Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

28 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Maag dengan Ampuh

Uncategorized

28 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Maag dengan Ampuh

Sakit maag merupakan jenis penyakit yang sering kali diidentikkan timbul karena pola makan yang yang tidak teratur. Faktanya, terdapat banyak faktor yang menimbulkan penyakit maag pada seseorang, misalnya adanya penyakit psikologi yakni cemas ataupun stress. Penyakit maag sebenarnya terjadi akibat peradangan lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Meski sering kali digolongkan sebagai penyakit ringan, penyakit maag bisa memicu kondisi yang lebih buruk. Demi menghindari bahaya kesehatan lainnya ada baiknya untuk mengetahui cara mencegah penyakit maag.

Ada banyak cara untuk mencegah penyakit ini, seperti menjaga pola makan seimbang, menjaga berat badan tetap ideal dan makan secara teratur. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah ulasan beberapa cara mencegah penyakit maag.

Cara Mencegah Penyakit Maag, Cara Mencegah Penyakit Maag dengan Ampuh, Cara Mudah Mencegah Penyakit Maag

1. Hindari rokok

Cara mencegah penyakit maag yang pertama adalah menghindari rokok. Rokok mengandung banyak zat  yang sangat berbahaya untuk kesehatan, salah satu bahaya yang ditimbulkan adalah meningkatkan produksi asam lambung yang dapat memicu timbulnya penyakit maag. Rokok merupakan salah satu penyebab produksi asam dan gas menjadi berlebihan dalam lambung.

2. Minum air putih dengan teratur

Air putih bisa dikatakan sebagai obat yang mujarab untuk mencegah berbagai timbulnya penyakit, salah satunya adalah penyakit maag. Air putih dapat menetralkan adanya racun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih, bakteri penyebab maag dapat dinetralkan bersama terbuangnya air seni.

3. Konsumsi madu

Seperti halnya air putih, madu juga obat yang ampuh mencegah berbagai penyakit. Kandungan pada madu dapat melindungi lambung dan saluran cerna dari bakteri yang berbahaya. Sifat madu yang mudah dicerna dan dapat mengobati luka pada usus menjadikan madu sebagai obat herbal yang baik dikonsumsi untuk mencegah datangnya penyakit maag.

4. Hindari makanan yang mengandung gas

Gas yang berlebih pada lambung dapat mengakibatkan timbulnya penyakit maag. Selain dari adanya udara yang masuk melalui rongga mulut. Gas juga dapat dihasikan dari makanan yang kita konsumsi. Untuk itu hindari jenis atau bahan makanan yang memicu gas berlebih pada lambung seperti kol, durian, nangka, dll.

Loading...

5. Kunyah makanan hingga halus

Makan secara cepat ternyata juga menjadi pemicu penyakit maag. Dengan memakan makanan secara cepat, berarti Anda belum sepenuhnya mengunyah makanan hingga hancur ataupun lembut. Adanya makanan yang masih kasar dalam lambung akan menyebabkan lambung bekerja lebih ekstra. Hal inilah yang akhirnya memicu adanya penyakit maag.

6. Bawang putih

Membanyangkan mengkonsumsi bawang putih secara langsung memang tidak menyenangkan, ditambah dengan aromanya yang menyengat. Konsumsi bawang putih dapat kita lakukan dengan mencapur pada bahan makan lain sehingga kandungan pada bawang putih tetap dapat terserap tubuh.

7. Konsumsi cokelat berlebih

Konsumsi cokelat merupakan hal biasa untuk kita. Kandungan cokelat hampir selalu ada untuk setiap bahan makanan ataupun minuman. Zat pada cokelat dipercaya membuat mood pada diri seseorang menjadi lebih baik. Namun, mengkonsumsi coklelat berlebih ternyata dapat menyebabkan penyakit maag. Hal ini disebabkan oleh kandungan kakao dan  kafein dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, kandungan lemak yang tinggi  pada dapat berpengaruh pada produksi asam lambung.

8. Memperhatikan pola makan

Pola makan yang tidak teratur serta porsi makan yang tidak terukur dapat menjadi pemicu adanya penyakit maag. Menunda jam makan untuk menyelesaikan pekerjaan mungkin hal yang sering kali kita lakukan dan akan berakhir dengan menambah porsi makanann yang kita konsumsi. Pola makan seperti ini tanpa kita sadari akan menjadikan kerja lambung menjadi lebih keras dan mengakibatkan adanya peradangan pada dinding lambung.

9. Lidah buaya

Biasanya kita mengenal lidah buaya sebagai obat herbal penyubur rambut ataupun penyembuh luka bakar. Namun, siapa sangka kandungan zat pada lendir lidah buaya ternyata cukup efektif untuk menetralisasi bakteri pada lambung sehingga dapat mencegah penyakit maag.

10. Pisang raja

Pisang adalah buah dengan daging yang halus. Tidak heran bila buah pisang sangat baik untuk pencernaan. Daging buah yang lembut menjadikan pisang mudah tercerna di dalam lambung sehingga lambung tidak harus bekerja ekstra. Ditambah lagi pisang raja mempunyai kandungan pektin yang baik dalam melindungi selaput lendir dalam lambung secara alami.

Selain kesepuluh hal diatas ada beberapa cara lainnya yang dapat Anda terapkan untuk mencegah penyakit maag.

Baca Juga 18 Cara Alami Menghilangkan Spider Vein dengan Ampuh dan Mudah

18 Cara Mencegah Penyakit Maag Lainnya :

11. Konsumsi susu kedelai
12. Hindari makan berminyak dan berlemak
13. Konsumsi makanan lembut
14. Hindari stress
15. Konsumsi kacang hijau
16. Kunyit
17. Temulawak
18. Konsumsi susu kambing
19. Labu kuning
20. Kunyah permen karet
21. Hindari makanan atau minuman yang terlalu asam
22. Hindari minuman berkafein, berkarbonasi dan beralkohol
23. Kurangi makanan pedas dan bersantan
24. Membiasakan posisi baik saat makan
25. Hindari aspirin
26. Konsumsi alpukat
27. Istirahat cukup
28. Konstipasi

Walupun sering kali maag tidak dianggap penyakit yang serius namun apabila dibiarkan terus menerus tanpa adanya pengobatan penyakit ini akan bisa menjadi lebih buruk dan mengganggu Anda dalam beraktivitas. Beberapa cara mencegah penyakit maag di atas dapat kita lakukan sebagai pencegahan dini terhadap bahaya penyakit lainnya yang mungkin dapat timbul. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top