Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Cara Efektif Mencegah Xerostomia atau Mulut Kering

Uncategorized

12 Cara Efektif Mencegah Xerostomia atau Mulut Kering

Xerostomia atau mulut kering ini memang sering dialami oleh orang-orang yang sudah dewasa atau berusia sekitar 20 tahun ke atas. Namun juga tidak jarang orang yang berusia lanjut atau sekitar 60 sampai 80 tahun juga menderita xerostomia. Hal ini memang bukan merupakan masalah yang begitu serius dan tidak berbahaya.

Namun, xerostomia juga dapat terjadi secara berkepanjangan dan xerostomia nantinya juga dapat berpotensi menjadi salah satu penyebab dari berbagai penyakit kronis. Maka dari itu, anda harus mencegah xerostomia mulai dari sekarang. Bagaimanakah cara mencegah Xerostomia? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Mencegah Xerostomia, Tips Cara Mencegah Xerostomia,Cara Mencegah Penyakit Xerostomia

1. Perbanyak minum air putih

Jika anda penderita xerostomia, berarti anda harus sering mengkonsumsi air putih. Karena pada dasarnya xerostomia terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan membiasakan memperbanyak minum air putih ini maka anda dapat sembuh ataupun terhindar dari xerostomia, selain itu kekurangan minum air putih dapat berakibat buruk bagi kesegaran khususnya kesehatan mulut.

2. Hindari kebiasaan merokok

Selain berbahaya bagi kesehatan organ paru-paru dan jantung, merokok ini juga dapat berbahaya bagi kesehatan mulut dan tenggorokan. Karena pada dasarnya asap rokok masuk ke tubuh melalui perantara yaitu mulut. Berbagai kandungan yang dimiliki rokok akan dapat menyebabkan xerostomia, bahkan dapat sangat berbahaya bagi mulut, karena perokok dapat beresiko terkena kanker mulut.

3. Konsumsi makanan atau minuman asam

Selain menghindari merokok, anda dapat mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa asam untuk dapat membantu mencegah xerostomia atau mulut kering ini. Misal saja, anda dapat mengkonsumsi permen yang memiliki rasa asam maupun mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki rasa asam. Buah yang memiliki rasa asam antara lain, jeruk, jeruk nipis, asam, dan lain sebagainya.

4. Hindari obat kumur yang mengandung Peroksida dan Alkohol

Memang obat kumur berfungsi umtuk menyegarkan mulut, namun anda juga harus memperhatikan obat kumur apa yang baik untuk digunakan. Pastikan anda tidak menggunakan obat kumur yang mengandung peroksida dan alkohol karena kandungan tersebut dapat memicu xerostomia atau kekeringan pada mulut. Pilihlah obat kumur yang mengandung fluoride dan xylitol.

Loading...

5. Gunakan pasta gigi yang tepat

Selain obat kumur, anda juga harus pintar-pintar memilih pasta gigi yang tepat. Anda harus menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi senantiasa terlindungi dari ancaman kuman dari sisa-sisa makanan. Agar mulut tidak mudah kering anda juga harus menghindari pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate.

6. Mengunyah permen karet

Jika anda merasa produksi air liur di dalam mulut anda tidak banyak, maka anda dapat mengunyah permen karet untuk memperbanyak produksi air liur yang akan membantu mencegah xerostomia atau mulut kering. Agar tidak malah merusak gigi, anda harus memilih permen karet yang tidak mengandung banyak gula atau sugarless gum.

7. Hindari mengkonsumsi makanan tertentu

Agar anda tidak mengalami xerostomia atau mulut kering, anda juga harus menghindari mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Ada beberapa jenis maknanan yang memang dapat menyebabkan mulut kering atau xeroxtomia. Beberapa makanan yang menyebabkan mulut kering antara lain, Makanan dengan sodium tinggi (Seperti gorengan, makanan kalengan, makanan instan, dan makanan beku), dan minuman yang mengandung kafein tinggi.

8. Hindari bernafas dengan mulut

Salah satu penyebab mulut kering adalah bernafas melalui mulut. Lebih baik anda bernafas menggunakan hidung, karena sirkulasi udara yang terjadi di hidung lebih baik. Jika anda bernafas melalui mulut, pertukaran udara yang terjadi di bagian mulut akan dapat menyebabkan xerostomia atau mulut kering. Maka dari itu, hindari bernafas menggunakan mulut jika memang tidak perlu.

9. Hindari dan atasi kebiasaan mengorok

Selain harus menghindari bernafas denan mulut, anda juga harus menghidari kebiasaan buruk mengorok. Karena pada dasarnya mengorok ini hampir sama dengan bernafas dengan mulut, tapi jika mengorok ini dilakukan pada saat tidur. Dengan mengorok maka anda akan bernafas dengan mulut, sehingga saat bangun tidur mulut anda akan terasa kering.

10. Check up ke dokter

Jika memang anda merasa mulut kering atau xerostomia ini sangat menganggu anda, ataupun anda khawatir ada beberapa hal lain yang salah pada tubuh anda yang nantinya dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain, maka anda harus chek up ke dokter. Karena dengan check up ke dokter, maka dokter akan dapat membantu anda mengatasi xerostomia atau mulut kering. Karena dokter lebih tahu solusi apa yang harus anda lakukan.

Baca Juga 16 Kebiasaan Penyebab Diabetes yang Jarang diketahui

Selain 10 cara mencegah xerostomia tadi, ada lagi 2 cara mencegah xerostomia yang harus anda ketahui, antara lain:

11. Menjaga kebersihan mulut
12. Hindari banyak mengkonsumsi kopi

Diatas itulah 12 cara mencegah xerostomia. Pada dasarnya xerostomia memang tidak berbahaya, namun siapa tahu hal tersebut dapat sangat menganggu anda, ataupun dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top