Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Mengatasi Pusing Akibat Kurang Tidur

Uncategorized

Cara Mengatasi Pusing Akibat Kurang Tidur

Cara mengatasi pusing karena kurang tidur adalah secepatnya beranjak tidur. Tapi, waktu tidak memihak kita untuk melakukan hal tersebut. Apalagi saat jam kerja kita dihadapkan dengan pekerjaan yang mengharuskan untuk fokus. Lantas bagaimana cara cepat mengatasi sakit kepala ini?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kurang tidur, diantaranya stres banyak pikiran, badan tidak fit dan karena suatu aktivitas. Jika kita bisa menghidarinya, maka kualitas tidur akan menjadi lebih baik dan energi bisa terkumpul untuk berbagai kegiatan esok hari. Selain pusing, kurang tidur juga bisa mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme dan gangguan lainnya.

Jika terlanjur sakit kepala atau pusing, kamu harus segera mencari solusi tepat untuk menyembuhkannya sehingga dapat berkonsentrasi lagi. Kamu membutuhkan beberapa cara untuk membuat tubuh tetap bugar meski kurang tidur. Mau tahu apa saja yang kamu lakukan sebagai cara mengatasi pusing akibat kurang tidur? Simak ulasannya!

6 cara mengatasi pusing akibat kurang tidur dengan cepat

Kamu tak perlu khawatir lagi atau bingung lagi ketika pusing datang. Segeralah lakukan 3 langkah berikut ini!

Mandi menggunakan air hangat
Ketika tubuh mengalami lelah, air hangat akan memberikan ketenangan. Sensasinya akan membuat tubuh kembali segar dan menghilangkan rasa kantuk, pegal dan sakit kepala karena kurang tidur. Jika kamu masih memiliki banyak waktu, cobalah berendam sesaat didalam air hangat. Air hangat juga tidak akan mengegetkan tubuhmu saat menyentuh air.

Minum kopi
Menyeruput kopi di pagi hari merupakan cara mengatasi pusing atau sakit kepala yang tepat. Setelah mandi air hangat, buatlah secangkir kopi kesukaan dan rasakan kenikmatannya. Jangan lupa juga untuk sarapan karena asupan makanan berperan dalam pembentukan energi bagi tubuh.

Loading...

Sarapanlah dengan menu yang sehat seperti nasi, sayur, buah dan telur. Makanan tersebut mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Mengkonsumsi air putih di pagi hari
Untuk menjaga tubuh agar tidak kehilangan cairan, maka penuhilah kebutuhannya akan air putih. Sebab, kekurangan air putih dapat menyebabkan otak tidak berfungsi dengan baik. Kalau otak tidak bekerja maka, konsentrasi sulit didapat. Jadi, cara terbaik mengatasi pusing akibat kurang tidur adalah dengan mengkonsumsi air putih di pagi hari setidaknya 2 gelas.

Konsumsi yoghurt
Pusing atau sakit kepala merupakan tanda yang ditunjukkan oleh tubuh karena kekurangan kalsium. Otak membutuhkan kalsium untuk bekerja dengan efektif dan efisien. Nah, untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium ini kamu bisa minum yoghurt atau menggantinya dengan susu.

baca juga : Jenis Obat Sakit Kepala Sesuai Gejala yang Dirasakan

Konsumsi daun basil yang dicampur dengan susu
Daun basil atau yang sering kita sebut dengan daun selasih ini terbukti ampuh mengatasi sakit kepala. Caranya, ambil empat daun basil lalu campurkan ke dalam susu. Aduk dan diamkan selama sepuluh menit, kemudian minum. Untuk tidur lebih nyenyak kamu bisa mengkonsumsinya di malam hari sebelum tidur.

Lakukan peregangan
Selain dengan mengkonsumsi makanan atau minuman kamu bisa menyembuhkan sakit kepala dan mengembalikan konsentrasi dengan peregangan. Lakukan peregangan di sekitar kepala dan leher untuk merangsang aliran darah agar lancar. Putar kepala ke kanan dan kekiiri secara bergantian. Lalu, geleng-gelengkan kepala ke kanan dan kekiri juga. Jika peredaran darah lancar, tentu sakit kepala bisa hilang dalam sekejap.

Itulah cara mengatasi sakit kepala akibat kurang tidur yang bisa kemu terapkan saat mengalaminya. Jangan khawatir lagi, apabila kamu sering mengalami pusing tanpa sebab, secepatnya hubungi dokter.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top