Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Tidur Sambil Tengkurap

Uncategorized

15 Bahaya Tidur Sambil Tengkurap

Tidur sambil tengkurap sangat bahaya sekali loh buat kesehatan. Tahukah kamu apa saja bahayanya?
Salah satunya yang paling fatal adalah bisa menyebabkan kematian. Karena memang tidur sambil tengkurap akan membuat organ tubuh dan aliran darahmu jadi mengalami tekanan yang berat.

Tidur adalah aktivitas yang dilakukan dalam kondisi tidak sadar, makanya kamu mestinya mengambil posisi yang baik saat tidur. Karena tidur akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

1. Mengalami Sesak Nafas

Sesak nafas akan dirasakan ketika tubuhmu tidur sambil tengkurap. Kebiasaan tidur tengkurap ini sangat tidak baik bilamana sering dilakukan. Tidur tengkurap tanpa alasan yang jelas bisa disinyalir sebagai sebuah kebiasaan refleks. Biasanya terjadi pada balita. Begitu tidur, mereka tengkurap dan ketika dibetulkan posisinya sama orang tua, bakal tengkurap lagi.

2. Nyeri Jantung

Nyeri jantung terjadi ketika kamu tidur sambil tengkurap. Ini karena posisi jantung yang jatuh ke bawah. Harusnya tidur yang baik itu miring kanan. Agar jantung yang berada di kiri berada pada posisi atas. Nyeri jantung karena posisi tidur yang tengkurap ini biasanya terjadi karena otot jantung yang terjepit atau terlalu lemah jatuh ke bawah, Bilamana dibiarkan maka akan sangat berbahaya sekali buat kesehatan.

3. Serangan Jantung

Ya, serangan jantung bisa saja mendadak terjadi bilamana kita tidur sambil tengkurap. Makanya kalau kamu ingin punya jantung yang sehat, perbaikilah gaya tidurmu supaya dalam posisi yang baik. Janganlah tidur tengkurap karena sama sekali tidak ada manfaatnya untuk kesehatan. Yang ada malah jantung jadi rusak.

4. Gangguan Peredaran Darah

Gangguan peredaran darah akan terjadi ketika kita tidur sambil tengkurap. Jika kamu ingin memiliki tubuh yang kuat dengan aliran darah yang lancar, maka kamu harus tidur dalam posisi yang benar, yaitu miring ke kanan.  Dengan begitu, peredaran darah bakalan lancar.

Loading...

5. Sistem Pernafasan Tersendat

Sistem pernafasan bisa tersendat bilamana kamu tidur sambil tengkurap. Orang yang punya gangguan nafas seperti asma sangat dilarang tidur sambil tengkurap. Karena ini sangat bahaya sekali buat kesehatan organ pernafasan. Lama-lama asma bisa kambuh dan makin buruk. Bahkan bisa menyebabkan kita mengalami kematian.

6. Aliran Darah ke Otak Bisa Berhenti

Aliran darah ke otak akan berhenti ketika kita tidur sambil tengkurap. Dampaknya adalah kita bisa mendadak meninggal. Atau terkena stroke. Bisa juga kita jadi lumpuh atau pingsan mendadak. Ini bisa terjadi bilamana tidur dengan tengkurap dilakukan ketika aliran darah dan tekanan darah sedang tidak normal. Maka kamu mesti waspada terhadap bahaya ini.

7. Mengalami Stroke

Ya, stroke yang terjadi bisa stroke hanya setengah tubuh. Maupun seluruh tubuh. Maka dari itu, jika kamu ingin punya tubuh yang kuat dan sehat, janganlah melakukan itu. Jangan lagi kamu lakukan kebiasaan buruk ini. Karena sungguh begitu mengerikan sekali bila kamu sampai kena stroke. Ini akan mengubah hidupmu secara total.

8. Kelumpuhan Otot

Kelumpuhan otot akan terjadi bila kamu sampai tidur sambil tengkurap. Dan apalagi bila dilakukan seumur hidup. Ketika kita tidur sambil tengkurap, otot akan lumpuh dan seluruh organ gerak bisa mati total, tidak bisa bergerak sama sekali. Maka dari itu, kamu harus memperbaiki segera kebiasaan buruk ini. Sebelum terlambat dan makin menjadi-jadi.

9. Mengalami Sleep Paralysis

Sleep paralysis atau lumpuh tidur biasanya terjadi ketika kita dalam kondisi tubuh yang sangat kelelahan dengan tekanan darah yang rendah. Bagi sebagian orang yang masih percaya dengan mitos, sleep paralysis dianggap sebagai suatu fenomena ketindihan hantu. Padahal ini tidak begitu, secara medis sleep paralysis bisa disembuhkan asalkan kita memiliki gaya hidup yang baik.

10. Kematian Mendadak

Orang yang tidur sambil tengkurap sangat berpotensi mengalami kematian mendadak. Dan ini tentu sangat menakutkan. Makanya kalau anggota keluargamu ada yang punya kebiasaan tidur sambil tengkurap, sebaiknya dinasehati.

Baca Juga: 15 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

5 Bahaya Tidur Sambil Tengkurap yang Lainnya:

11. Bakal Menjadi Kebiasaan
12. Gangguan Pencernaan
13. Nyeri Otot
14. Melemahnya Otot Jantung
15. Tidur Tidak Berkualitas

Demikianlah berbagai bahaya tidur sambil tengkurap. Jangan lagi dilakukan ya! Semata-mata demi keselamatan dan kesehatanmu seumur hidup.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top