Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Cara Mudah Melakukan Olahraga dengan Baik dan Benar

Uncategorized

8 Cara Mudah Melakukan Olahraga dengan Baik dan Benar

Olahraga sangatlah berperan penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, dengan rutin berolahraga maka sistem kekebalan tubuh anda akan semakin meningkat sehingga anda tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Untuk itu, anda perlu melakukan olahraga dengan baik dan benar. Jika anda melakukan olahraga dengan tahap yang tidak baik maka akan menimbulkan cedera sehingga tubuh akan mudah terasa sakit dan pegal-pegal setelah melakukan olahraga.

Namun, jika anda tipe orang yang pemalas maka anda bisa melakukan olahraga kecil atau olahraga yang paling ringan. Apalagi bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan, pastinya melakukan banyak olahraga agar tubuh terlihat ideal. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara melakukan olahraga dengan baik dan benar. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan olahraga dengan baik dan benar. Berikut inilah cara melakukan olahraga dengan baik dan benar.
 

Cara Melakukan Olahraga yang Baik dan Benar, Cara Olahraga yang Baik dan benar, Cara Melakukan Olahraga yang Baik dan Benar untuk kesehatan

1. Waktu olahraga 

Cara untuk melakukan olahraga dengan baik dan benar tentu anda harus melungkan sedikit waktu. Dengan memiliki waktu latihan olahraga maka anda akan memiliki tubuh yang sehat. Selain itu, anda juga harus melakukan olahraga diruang yang terbuka dan tentunya bebas dari polusi. Paling tidak anda harus memiliki waktu 30 menit untuk berolahraga. Dengan begitu badan anda akan bergerak dan otot akan mereggang.

2. Persiapan sebelum olahraga 

Sebelum melakukan kegiatan olahraga tentunya anda perlu mempersiapkan dengan kondisi tubuh yang sehat tanpa adanya keluhan penyakit. Selain itu, anda harus memilih jenis olahraga apa yang akan anda lakukan. Pilihlah olahraga sesuai dengan kondisi kenyamanan saat anda melakukannya. Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga seperti yoga, bola volly, sepak bola, futsal, bersepeda, lompat tali, push up, senam aerobik atau jongging.

3. Peralatan dan perlengkapan 

Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan pada saat olahraga anda harus memperhatikannya dengan baik. Jangan sampai peralatan yang anda gunakan mendadak rusak atau tidak berfungsi sehingga tidak mendukung anda pada saat melakukan olahraga. Untuk itu, sebelm melakukan olahraga sebaiknya anda memastikan dengan memeriksanya terlebih dahulu sehingga tidak akan menghambat atau mengganggu anda pada saat melakukan olahraga.

4. Kondisi harus fit 

Pastikan ada memiliki kondisi tubuh yang benar-benar fit atau sehat. Jangan sekali-kali anda melakukan olahraga dalam keadaan sakit karena itu akan membuat kesehatan anda akan semakin memburuk. Oleh karena itu, jika anda dalam kondisi sakit sebaiknya anda tidak melakukan olahraga tunggulah sampai badan anda benar-benar sembuh kemudian anda bisa melakukan olahraga kembali.

Loading...

5. Pemanasan  

Jika sudah melakukan persiapan sebelum olahraga, maka tahap selanjutnya adalah pemanasan. Tahap ini sangatlah diperlukan untuk merenggangkan otot dan melemaskan anggota badan. Anda bisa melakukan pemanasan denagan gerakan-gerakan ringan seperti memutar kepala, mengangkat kedua tangan ke atas, atau lari di tempat. Dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu maka peredaran darah menjadi lancar serta mencegah tubuh yang mudah lemas.

6. Saat olahraga 

Ketika anda memilih jenis olahraga senam aerobik biasanya dimulai dengan senam aerobik beberapa kali seminggu. Olahraga aerobik sebaiknya dilakukan secara bertahap.  Apabila sulit berolahraga di luar rumah, anda bisamelakukannya dirumah dengan panduan intrukstur. Mulai semampunya, ditambah secara perlahan-lahan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh perlu waktu antara 1 setengah jam, untuk membakar lemak.

7. Setelah berolahraga 

Setelah melakukan olahraga, anda harus memperhatikan beberapa hal yang perlu anda ketahui. Jangan langsung mengkonsumsi banyak makanan sehingga perut menjadi kenyang. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang bersifat lunak seperti sup, bubur, atau banyak minum air putih. Dengan minum air putih akan membantu anda untuk memperbaiki cairan yang hilang sehingga tubuh akan tetap stabil tanpa kehilangan banyak cairan.

8. Teratur

Apapun bentuk olahraga yang dipilih sebaiknya anda melakukannya dengan teratur. Akan tetapi bukan dengan melakukannya secara terus menerus sehingga tubuh anda akan terasa lemas. Cukup anda lakukan paling tidak 15 sampai 30 menit untuk setiap harinya yang penting anda melakukannya dengan rutin dan teratur.  

Baca Juga 25 Jenis Makanan Pengganti Nasi untuk Membantu Diet Sehat

Demikian informasi tentang cara melakukan olahraga dengan baik dan benar. Jadi, untuk anda yang saat ini melakukan olahraga atau fitness dengan cara yang kurang benar maka, penting bagi anda untuk memperhatikan kembali cara olahraga yang baik dan benar sehingga anda akan memperoleh tubuh yang sehat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top