Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Mengatasi Kapalan Secara Medis

Uncategorized

Cara Mengatasi Kapalan Secara Medis

Cara mengatasi kapalan di kaki memang tidak mudah, karena setiap hari kaki sering bergesekan dengan benda keras. Mulai dari penggunaan sepatu, sandal, duduk atau untuk hal lainnya. Kapalan atau callus ini tidak bisa membuat kita nyaman, terkadang rasa nyeri yang ditimbulkan bisa mengganggu saat berjalan.

Kapalan ini sebetulnya merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi kulit yang sering tergesek atau mengalami tekanan. Umumnya kulit yang kapalan berwarna kekuningan atau coklat dan tebal. Kondisi kapalan ini membuat kulit kurang peka atau sensitif terhadap sentuhan. Model atau ukuran sepatu mungkin bisa menjadi penyebab kapalan di kaki.

Sedangkan penyebab kapalan ditangan adalah karena bermain gitar, sering memegang raket atau pemukul dan melakukan pekerjaan kasar. Untuk mengetahui kebenaran bahwa kulitmu mengalami kapalan atau tidak, kamu harus tahu gejala kapalan.

Gejala kapalan

  • Inilah gejala kapalan yang bisa kamu gunakan untuk memastikan kulitmu apakah terkena kapalan atau tidak!
  • Terdapat bagian kulit yang terasa kasar dan menebal, terutama diarea yang sering mengalami gesekan atau tekanan.
  • Gejala kapalan yang kedua yakni terasa sedikit nyeri atau sakit ketika disentuh pada derah kulit tersebut.
  • Benjolan itu mengeras.
  • Tekstur kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Itu beberapa gejala kapalan, sehingga kamu bisa membedakannya dengan gangguan kulit lainnya, seperti mata ikan atau kutil. Kapalan sangat jarang menimbulkan rasa sakit atau nyeri dan kondisi ini mempunyai ukuran serta bentuk yang berbeda-beda.

Untuk penderita diabetes atau seseorang yang mengalami peredaran darah buruk, alangkah baiknya konsultasi ke dokter, sebelum mengobati kapalan. Sebab, cedera sekecil apapun dapat menyebabkan infeksi yang berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan.

Loading...

Kapalan dapat muncul kapan saja, berat badan berlebihan, usia bahkan suatu penyakit bisa menjadi penyebab kapalan. Berat badan yang berlebihan menekan sebagian area kulit, maka mengakibatkan kulit itu menebal untuk melindungi jaringan kulit di bawahnya. Jadi, semua kegiatan atau aktivitas yang membuat tekanan berulang kali dapat menyebabkan kapalan.

Sedangkan orang lanjut usia mempunyai jaringan kulit yang berkurang, memungkinkan terbentuknya kapalan di area kulitnya. Kapalan juga bisa terjadi karena kelainan bentuk tulang.

Apabila kamu tidak yakin tentang penyebab kapalan ini, konsultasikan saja kepala dokter. Mungkin saja sebagai tanda kondisi serius yang kamu alami. Tapi, kalau menurutmu kapalan ini biasa saja dan tidak merasakan reaksi yang berlebihan, atasi saja dengan cara ini!

Cara mengatasi kapalan dengan peralatan medis

Langkah terbaik untuk mengobati kapalan adalah dengan menghindari penyebab kapalan itu. Beginilah cara menghilangkan kapalan :

Pemotongan kulit yang mengeras
Jika kamu memang merasa sangat tidak nyaman dengan kondisi kulitmu itu dan takut dengan pengobatan sendiri. Cara mengatasi kapalan baik untukmu adalah pergi ke dokter untuk memeriksakan kulit yang kapalan tersebut. Kemudian dokter akan melakukan penanganan, bisa saja dengan pemotongan kulit yang keras.

Dokter ahli kulit akan memotong area kapalan yang tebal supaya menurunkan tekanan terhadap jaringan di bawah kulit. Pemotongan ini bertujuan mengembalikan tekstur kulitmu yang lembut.

Menggunakan plester anti kapalan
Cara mengobati kapalan selanjutnya dengan menggunakan plester anti kapalan. Kalau kamu takut dengan pemotongan tersebut, dokter masih punya cara lain untuk mengatasi kapalan ini. Mungkin dokter akan memberikan plester yang mengandung asam salisilat untuk ditempelkan ke kulit yang kapalan. Dokter nantinya juga menentukan berapa kali penggunaan dan penggantian plester yang tepat.

Dengan larutan callusol
Kamu bisa mendapatkan larutan callusol atau asam salisilat di apotek atau toko obat terdekat. Cara ini cukup efektif mengatasi kapalan sehingga menjadikan kulit halus dan lembut seperti semula. Ingat, terapkan larutan asam salisilat pada kulit yang kapalan saja jangan area kulit lainnya. karena bisa menimbulkan sensasi terbakar atau panas.

Caranya, siapkan kapas dan larutan asam salisilat. Cuci area kulit yang kapalan menggunakan sabun sampai bersih dan keringkan dengan handuk. Tuangkan larutan tersebut pada kapas atau kasa yang kamu siapkan. Tempelkan ke kulit yang kapalan dan tutup dengan plester atau perekat dan biarkan. Ganti kapas setiap pagi dan sore, lakukan secara rutin sampai kapalan mengelupas.

Salep antibiotik
Selanjutnya dokter mungkin saja memberikan salep atau obat antibiotik untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi. Khususnya untuk mereka yang mengalami diabetes atau sirkulasi darah yang buruk.

baca juga : Cara Mudah Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Tangan

Penggunaan alas sepatu khusus
Jika memang kakimu yang mengalami kapalan atau mempunyai kelainan bentu kaki. Cara mengatasi kapalan yang kamu butuhkan adalah dengan menggunakan alas sepatu khusus. Dokter akan menyarankan alas kaki yang dirancang khusus untuk dimasukkan ke dalam sepatu. Dengan begitu, kaki dapat terhindar dari gesekan atau tekanan yang menimbulkan kapalan.

Operasi
Cara mengobati kapalan menggunakan metode operasi sangat jarang dipilih. Tapi, jika memang untuk memperbaiki struktur tulang yang menjadi penyebab kapalan, maka dokter bisa saja menyarankan operasi.

Selain mengetahui cara mengatasi kapalan yang baik dan benar, kamu perlu tahu juga bagaiamana menurunkan resiko terhadap kapalan. Pastikan kamu mengeringkan kaki dan oleskan krim pelembab kaki setelah menuci kaki. Dianjurkan untuk memilih sepatu yang nyaman untuk kaki kamua baik bentuk maupun ukurannya. Bagi kamu yang sering melakukan kegiatan dengan tangan, jangan lupa kenakan sarung tangan.

Itulah cara mengobati kapalan yang ampuh dan bisa mengembalikan struktur kulitmu seperti dulu lagi. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu dan orang sekitar. Jangan lupa dishare ya!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top