Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Cara Melakukan Fitness dengan Baik dan Benar

Uncategorized

13 Cara Melakukan Fitness dengan Baik dan Benar

Fitness merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak dipilih untuk membentuk otot tubuh dengan cepat dan efektif. Dengan melakukan cara fitness yang baik dan benar akan memberikan bentuk tubuh yang di idamkan. Namun dalam melakukan fitness tidak boleh secara sembarangan agar tidak merugikan diri sendiri.

Fitenss juga berisiko membuat seseorang mengalami cidera dan patah tulang apabila melakukannya dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan aturan. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara fitness dengan baik dan benar.

Cara Fitness yang Baik dan Benar, Cara Melakukan Fitness yang Baik dan Benar, Cara Fitness yang Baik dan Benar bagi Tubuh

1. Tentukan berapa kali fitness yang akan dilakukan dalam satu minggu

Cara fitness yang baik dan benar yang pertama yaitu menentukan berapa kali kamu akan melakukan fitness setiap minggunya. Dengan menjadwalkan seperti itu, maka kamu akan termotivasi untuk menepati janji yang kamu buat sendiri untuk membentuk otot tubuh menjadi lebih bagus dari sebelumnya.

2. Menetapkan komitmen

Banyak orang yang hanya memiliki semangat melakukan fitness di awal latihan saja, semakin lama akan semakin jarang melakukannya. Hal ini menandakan bahwa mereka belum menetapkan komitmen untuk mencapai tujuan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

3. Menentukan tujuan dengan membuat rencana

Sebelum pergi ke gym, kamu perlu menentukan rencana untuk membentuk otot apa saja. Pasalnya setiap bagian yang ingin dibentuk, memiliki alat dan cara penggunaan yang berbeda – beda. Misalnya saja untuk memfokuskan pembentukan otot lengan, kamu bisa menggunakan bantuan barbel. Namun barbell tidak cocok untuk membentuk otot paha. Hal ini juga berlaku untuk membentuk otot lainnya.

4. Menggunakan alat fitness sederhana

Jika kamu masih pemula dalam dunia fitness sebaiknya jangan terburu – buru untuk menggunakan alat yang berat, namun cukup menggunakan alat sederhana dan mudah untuk digunakan terlebih dahulu. Meskipun peralatan yang digunakan masih sederhana, namun kamu masih perlu bimbingan instruktur untuk mendampingi agar alat yang digunakan dapat di manfaatkan secara maksimal.

Loading...

5. Mengatur penrnapasan

Ketika latihan, sangat perlu mengatur pernapasan dengan cara mengambil nafas lewat hidung kemudian tahan sebentar dan buang melalui mulut dengan perlahan. Yang perlu diperhatikan juga, ketika sedang mengangkat alat yang lumayan berat sangat tidak dianjurkan untuk menahan napas karena akan menyebabkan tidak maksimalnya gerakan.

6. Melakukan pemanasan

Setiap kali akan melakukan fitness sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu yang berfungsi
meregangkan otot. Pemanasan berfungsi meningkatkan kelenturan otot yang sebelumnya kaku dan sulit digerakkan. Setelah melakukan pemanasan tubuh akan lebih siap untuk melakukan fitness dan mencegah terjadinya cidera.

7. Istirahat pada waktunya

Banyak orang yang terlalu memaksakan diri untuk bergerak dan melatih otot tanpa henti. Padahal cara ini merupakan hal yang salah dan hanya merugikan diri sendiri. Fitness sebenarnya berfungsi untuk membuat tubuh menjadi fit, oleh sebab itu sebaiknya tubuh tidak terlalu di forsir dan berikan waktu istirahat dengan cukup.

8. Memakai heart rate monitor

Untuk melakukan fitness yang baik dan benar, kamu juga perlu menggunakan bantuan heart rate monitor. Dengan alat ini kamu bisa mengetahui detak jantung dan gampang di deteksi saat melakukan fitness. Dengan bantuan alat ini, intensitas latihan bisa ditingkatkan dengan mudah dan efektif.

9. Menyetel musik bertempo cepat

Lelahnya melakukan fitness tidak akan terasa apabila dilakukan dengan senang dan tanpa beban. Salah satu caranya yaitu dengan membuat fitness menjadi nyaman dengan musik bertempo cepat. Musik ini juga berfungsi untuk membuat kita bersemangat dalam melakukan fitness.

10. Makan dan minum sebelum fitness

Dalam melakukan fitness yang baik dan benar, kita bukan hanya fokus kepada gerakan yang dilakukan saat fitness saja, namun makanan dan minuman juga perlu diperhatikan. Sebaiknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, makan dan minum sebelum dan sesudah fitness sangat di anjurkan untuk menyumbang energi yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga 21 Cara Menambah Berat Badan Secara Cepat dan Aman

3 Cara Fitness yang Baik dan Benar Lainnya:

11. Mind – body training
12. Hindari minuman isotonik
13. Mencatat riwayat fitness

Itulah 13 informasi tentang cara fitness dengan baik dan benar. Lakukan fitness secara rutin namun tidak berlebihan hingga dilakukan setiap hari karena fitness yang dilakukan setiap hari akan menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top