Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Membuat Deodoran Alami, Ampuh Mengatasi Masalah Ketiak

Uncategorized

Cara Membuat Deodoran Alami, Ampuh Mengatasi Masalah Ketiak

Cara membuat dedoran alami dibutuhkan dia yang sudah tidak nyaman menggunakan deodoran yang beredar di pasaran. Panas terik akan membuat kamu mengeluarkan banyak keringat. Berkeringat adalah hal yang baik karena melepaskan racun dari seluruh tubuh. Tapi, masalahnya keringat ini dapat menimbulkan bau yang menyengat atau tak sedap.

Sebenarnya, keringat sendiri tidak berbau, hanya saja bakteri yang memecah keringat menjadi asam dan menimbulkan bau. Walaupun deodoran dipasrang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah bau tak sedap diketiak. Tapi ada sejumlah alasan mengapa kamu harus menghindari menggunakannya.

Alasan utamanya adalah bahwa deodoran tersebut mengandung senyawa berbasis aluminium, paraben dan wewangian kimia. Zat kimia ini dikhawatirkan bisa mendatangkan penyakit seperti kanker payudara dan Alzheimer. Meski belum ada penelitian bahwa zat tersebut membawa dampak buruk bagi tubuh kita, tak ada salahnya jika kita lebih berhati-hati.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan ketiak dan daerah disekitarnya adalah dengan membuat deodoran alami. Memang pemakaiannya tidak bisa menghentikan keringat, tapi bahan alami yang dipakai cukup ampuh melawan aroma tak sedap. Untuk mengetahui manfaat deodoran alami ini dan memastikan memang ampuh untuk mengatasi masalah ketiak dan aman dipakai, simak saja ulasannya! Inilah bahan dan cara membuat dedoran alami.

Kandungan bahan deodoran alami

Minyak kelapa
Di dalam minyak kelapa terdapat sifat antibakteri dan antijamur yang membantu membasmi bakteri penyebab bau. Hal ini juga yang memberikan tekstur lembut pada deodoran alami. Selain itu, minyak kelapa merupakan pelembab dan pewangi alami tanpa efek samping untuk ketiak. Bahkan, beberapa orang membuktikan minyak kelapa sebagai deodorant alami dan efektif. Jadi, minyak kelapa sangat tepat sebagai bahan deodoran alami.

Baking soda
Baking soda adalah bahan yang luar biasa untuk menyerap bau ketiak yang menyengat. Kandungannya akan membantu menetralisir pH dan bekerja sebagai fungisida untuk mencegah infeksi. Tak hanya itu, baking soda dapat membantu mencerahkan kulit ketiak. Atau bisa menggantinya dengan jeruk lemon atau jeruk nipis atau cuka sari apel.

Loading...

Shea butter
Dalam deodoran ini shea butter berperan sebagai pelembab alami yang mendukung minyak kelapa. Fungsinya adalah melindungi kulit ketiak agar tidak kering dalam kondisi apapun. Juga bisa mengatasi peradangan atau benjolan yang muncul sebagai akibat dari mencukur.

Lilin lebah
Bahan deodoran alami selanjutnya adalah lilin lebah. Lilin lebah membantu menjaga deodorant agar tetap mencair dan memberikan nuansa yang lebih kuat. Selain itu, juga baik dalam mengontrol keringat.

Maizena
Maizena mempunyai kemampuan untuk menyerap kelembaban pada ketiak. Sehingga sangat tepat dijadikan sebagai bahan deodoran alami.

Minyak esensial
Bahan alami yang memiliki efek penyembuhan sangat baik dan manfaat psikologis. Seperti, minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu melawan bakteri penyebab bau. Atau minyak lavender memiliki aroma menenangkan yang menanamkan rasa relaksasi dan kesejahteraan bagi tubuh. Tergantung kamu mau memilih yang mana.

Itu bahan deodoran alami yang mempunyai efek baik untuk menjaga ketiak dan daerah sekitarnya dari penyakit atau mikroba penyebab penyakit. Sekarang, marilah masuk ketahap pembuatannya!

Cara membuat deodorant alami

Bahan yang harus disiapkan :

  • 1/3 cangkir minyak kelapa
  • 3 sdm Lilin lebah, parut atau cairkan
  • 2 sdm shea butter
  • 1/3 cangkir Maizena
  • 1 sdm Baking soda
  • 10-15 tetes minyak essensial pilihanmu (minyak lavender, minyak pohon teh atau lainnya)
  • Tempat deodoran

Urutan proses pembuatan deodoran alami
Masukkan 3 sdm lilin lebah parut ke dalam panci, tambahkan 2sdm shea butter ke dalamnya. Campurkan 1/3 sdngkir minyak kelapa dan masaklah menggunakan api kecil sampai meleleh sepenuhnya. Setelah meleleh, biarkan dingin dan tambahkan 1sdm baking soda, lalu tambahkan 1/3 cangkir tepung jagung. Campur dan aduk sampai berbaur menjadi satu.

Kemudian, masukkan aroma minyak esensial favorit kamu sebanyak 10-15 tetes. Kamu bisa hanya menggunakan satu atau lebih minyak essensial. Tuang ramuan kedalamtempat deodoran atau cetakan silikon yang kamu siapkan. Biarkan hingga dingin selama beberapa jam, maka deodorant alami siap untuk digunakan.Mudahkan cara membuat deodoran alami?

baca juga : Hilangkan Noda Bekas Gatal yang Menghitam Dengan Bahan Alami

Gunakan deodorant ini setiap pagi untuk membuatmu segar sepanjang hari. Caranya, cukup oleskan langsung pada ketiakmu. Colek dengan ujung jarimu secukupnya lalu gosokkan lembut ke kulit ketiakmu. Biarkan kering selama 3- 4 menit sebelum menganakan pakaian. Gunakan secara teratur seperti deodoran yang kamu beli di pasaran.

Tips tambahan dalam menerapkan deodoran alami ke kulit ketiak
Untuk mencegah noda pada pakaian, sebaiknya tunggu 3-4 menit sebelum mengenakan pakaian.
Apabila kulit sensitif, kurangi saja jumlah baking soda setengahnya atau tidak memakainya sama sekali. Ganti saja dengan perasan lemon atau cuka sari apel.

Itulah cara membuat deodoran alami untuk mengatasi bau tak sedap dari ketiak dan mengatasi masalah lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top