Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Ampuh Mengatasi Keringat Berlebih

Uncategorized

Cara Ampuh Mengatasi Keringat Berlebih

Cara mengatasi keringat berlebih bisa menggunakan cara medis dan cara alami. Berkeringat adalah suatu proses metabolisme ketika tubuh berusaha menyesuaikan suhu tubuh terhadap lingkungan dengan cara mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat. Keringat berlebih cenderung terjadi tanpa ada pemicu yang jelas, kondisi ini disebut hyperhidrosis dan bisa disebabkan karena penyakit tertentu.

Ada 2 jenis keringat berlebih (hyperhidrosis) yakni hyperhidrosis focal primer (keringat berlebih di bagian tertentu) dan secondary general hyperhidrosis (keringat berlebih di seluruh tubuh).  hyperhidrosis focal primer adalah seseorang mengalami keringan berlebih pada bagian tubuh tertentu, seperti pada wajah, kepala, telapak tangan, telapak kaki, lipatan paha atau hanya di ketiak saja. Penyebab keringat berlebih jenis ini adalah karena gangguan fungsi sistem syaraf, tapi bukan suatu penyakit.

Sedangkan secondary general hyperhidrosis merupakan keringat berlebih yang terjadi pada seluruh tubuh dan biasanya terjadi di malam hari. Kondisi ini bisa disebabkan karena masalah tiroid, menopouse, tuberkulosis, gagal jantung, stroke, kanker limfoma dan leukemia, diabetes, kehamilan, penyakit paru-paru dan penyakit lainnya. Pengobatan atau suplemen tertentu juga dapat menjadi penyebab munculnya keringat berlebih. Setelah mengetahui penyebabnya kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi keringat berlebih.

Beberapa gejala keringat berlebih yang harus diwaspadai

Sebelum membahas tentang cara mengatasi keringat berlebih, sebaiknya kamu ketahui dulu gejala keringat berlebih yang perlu diwaspadai. Sehingga, kamu bisa memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter. Adapun beberapa gejala keringat berlebih itu adalah :

  • Kadar keringat yang dikeluarkan tubuh semakin bertambah banyak.
  • Keringat berlebih muncul di malam hari, ketika terbangun kasur basah karena keringat dingin.
  • Kamu merasa jika keringat ini muncul pada satu sisi tubuh saja. Misalnya pada ketiak bagian kanan saja.
  • Yang mengalami keringat berlebih adalah seluruh tubuh, bukan bagian tertentu.
  • hyperhidrosis focal primer, umumnya terjadi di usia remaja dan dewasa. Tapi, jika lansia atau paruh baya mengalaminya dianjurkan untuk periksa ke dokter.
  • Jika keringat berlebih disertai dengan insomnia, rasa haus yang meningkat, kelelahan, batuk dan jumlah urin bertambah.
  • Muncul tanpa penyebab yang jelas dan dialami selama 6 bulan.

Apabila kamu mengalami beberapa gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan mencari tahu tentang penyebab keringat berlebih dengan melakukan beberapa tes.

Cara mengatasi keringat berlebih yang bukan penyakit

Perhatikan asupan makanan
Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan produksi keringat pada tubuh. Mungkin karena setelah makanan pedas atau panas dan mengandung garam. Mengkonsumsi makanan pedas akan menjadikan tubuh lebih panas, sehingga untuk mengantisipasinya kulit memproduksi lebih banyak keringat dari biasanya. Jadi, cara mengatasi keringat berlebih adalah hindari terlalu banyak konsumsi makanan pedas atau panas atau juga yang mengandung garam, terutama saat kamu sedang beraktivitas.

Loading...

Paparan sinar matahari langsung
Sinar matahari langsung bisa membuat tubuh panas dan mengeluarkan keringat. namun, bukan berarti kamu harus menghindarinya sepanjang hari, justru matahari pagi sangat baik terhadap kesehatan tubuh dan kulitmu.

baca juga : Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Dalam Beberapa Menit

Persiapkan dirimu
Cara mengatasi keringat berlebih selanjutnya yaitu dengan bawalah handuk kecil dan sediakan pada tasmu kemana saja. Sehingga, ketika kamu mengalami keringat berlebih maka, kamu mengeringkannya menggunakan handuk tersebut. Handuk ini sengat membantumu terlebih lagi di cuaca yang panas dan setelah melakukan aktivitas berat.

Selalu ingatlah untuk menggunakan deodoran yang mengandung anti-prespirant. Deodoran ini melindungimu dari keringat berlebih dan bau badan. Jangan lupa juga bawa baju ganti kemanapun pergi.

Dinginkan tubuhmu
Ketika kamu akan mengeluarkan keringat, segera lakukan tindakan pencegahan dengan mandi atau menenangkan diri. Mencegah munculnya keringat berlebih bisa sengat efektif dilakukan. Kamu dapat mendengarkan musik santai dan mengkonsumsi coklat favorit untuk menenangkan diri. Selain itu, beberapa gerakan yoga juga bisa membantu mengurangi stres dan membuat tubuh rileks.

Mandi dan bersihkan tubuhmu selalu
Membersihkan tubuh memang sangat penting. Mandi bisa menghilangkan aroma tidak sedap karena keringat berlebih. Sebetulnya, keringat itu tidak berbau, karena terdiri dari campuran air, elektrolit dan garam. Tapi, jika tercampur dengan bakteri akan menimbulkan aroma tak sedap. Mandi setiap hari 2 kali sehari dengan menggunakan sabun anti-bakteri bisa mencegah penumpukan bakteri.

Itulah cara mengatasi keringat berlebih yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika memang kamu merasa ada keganjilan tentang munculnya keringat berlebih, bawa dirimu ke dokter.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top