ini akan membuat sistem imun tubuh Anda cenderung menurun sehingga tubuh akan dengan mudah diserang penyakit.

7. Mual dan muntah

Telur setengah matang tentunya akan masih menyimpan bau serta rasa amisnya. Bagi Anda yang mempunyai pencernaan yang sensitive, hal tersebut tentunya akan membuat Anda merasa mual dan ingin muntah.

8. Sakit kepala

Efek telur setengah matang jika dikonsumsi terlalu banyak juga akan mempengaruhi kesehatan kepala Anda. Anda akan sering merasakan sakit kepala akibat serangan bakteri yang terdapat dalam telur ini.

9. Diare

Semua jenis makanan yang tidak diolah dengan benar tentu saja akan membuat Anda terserang diare, tak terkecuali telur setengah matang. Apalagi dengan kandungan bakterinya, kemungkinan Anda akan terkena diare sangatlah besar.

10. Alergi

Sejumlah gejala alergi akan Anda rasakan ketika Anda mengonsumsi telur setengah matang. Hal ini berasaldari kandungan ovomucoid yang ada di dalamnya. Hasilnya, Anda akan merasakan kulit yang gatal, merah, serta bengkak.

Baca Juga: 32 Jenis Makanan Penyebab Sembelit pada Tubuh

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya konsumsi telur setengah matang untuk tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top