Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Buang Air Besar di Kloset Duduk

Uncategorized

15 Bahaya Buang Air Besar di Kloset Duduk

Kloset adalah istilah pada sebuah tempat pembuangan kotoran manusia. Kloset disebut pula sebagai WC atau jamban. Fungsinya sangat membantu memenuhi hajat manusia setiap hari untuk membuang air seni maupun tinja. Di dunia ini setidaknya ada dua macam jenis kloset yaitu kloset duduk dan kloset jongkok.

Anehnya, masing-masing kloset seakan mendapatkan labelling yang terkait dengan status ekonomi dan sosial seseorang. Kloset duduk adalah jenis kloset untuk orang kaya. Sedangkan kloset jongkok adalah jenis kloset untuk orang miskin. Tentu saja praktek labelling ini sangat mengandung diskriminasi yang tidak berdasarkan ilmu.

Tahukah kamu bahwa ternyata kloset duduk itu tidak lebih sehat daripada kloset jongkok. Karena kloset duduk sangat rentan menjadi media penularan penyakit. Hanya karena buang air besar di kloset duduk, kita akan mengalami berbagai macam bahaya seperti tercantum di bawah ini:

1. Tertular Penyakit

Bahaya buang air besar di kloset duduk yang  pertama adalah bisa tertular penyakit. Penularan terjadi melalui kontak langsung pantat dengan kloset. Baik di toilet umum  maupun pribadi,  semuanya bahaya.  karena sama-sama berpotensi terjadinya penularan.

2. Terkena Penyakit Kelamin

Salah satu jenis penyakit yang  ditularkan melalui kloset duduk adalah penyakit kelamin.  Yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.  Semuanya berpotensi merusak tubuh. Kamu tentu saja tidak mau kan terserang penyakit kelamin karena gaya hidup buruk ini? Maka belajarlah dari sekarang buat tidak gengsi buang air besar di kloset jongkok. Ini lebih aman!

3. Terserang Diare

Serangan diare juga sangat mungkin terjadi bila kita berbagi kloset sembarangan.  Jika sedang berada di tempat umum sebaiknya pilihlah kloset jongkok  saja.  Ini  dapat  mencegah  masuknya  bakteri e-coli penyebab diare.

Loading...

4. Kanker Serviks dan Kanker Lainnya

Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV.  Ini  bisa juga terjadi  gaya hidup  buruk tidak merawat organ kemaluan dengan baik sehingga akhirnya  lambat laun jadi  kanker.

5. Gatal-Gatal di Pantat

Bahaya  buang air besar di kloset duduk juga bisa menyebabkan gatal-gatal di pantat maupun kemaluan.  Ini tentu saja sangat  menyebalkan dan mengganggu. Gatal ini susah sembuh bilamana kita tidak ke dokter.

6. Otot Panggul Melemah

Otot panggul juga dapat  melemah bila kita terbiasa buang air besar di kloset duduk.  Karena pada dasarnya BAB itu seperti  latihan  memperkuat otot-otot. Apalagi untuk  perempuan. Bisa menjadi  latihan melahirkan  bayi.

7. Rentan Terkena Ambeien

Bahaya buang air besar  di kloset duduk juga akan membuat kita rentan mengalami ambeien.  Ini  karena tubuh terbiasa duduk lama.  Sampai  BAB saja memilih  duduk.  Ambeien atau dikenal pula dengan nama wasir sangat menyiksa seumur hidup karena akan menyebabkan kita selalu berdarah dan nyeri kalau BAB.

8. Nyeri Tulang Ekor

Nyeri tulang ekor bisa saja terjadi  sebagai efek dari bahaya buang air besar di kloset duduk. Ini akan membuat jadi begitu nyeri tulang ekor. Jangan remehkan keberadaan tulang ekor manusia. Karena bila sampai terganggu bisa menyebabkan kelumpuhan. Sebab tulang ekor sangat sensitif dan berhubungan langsung secara erat dengan tulang belakang manusia yang penuh dengan syaraf vital tubuh.

9. Menjadi Ketergantungan

Buang air besar di kloset duduk bisa menimbulkan ketergantungan. Ketika  kita BAB bukan di kloset duduk malah tidak  mau keluar kotorannya. Padahal sudah kebelet. Ini tentu merepotkan.

10. Organ Intim Jadi Mudah Bau

Ternyata bahaya buang air besar di kloset duduk bisa  menyebabkan organ intim jadi bau.  Tentu kamu tak mau kan mengalami ini? Maka pertimbangkanlah buat tidak BAB di kloset duduk.

Baca Juga: 20 Bahaya Tidur Dengan AC Tiap Hari

Begitulah berbagai bahaya yang mesti kamu perhatikan. Jangan menganggap jamban sebagai sebuah standar sosial dan ekonomi lagi. Jamban yang jongkok pada dasarnya lebih baik daripada yang duduk. Karena kontak langsung antara kloset duduk dengan tubuh kita itulah yang jadi perantara penyakit. Silahkan simak beberapa bahaya lainnya di bawah ini:

5 Bahaya Buang Air Besar di Kloset Duduk yang Lainnya:

11. Jorok
12. Terserang Bakteri
13. Terkena Virus
14. Sakit Paha
15. Tidak Higienis           

Wah, tidak menyangka ya begitu banyaknya bahaya dari kloset duduk. Pikirlah 1000 kali kalau mau menggunakan WC jenis ini. Apalagi jika menggunakannya di toilet umum. Ini sangat bahaya sekali buat kesehatan. Mari ubah gaya hidup buruk menjadi gaya hidup baik! Semata-mata demi memperoleh tubuh sehat dalam jangka waktu panjang.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top