Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Alami Menghilangkan Telur Dan Kutu Rambut Dengan Cepat

Uncategorized

Cara Alami Menghilangkan Telur Dan Kutu Rambut Dengan Cepat

Cara alami menghilangkan telur dan kutu rambut dengan cepat. Kutu atau tungau lebih sering terdapat pada perempuan, hal ini dikarenakan mereka memiliki rambut yang panjang dan sering memakai aksesoris rambut. Kondisi kebersihan yang tidak baik seperti jarang membersihkan rambut juga merupakan salah satu penyebab terkena kutu. Kutu atau tungau bisa terdapat pada semua ras dan berbagai tingkatan sosial, tetapi biasanya kutuan banyak terdapat pada sesorang dengan kelas ekonomi menengah kebawah. cara penularan kutu dapat secara langsung (rambut dengan rambut) atau melalui barang perantara seperti topi, pakaian, handuk, bantal, kasur, sisir, maupun kerudung.
Setelah melakukan perkawinan, kutu betina dewasa akan dapat menghasilkan 1 sampai 6 telur per hari selama sebulan. Telur kutu bentuknya oval dan umumnya berwarna putih. Telur diletakkan oleh induk pada pangkal rambut (sekitar 1 cm dari permukaan kulit kepala) maka seiring bertumbuhnya rambut kepala, telur yang semakin matang akan terletak lebih jauh dari pangkal rambut. Telur kutu ini akan menetas setelah berumur 7-10 hari, dan meninggalkan kulit atau selubung pembungkusnya pada rambut, selubung berwarna putih seperti ketombe. Selubung telur tersebut dapat tetap melekat pada rambut sampai 6 bulan. Sedangkan telur kutu yang belum menetas tampak berwarna hitam, dan bulat.
Telur kutu yang menetas tadi akan menjadi nimfa. Bentuknya seperti kutu dewasa, tetapi lebih kecil. Nimfa akan menjadi dewasa dalam kurun waktu 9-12 hari setelah menetas. Untuk dapat hidup, nimfa membutuhkan makanan berupa darah. Kutu dewasa mempunyai 2 mata dan berwarna abu-abu serta akan menjadi kemerahan jika telah menghisap darah. Kutu kepala (Tungau) tidak memiliki bersayap, bentuknya pipih dan memanjang. Kutu dewasa dapat merayap untuk berpindah tempat dengan kecepatan sekitar 23 cm permenit. Waktu hidup sekitar 30 hari dan dapat bertahan hidup di lingkungan bebas sekitar 3 hari tanpa menghisap darah.
Cara Alami Menghilangkan Telur Dan Kutu Rambut Dengan Cepat
Loading...
Kutu Rambut
Tungau atau kutu kepala ini termasuk jenis parasit penghisap darah. Akibat dari gigitan saat menghisap darah akan membuat kulit kepala kita menjadi. Gatal ini timbul akibat pengaruh air liur dan ekskresi kutu yang ikut masuk kedalam kulit kepala kita. Menurut beberapa penelitian kutu ini hanya dapat bertahan kurang dari 3 hari untuk bertahap hidup tanpa menghisap darah atau tidak berada di kulit kepala. Sedangkan telur nya dapat bertahan sekitar 1 minggu bila tidak berada di rambut atau kulit kepala kita. Garukan pada kulit kepala saat gatal dapat mengakibatkan terjadinya infeksi kulit. Bila terjadi infeksi berat, rambut akan bergumpal akibat adanya nanah.
Cara Alami Menghilangkan Telur Dan Kutu
Cara alami menghilangkan telur dan kutu ini dapat menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah seperti mayones, petroleum jeli, minyak zaitun, margarin, gel rambut, dan lainnya.
1. Mayones
Cara penggunaan mayones untuk menghilangkan telur dan kutu pada rambut yaitu dengan membalurkan mayones pada rambut sampai kulit kepala secara rata. Kemudian tutup kepala kita menggunakan shower cap atau bisa juga menggunakan plastik atau handuk. Tunggu sampai kira-kira 5 sampai 6 jam. Setelah itu rambut bisa dibersihkan dengan shampo.
2. Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan manfaat di bidang kesehatan dan kecantikan, salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan kutu beserta telurnya. Cara pemakaiannya sebaiknya dilakukan sebelum tidur yaitu dengan cara mengoleskan secara merata minyak zaitun tadi pada rambut dan kulit kita. Kemudian rambut kepala ditutup dengan shower cap, plastik atau handuk. Setelah bangun tidur rambut dapat dibersihkan dengan menggunakan shampoo.

3. Minyak Kelapa
Penggunaan minyak kelapa untuk menghilangkan kutu sebenarnya sama dengan penggunaan mayones atau minyak zaitun yaitu sebelum tidur oleskan minyak kelapa keseluruh rambut dan kulit kepala sambil dilakukan pemijatan. Setelah rata kepala kita dapat ditutup menggunakan shower cap atau alat yang lain seperti diatas. Saat pagi hari rambut kita dibersihkan dengan shampoo sampai bersih.
4. Ekstrak Bunga Chryantheum Cinerariaefolium
Anda dapat membelinya di toko-toko tertentu, tetapi harga ekstrak bunga ini sangat mahal karena sangat efektif menghilangkan kutu rambut. Bunga ini termasuk kedalam insektisida alami dan banyak produk-produk obat penghilang kutu yang memakai campuran ekstrak bunga Chryantheum cinerariaefolium ini. Produk-produk yang memakai ini dapat berbentuk lotion, shampoo maupun krim. Tetapi penggunaan dapat mengakibatkan alergi untuk orang-orang tertentu yang akan mengakibatkan sesak nafas.
5. Sisir Kutu
Untuk cara yang lain adalah menggunakan sisir kutu. Pengaplikasian atau penggunaan sisir ini dapat dilakuan setelah pemakaian minyak zaitun, kelapa atau mayones. Sisir kutu dalam bahasa jawa disebut suri. Sisir ini biasanya terbuat dari metal, plastik ataupun kayu. Gigi sisir ini sangat rapat dan tipis yang akan membuat kutu bahkan telurnya terjatuh dari rambut kepala. Kelemahan dari pemakain ini adalah diperlukan kesabaran karena dapat memakan waktu sampai berjam-jam.
Sisir Untuk Menghilangkan Kutu Rambut
Penggunakaan bahan-bahan diatas dimaksudkan untuk menutup jalan dan melapisi kulit kepala agar kutu tidak bisa menghisap darah. Dan penutupan rambut menggunakan shower cap ataupun bahan lainnya bertujuan agar kutu tidak bisa bernafas dan kemudian mati.
Pencegahan Menularnya Kutu
Kutu kepala paling sering menyebar dengan melalui hubungan langsung antar kepala (dari rambut ke rambut). Tetapi kutu juga dapat menyebar melalui pakaian atau aksesoris kepala yang yang digunakan secara bersama. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat mencegah penyebaran penularan kutu kepala :
1. Menghindari adanya kontak langsung (rambut dengan rambut) ketika bermain dan beraktivitas, hal ini bukan berarti kita harus menghidari orangnya.
2. Tidak menggunakan pakaian, kerudung, ikat kepala, sisir maupun handuk secara bersama.
3. Membersihkan sisir setiap kali dipakai dengan merendamnya kedalama air panas.
4. Menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita.
Jika setelah menggunkan cara diatas kutu tidak segera hilang dari rambut, sebaiknya anda mengkonsultasikannya dengan dokter dan minta obat yang efektif untuk menghilangkan kutu dan telurnya. Semoga artikel tentang cara alami menghilangkan telur dan kutu rambut dengan cepat ini bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top