Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Cara Ampuh Mencegah Kurap pada Kepala

Uncategorized

7 Cara Ampuh Mencegah Kurap pada Kepala

Kurap adalah penyakit kulit yang dapat menular dan diakibatkan oleh jamur. Datangnya kurap tentu akan mengganggu penampilan. Terlebih kurap juga menjadikan kulit terasa gatal dan rentan menyebabkan kerusakan pada kulit. Kurap bisa menyerang bagian tubuh mana saja termasuk di kepala. Dengan demikian perlu untuk mengetahui cara mencegah kurap di kepala.

Kurap dapat timbul karena kontak langsung pada seseorang yang menderirta kurap atau pada hewan yang sering terkana  penyakit ini, seperti anjing ataupun kucing. Bahkan mandi di kolam renang umum juga dapat mengakibatkan Anda terserang kurap.  Dengan banyaknya faktor yang mengakibatkan Anda rentan terkena kurap ada baiknya memahami  cara mencegah kurap. Berikut adalah cara mencegah kurap di kepala .

Cara Mencegah Kurap di Kepala, Cara Ampuh Mencegah Kurap di Kepala, Cara Tradisional Mencegah Kurap di Kepala

1. Belerang

Cara mencegah kurap di kepala yang pertama dengan menggunakan belerang. Belerang merupakan mineral alami yang umumnya dapat dengan mudah dijumpai di daerah pegunungan. Belerang mempunyai ciri berwarna kuning dan memiliki aroma yang sangat kuat.

Berbagai produk perawatan kulit lazim mengandung unsur belerang di dalamnya. Kandungan mineral yang tinggi pada belerang dapat menghancurkan jamur dan bakteri penyebab penyait kulit. Sehingga, produk dengan bahan belereng dapat menjadi pilihan guna mencegah dan mengatasi kurap dikepala.

2. Daun tembakau

Dengan nama latin Nicotiana tobacco,  daun tembakau  dikenal luas sebagai bahan utama pada rokok. Tanaman yang memiliki ciri berdaun lebar ini sering dikatakan sebagai tanaman yang merugikan bagi kesehatan, terutama bila dikaitkan dengan rokok. Namun siapa sangka, daun tembakau justru memiliki manfaat untuk pencegahan berbagai penyakit, termasuk penyakit kurap.

Pada penyakit kurap tidak jarang mengakibatkan kerusakan kulit dan menimbulkan luka akibat seringnya digaruk. Khasiat pada daun tembakau bagus untuk penyembuhan luka dan membantu proses pembentukan kulit baru.

Loading...

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa terbukti efektif untuk mengatasi kurap di kepala. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa bersifat anti bakteri dan anti jamur. Sehingga ampuh untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kuliit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur seperti panu, kadas dan kurap. Caranya cukup oleskan minyak kelapa pada bagain kulit yang bermasalah untuk memperoleh manfaat dari minyak kelapa.

4. Lengkuas

Lengkuas merupakan bumbu dapur yang dapat Anda jadikan alternatif pertama bila terjadi kurap di kepala. Selain mudah didapat serta harga yang murah, lengkuas terbukti manjur  sebagai cara mencegah kurap di kepala.

Rimpang pada lengkuas atau laos memiliki sifat anti-jamur yang dapat membunuh dan menghambat tumbuhnya jamur penyebab kurap. Tempelkan potongan lengkuas pada bagian kulit yang berkurap atau juga dapat menumbuk dahulu potongan lengkuas sebelum diaplikasikan pada kulit.

5. Lidah buaya

Dengan nama latin Aloe vera, tanaman lidah buaya sudah sangat dikenal sebagi obat penyubur rambut. Tanaman ini dapat tumbuh subur meski pada kondisi tanah yang kering. Dewasa ini lidah buaya banyak dijadikan sebagai bahan baku kosmetik maupun perawatan kulit lainnya.

Lidah buaya memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit karena bersifat anti-inflamasi, anti-jamur dan anti-bakteri. Untuk itu lidah buaya ampuh membunuh dan mencegah adanya bakteri dan jamur penyebab kurap di kepala.

6. Bawang putih

Seperti halnya lengkuas, bawang putih merupakan bumbu masak yang lazim digunakan. Selain digunakan sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan pencegah kurap di kepala.

Bawang putih memiliki kandungan anti-fungi atau anti-alergen yang efektif untuk mengatasi jamur penyebab kurap pada kepala. Tumbuk bawang putih hingga halus lalu aplikasikan pada kulit yang terdapat kurap. Tunggu 15 sampai 30 menit sebelum bilas menggunakan air bersih. Lakuakan secara rutin hingga kurap pada kepala sembuh.

7. Daun jinten

Daun jinten juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan kurap di kepala. Daun jinten memiliki nama ilmiah Plectranthus amboinicus l. merupakan tumbuhan yang berasal dari tanah Afrika. Daun ini cukup efektif untuk mengatasi kurap karena dapat menyembuhkan luka atau borok pada kulit.

Baca Juga 9 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Selain mengetahui cara mencegah kurap di kepala, ada baiknya Anda lebih memperhatikan kebersihan badan. Jangan menggunakan handuk bersama-sama, jangan menggunakan baju bekas orang lain juga merupakan tindakan untuk mencegah timbulnya kurap. Perhatikan kebersihan diri untuk terhindar dari kurap dan penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top