Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Cara Mudah Mencegah Cacar Menyebar Cepat Paling Ampuh

Uncategorized

7 Cara Mudah Mencegah Cacar Menyebar Cepat Paling Ampuh

Cacar merupakan salah satu penyakit yang sangat umum di alami oleh orang Indonesia. Tidak hanya anak – anak, orang dewasa pun sangat mungkin ditulari oleh penyakit ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang gampang menular. Biasanya apabila terdapat satu orang yang terkena cacar, orang – orang disekitarnya yang tinggal satu rumah bisa kemungkinan besar juga terkena. Karena itulah sangat penting untuk mencari cara mencegah cacar menyebar cepat.

Cacar merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varriecella zooster dan merupakan penyakit kulit yang memiliki risiko tinggi. Masa inkubasi dari penyakit ini selama 14 hari hingga 21 hari yang akan datang.

Penularan penyakit cacar sering dikaitkan dengan kontak langsung dengan penderita. Terutama orang yang belum memiliki imunitas terhadap cacar akan sangat mudah tertular penyakit ini. Berikut ini merupakan beberapa cara mencegah cacar menyebar cepat.

Cara Mencegah Cacar Menyebar Cepat, Cara Mencegah Penyakit Cacar Menyebar Cepat, Cara Mencegah Gejala Cacar Menyebar Cepat

1. Pemberian vaksin

Salah satu cara mencegah cacar menyebar cepat yaitu dengan memberikan vaksin. Menurut penelitian yang di lakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC), vaksinasi sangat berguna untuk mengatasi penyebaran cacar. Meskipun 90% anak yang telah diberik vaksin masih bisa terinfeksi. Namun biasanya kondisi tubuhnya tidak separah orang lain yang tidak diberi vaksin.

2. Menjaga kebersihan

Cara lainnya yang dapat mencegah kamu dari terserang penyakit cacar yaitu dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan virus akan bersarang di tempat yang kotor. Kamu harus selalu menjaga kebersihan setiap saat seperti mengganti baju – baju yang kotor, sprei dan selimut yang kotor, dan lain sebagainya. Dengan hidup bersih seperti ini akan membuatmu terhindar dari risiko penyakit cacar air.

3. Jangan sampai terkena melalui udara

Risiko paling tinggi dalam penyebaran penyakit cacar yaitu melalui udara. Hal ini dikarenakan udara sangat kasat mata sehingga sangat susah untuk dihindari. Penyebaran virus melalui udara biasanya dimulai dari keadaan penderita yang bersin dan batuk. Padahal bersin dan batuk ini sebenarnya penderita sedang mengeluarkan bakteri dan kuman yang ada dalam tubuhnya sehingga pada saat orang lain menghirup udara di dekatnya akan mudah terjangkit cacar juga.

Loading...

4. Jangan sampai terkena air liur penderita

Langkah ke empat untuk mencegah penularan penyakit cacar yaitu menghindari cairan yang berasal dari tubuh penderita termasuk air liurnya. Misalnya bekas iler, bekas sedotan atau peralatan makanan yang telah digunakan. Virus penyebab penyakit cacar akan mudah menular dan menginfeksi melalui benda – benda tersebut.

5. Jangan menyentuh bagian yang terkena cacar

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan yakni tidak menyentuh bagian tubuh orang lain yang terinfeksi cacar. Apabila cairan cacar mengenai tubuh kamu, maka hal inilah yang menimbulkan cacar menular. Maka dari itu agar tidak tertular cacar air, sebaiknya jauhkan diri agar tidak terkena cairan cacar atau baju kotor yang digunakan penderita.

6. Pola hidup sehat

Memang sudah sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga pola hidup sehat setiap harinya. kesehatan seseorang sering kali di tentukan oleh makanan yang dikonsumsi dan pola hidup sehari – harinya. oleh sebab itu agar terhindar dari penyakit cacar untuk mendapatkan nutrisi yang cukup seperti mengonsumsi buah – buahan dan sayuran setiap harinya.

7. Istirahat yang cukup

Sangat penting pula untuk mengatur diri agar mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Bekerja yang terlalu keras, bermain terlalu lama serta kegiatan lainnya yang membuat tubuh merasa cepat kelelahan sangat tidak baik bagi kesehatan. Kebiasaan semacam ini justru akan mengurangi sistem daya tahan tubuh sehingga sangat mudah untuk terjangkit cacar air. Oleh sebab itu lakukan jadwal istirahat yang efektif serta tidak berlebihan dalam melakukan aktivitas.

Baca Juga 8 Cara Melakukan Pencegahan Artiritis secara Tepat

Itulah beberapa cara mencegah cacar menyebar cepat dengan cara alami. Pola hidup sehat seperti berolahraga makan – makanan bergizi, serta istirahat yang cukup merupakan modal yang penting agar tubuh tidak terserang penyakit. Biasakan menjaga pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar dan vit serta tidak mudah tertular penyakit termasuk cacar air.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top