Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Memasang Behel di Tukang Gigi

Uncategorized

15 Bahaya Memasang Behel di Tukang Gigi

Ada banyak tukang gigi di pinggiran yang menawarkan pemasangan kawat gigi atau behel. Banyak yang tertarik untuk memasang kawat gigi disana karena harganya relatif lebih murah dari memasang kawat gigi di dokter gigi. Selisih biaya yang cukup besar membuat orang lebih tertarik pergi ke tukang gigi,  padahal ilmu dari dokter gigi jelas lebih tinggi.  Tapi banyak yang hanya memikirkan asal biayanya yang murah saja,  tidak memikirkan kemampuan si tukang gigi itu.

Sebelum kawat gigi dipasang di gigi kita,  kita sebenarnya harus melewati pemeriksaan gigi terlebih dahulu. Hal ini karena kawat gigi tidak dipasang hanya dalam beberapa hari atau beberapa bulan,  tapi bertahun-tahun.  Jadi jika kita salah dalam memasang,  yang ada memperburuk keadaan gigi kita. Maka dari itu percayakanlah pemasangan behel pada dokter gigi walaupun harganya lebih mahal dari pada memasang di tukang gigi. Berikut adalah bahaya pasang behel di tukang gigi:

1. Kesalahan Memasang Braces karena Bukan Ahlinya

Memasang behel di tukang gigi sebenarnya sangat bahaya loh! Mereka tidak punya kompetensi. Biar pun seringkali beriklan sudah memiliki banyak pasien kelinci percobaan. Namun mereka sama sekali bukan ahlinya. Tukang Gigi adalah profesi hanya sebatas untuk membuat gigi palsu saja. Mereka bukan orang yang memiliki legitimasi untuk melakukan perawatan ortodonti. Bahkan untuk mencabut dan menambal gigi saja, mereka tidak berhak.

2. Gigi Menjadi Makin Berantakan

Sayangnya banyak sekali kini bertebaran tukang gigi. Bahkan orang awam, seorang pelajar sekolah, orang yang sama sekali tidak memiliki keahlian dan ilmu di bidang gigi ikut-ikutan membuka jasa memasang behel. Yang ada jika kita memasang pada mereka, malahan gigi kita jadi makin berantakan. Ini sudah terbukti kok! Bukan hoax bahwa tukang gigi sangatlah tidak kompeten dalam memasang kawat gigi.

3. Tidak Steril

Jangankan berharap memasang kawat gigi dengan baik. Banyak dari para tukang gigi bahkan mengabaikan kebersihan dirinya dan alat-alat prakteknya. Seluruh alatnya tidak steril. Bahkan tangannya saja tidak dibungkus sarung tangan saat mengeksekusi gigi pasiennya. Ini sih namanya membahayakan! Sama saja memasukkan penyakit ke dalam mulut.

4. Tidak Sesuai Prosedur Aman Perawatan Ortodontik

Tahukah kamu bahwa perawatan ortodontik itu ada caranya dan tidak sembarang pasang bracket. Apalagi kini banyak bertebaran behel abal-abal. Dengan bracket bermotif dan karet warna-warni. Beli alat di online shop, minta dipasangkan ke tukang gigi. Ini kan gawat sekali! Pantas saja banyak orang yang akhirnya jadi mengalami kerusakan gigi yang parah.

Loading...

5. Mahkota Gigi Lepas dari Soketnya

Kasus kerusakan gigi yang cukup sering akibat bahaya memasang behel di tukang gigi adalah lepasnya gigi dari soketnya. Ini artinya gusi menurun dan kendur. Tulang alveolar rapuh dan akhirnya mahkota gigi mencuat keluar dan pada goyang. Ini akan membutuhkan perawatan yang sangat mahal dan tidak semua gigi yang lepas dari soketnya bisa diselamatkan loh! Karena ada tenggat waktu, di mana gigi goyang atau lepas bisa kembali ditanamkan ke gusi atau tidak.

6. Tidak Melalui Prosedur Perawatan Gigi

Jika kita memasang kawat gigi ke dokter, maka mereka akan melakukan serangkaian prosedur pembuangan karang gigi dan penambalan gigi lebih dulu. Memastikan bahwa sama sekali tidak ada gigi yang rusak dan sakit. Karena kalau masih ada yang lubang dan sakit, ini bisa bahaya buat ke depannya.

7. Kematian Syaraf Gigi

Kematian syaraf gigi terjadi karena banyak hal. Seperti kena benturan misalnya. Tekanan dari alat ortodonti sebenarnya ada aturannya. Tidak boleh terlalu kencang. Dan hanya dokter spesialis ortodonti lah yang mengetahui dan dapat menganalisis tentang derajat kekencangan dan tekanan kawat. Karena kalau salah sedikit saja bisa membuat syaraf gigi jadi mati. Dan akhirnya gigi berubah warna jadi hitam membusuk. Awalnya tentu saja bakalan nyeri dulu.

8. Lubang Gigi Akan Dibiarkan

Manalah tukang gigi memikirkan menambal gigi dulu sebelum memasangkan bracket dan kawat gigi. Gigi berlubang dan penuh karang akan tetap dibiarkan dan ditimpa saja dengan alat ortodonti. Bahaya sekali ini!

9. Tidak Dapat Memprediksi Gerakan Gigi

Tukang gigi tidak pernah bisa memprediksi gerakan gigi kita.

10. Gigi Jadi Goyang Semua

Dan bisa jadi malah gigi kita jadi goyang dan rontok semua gara-gara bahaya memasang behel di tukang gigi ini.

Baca Juga: 15 Dampak Melakukan Bleaching Gigi

5 Bahaya Memasang Behel di Tukang Gigi yang Lainnya:

11. Mulut Jadi Bau
12. Perubahan Warna Gusi
13. Kalkulus Menumpuk
14. Infeksi Gigi
15. Terjadi Inflamasi atau Peradangan Gigi

Itu ada hal beberapa bahaya pasang behel ditukang gigi. Jika ada yang lebih profesional mengapa kita tidak memilihnya,  kita malah memilih yang kurang memiliki ilmu. Jadi pasanglah kawat gigi di dokter gigi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top