Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Tidak Memakai Masker Saat Berkendara Motor

Uncategorized

10 Bahaya Tidak Memakai Masker Saat Berkendara Motor

Memakai masker saat berkendara hukumnya wajib. Karena kalau tidak, sama saja kita menghirup debu dan asap kendaraan bermotor. Tentu saja ini sangat bahaya sekali untuk kesehatan.Istilah masker merujuk pada dua hal, yaitu: krim untuk dioleskan pada wajah, serta sebuah penutup hidung dan mulut. Kalau yang sedang kita bicarakan ini tentu saja masker untuk menutup hidung dan mulut.

Jenis masker ada beberapa. Yang kita kenal ada masker dari kain, kulit, atau bahan sintesis mirip kain kasa. Kita bisa memilih masker dari lama pemakainnya juga. Ada yang bisa dipakai terus-menerus selama belum sobek. Namun ada pula yang jenis sekali pakai. Semua tergantung pada kebutuhan kita dan selera.

Tahukah kamu bahwa tidak memakai masker saat berkendara sesungguhnya bahaya sekali buat kesehatan. Karena polusi hasil emisi kendaraan bermotor, bila sampai terhirup akan sangat mengancam kesehatan kita. Jantung dan paru-paru bisa rusak. Serta radikal bebas bisa masuk bersamaan dengan udara yang terhirup. Di bawah ini adalah bahaya tidak memakai masker yang mesti kamu ketahui:

1.  Mengalami Gangguan Pernafasan Seperti Sesak Nafas 

Gangguan pernafasan bisa terjadi pada saat kita tidak memakai masker saat berkendara. Ini disebabkan karena debu dan asap kendaraan yang terhirup masuk bersamaan dengan udara yang kita hirup. Maka memang hanya masker yang dapat menghalau debu dan asap itu. Sekalipun kita pakai helm yang sudah menutupi wajah pun, itu masih kurang ampuh dibandingkan masker.

2. Terkena Kanker Paru-Paru

Tidak pakai masker saat berkendara juga dapat meningkatkan resiko kena kanker paru-paru. Memang perjalanan untuk terkena kanker ini cukup lambat. Bisa sampai 10 tahun semenjak akumulasi debu dan asap kendaraan yang kita hirup. Namun antisipasi dari sekarang adalah jalan terbaik, untuk mencegah kanker paru-paru. Lebih baik mencegah sejak sekarang, daripada mengobati di kemudian hari. Kanker kanker paru biasanya selalu berujung kematian.

3. Serangan Jantung

Serangan jantung adalah sensasi sakit jantung yang mendadak. Ini bisa menyebabkan syok mendalam hingga mengalami kematian. Banyak orang yang mendadak mati divonisnya kena serangan jantung. Tahukah kamu bahwa serangan jantung itu bisa terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Gaya hidup buruk seperti tidak memakai masker saat berkendara sangat meningkatkan resiko kena serangan jantung. Waspadalah!

Loading...

4. Mudah Terkena Flu dan Demam

Orang yang tidak memakai masker saat berkendara juga akan mudah kena virus influenza. Demam selalu menimpa. Apalagi jika orang itu tergolong jenis orang dengan sistem imun yang buruk. Pastilah bakal sakit-sakitan terus. Maka segera saja atasi penyakit ini dengan memperbaiki gaya hidup saat berkendara.

5. Alergi Pernafasan

Alergi pernafasan ternyata bisa disebabkan karena sering menghirup udara kotor di jalanan. Maka kita mesti antisipasi dengan memakai masker. Apa repotnya memakai masker, memang jika belum terbiasa bakalan risih. Tapi kalau sudah terbiasa pastinya tidak akan terganggu sedikit pun. Semua demi kesehatan, jadi lakukanlah!

6. Batuk dan Pilek

Apakah kamu langganan batuk dan pilek padahal sedang tidak musim sakit ini? Ternyata batuk dan pilek juga bisa terjadi karena gaya hidup buruk tidak memakai masker saat berkendara. Kamu mesti melakukan perubahan gaya hidup segera! Tutup segera hidung dan mulutmu dengan masker ketika berkendara!

7. Sakit Kepala

Ya, sakit kepala sangat mungkin terjadi pada orang yang seringkali melakukan hal bodoh tidak memakai masker saat berkendara. Nyeri kepala ini semakin menjadi-jadi dan menjadi sakit kepala kronis yang menahun. Tekanan darah normal namun masih nyeri. Bisa jadi karena udara kotor yang selama ini kita hirup! Sakit kepala ini juga bisa menjadi salah satu ciri dari kanker otak.

8. Bersin-Bersin

Bersin-bersin sudah pasti terjadi bilamana kita tidak memakai masker saat berkendara. Apalagi untuk orang yang memiliki bakat alergi terhadap udara kotor. Maka jangan coba-coba naik motor tanpa helm, bisa jadi malah bersin-bersin di jalan dan jatuh dari motor alias kecelakaan.

Baca Juga: 15 Bahaya Menindik Lidah untuk Kesehatan

9. Mulut Jadi Kering

Udara yang menimpa bibir ketika kendaraan melaju juga menyebabkan bibir kering. Kita memang butuh masker untuk antisipasi.

10. Gampang Lelah

Orang yang tidak memakai masker saat berkendara akan gampang lelah. Ini karena seringnya menghirup gas-gas beracun di jalanan.

Wah ternyata banyak sekali ya bahayanya bila kita tidak pakai masker saat berkendara. Jangan lagi dilakukan, ya! Pokoknya kalau kita naik motor, wajib pakai masker! Tidak usah merasa risih karena ini demi kebaikan jangka panjang.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top