Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Cara Mengatasi Kurang Tidur dengan Baik dan Aman

Uncategorized

13 Cara Mengatasi Kurang Tidur dengan Baik dan Aman

Tidur merupakan kebutuhan alamiah tubuh. Tubuh perlu beristirahat agar tidak merasa kelelahan dan menjamin tubuh tetap dalam kondisi yang prima. Kurang tidur akan menyebabkan kurangnya konsetrasi pada keesokan harinya. Untuk itu, perlu mengetahui cara mengatasi kurang tidur untuk memastikan kebutuhan tubuh terpenuhi.

Banyak cara untuk mengatasi kurang tidur pada seseorang. Cara tersebut dapat berupa tindakan yang menjadikan seseorang lebih cepat terlelap atau juga bisa dalam bentuk memperhatikan asupan zat yang diserap dalam tubuh. Berikut adalah cara mengatasi kurang tidur.

Cara Mengatasi Kurang Tidur, Cara Mudah Mengatasi Kurang Tidur, Cara Mengatasi Kurang Tidur dengan Mudah

1. Merapikan tempat tidur

Cara mengatasi kurang tidur yang paling mudah adalah dengan merapikan tempat tidur. Tempat tidur yang berantakan akan mengganggu kenyamanan Anda saat tidur. Selain itu, keadaan kamar yang berantakan menjadikan Anda stres. Dengan merapikan tempat tidur, pikiran lebih positif dan membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

2. Memindahkan jam

Percaya atau tidak bunyi detik pada jarum jam akan membuat anda sulit untuk terlelap. Terlebih ketika keadaan sunyi pada malam hari bunyi detik jarum jam akan terdengar lebih keras. Hal ini dapat menjadi tekanan pada pikiran seseorang dan menjadikannya stres yang akhirnya berujung pada susah tidur.

3. Mematikan peralatan elektronik

Cara mengatasi tidur yang satu ini mungkin yang paling sulit untuk dilakukan. Kebanyakan dari Anda mungkin tidak bisa lepas dari peralatan elektonik seperti smartphone. Namun, yang perlu diketahui adalah menggunakan smartphone ketika hendak pergi tidur nyatanya akan mengganggu Anda untuk segera terlelap.

Mematikan peralatan elektronik merupakan hal yang cukup penting untuk membantu Anda segera tertidur. Bunyi pemberitahuan pada media sosial, sms masuk atau bahkan dering telepon masuk dapat menjadi pemicu Anda untuk akhirnya tetap terjaga.

Loading...

4. Mematikan lampu

Sebagian orang memang akan sulit tertidur dalam ruangan yang gelap. Sebagian beralasan karena takut, ada juga yang berasumsi sulit bernafas menjadikan seseorang akhirnya tidur dalam keadaan lampu yang masih menyala.

Lampu yang masih menyala sebenarnya menjadi salah satu penyebab susah tidur. Keadaan yang terang membuat retina mata akan terus bekerja walau mata dalam keadaan terpejam. Selain itu membiarkan lampu menyala saat tidur, membuat badan kadang terasa lelah saat bangun, karena cahaya yang masuk kemata akan terus direspon oleh otak dan membuat otak terus bekerja saat Anda tertidur.

5. Melakukan pergantian udara

Udara yang bersih di dalam kamar sangat penting dalam proses Anda untuk segera tertidur. Udara yang bersih akan membuat pikiran menjadi rileks dan sebaliknya udara kotor akan membuat suasana di dalam kamar terasa tidak nyaman dan membuat Anda sulit terlelap. Untuk itu, penting untuk melakukan pergantian udara setiap harinya untuk menjaga kenyamanan istirahat Anda.

6. Berusaha beraktivitas biasa

Ketika pekerjaan terlalu banyak biasanya jam istirahat Anda akan terkorbankan dan hasilnya Anda akan merasa kelelahan keesokan harinya. Usahakan untuk sedapat mungkin menahan kantuk dalam keadaan sepeti ini dan tidur tepat pada waktu jam tidur Anda biasanya. Berktivitas seperti biasa akan membatu Anda mengatasi masalah kurang tidur ini karena ketika Anda tertidur di jam tidur biasanya, Anda akan memperoleh waktu istirahat yang lebih berkualitas.

7. Tidur siang sejenak

Tidur siang memang dianjurkan untuk menjaga vitalitas tubuh. Tubuh yang bugar dapat menunjang kelancaran aktivitas harian Anda. Dengan melakukan tidur siang, aktivitas di sore hari sampai malam hari akan lebih optimal dikerjakan, kerena kondisi badan yang tidak kelelahan.  Tetapi satu hal yang perlu diingat bahwa Anda tidak perlu tidur siang terlalu lama, karena akan membuat Anda lebih lama terjaga di malam harinya.

8. Tidur lebih awal pada esok hari

Apabila Anda merasa kurang tidur karena terlalu banyak aktivitas yang harus dikerjakan cobalah untuk tidur lebih awal pada esok harinya, sebagai cara mengatasi kurang tidur. Dengan tidur  1 jam lebih awal dari pada waktu tidur Anda biasanya, akan membatu memenuhi jam tidur Anda sebelumnya dan menjadikan jam biologis Anda kembali normal.

9. Olah raga

Dengan berolah raga tubuh akan terasa segar dan Anda tidak cepat merasa lelah atau lesu karena kegiatan harian. Tubuh yang sehat akan membuat kualitas tidur Anda lebih baik, maka dari itu perlu dilakukan olah raga rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mengatasi Anda dari masalah kurang tidur.

10. Menghindari aktivitas yang menggunakan emosi dan pikiran

Stres menjadi pemici utama seseorang untuk tidak segera tertidur. Beban pikiran dan emosi yang tidak stabil membuat mata Anda terus terjaga atau bahkan bila tidurpun Anda akan tetap merasa kelelahan ketika bangun.

Singkirkan sejenak aktivitas yang melibatkan konsentrasi otak berlebih untuk dapat membatu Anda segera terlelap. Anda dapat mengalihkan pada aktivitas fisik  yang mebuat aliran darah menuju otak lancar sehingga Anda menjadi rileks dan memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Selain kesepuluh cara diatas, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh Anda. Zat tertentu akan dapat mengganggu seseorang untuk segera tidur. Berikut Adalah asupan zat yang harus Anda perhatikan untuk mengatasi masalah kurang tidur.

Baca Juga 8 Jenis Penyakit Asma yang Perlu anda Ketahui

3 Cara Mengatasi Kurang Tidur Lainnya:

11. Membatasi asupan kafein
12. Menghinghindari makanan berkarbonasi non–kompleks
14. Mengkonsumsi makanan dengan sifat pelancar sirkulasi darah

Demikian 13 cara mengatasi kurang tidur yang patut Anda coba. Dengan kebutuhan tidur yang cukup, maka kinerja Anda akan lebih baik. Lebih jauh lagi, memperhatikan kebutuhan badan untuk beristirahat juga salah satu cara untuk menjaga vitalitas tubuh dan menjauhkan anda dari berbagai macam penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top