Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Atasi Tenggorokan Gatal dengan Cara Ini

Uncategorized

Atasi Tenggorokan Gatal dengan Cara Ini

Saat tenggorokan gatal, pasti rasanya tidak nyaman, mau ngomong susah yang muncul malah ingin terbatuk-batuk. Banyak hal yang menyebabkan tenggorokan gatal, diantaranya karena alergi terhadap cuaca dan flu. Dalam mengatasi tenggorokan yang seperti ini kamu bisa menggunakan obat-obatan medis ataupun bahan alami.

Tak hanya karena flu atau cuaca saja, tenggorokan gatal juga bisa sebagai gejala kondisi yang serius, seperti radang amandel atau tonsilitis, infeksi streptococcus bahkan infeksi virus ebola. Jangan khawatir dulu, karena biasanya rasa gatal atau sakit tenggorokan diakibatkan oleh infeksi virus yang mudah ditangani.

Untuk meredakan tenggorokan gatal seperti ini membutuhkan waktu selama 5-7 hari. tenggorokan akan kembali sehat dan tidak menggangu aktivitasmu lagi. Apabila kamu ingin menghindari tenggorokan gatal atau jika sudah terlanjur mengalaminya, lakukanlah langkah-langkah perawatan tenggorokan gatal menggunakan cara-cara ini!

Cara mengatasi dan meredakan tenggorokan gatal

Jangan biarkan gatal pada tenggorokan mengganggu kegiatanmu, apalagi jika kamu menjadi pembicara. Oleh karena itu, segeralah melakukan cara yang tepat untuk meredakan tenggorokan gatal. Berikut ini langkah-lengkah yang bisa kamu lakukan!

Cara mengatasi tenggorokan gatal dengan memelihara suara
Tenggorokan yang gatal bisa sebagai akibat terlalu berat atau sering menggunakan suara. Bernyanyi, berbicara atau terlalu keras dalam berteriak yang dilakukan terus-menerus dapat menjadi penyebab tenggorokan gatal. Perawatan tenggorokan gatal yang tepat adalah saat sakit tenggorokan gatal, usahakan untuk tidak bernyanyi, berbicara atau berteriak keras selama 1 sampai 2 jam setiap hari.

Jika kamu memang terpaksa harus berbicara atau bernyanyi karena tuntutan pekerajaanmu, pastikan kamu rajin mengkonsumsi air putih. Air putih berguna untuk melumasi tenggorokan agar tidak kering dan memperparah kondisinya.

Loading...

Meredakan tenggorokan gatal dengan menghentikan kebiasaan buruk
Salah satu cara mengatasi tenggorokan gatal yakni dengan menghentikan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk ini berupa, terlalu sering minum soda, teh, kopi dapat mengakibatkan dehidrasi yang menimbulkan rasa gatal di tenggorokan. Tak hanya itu, obat antidepresan dan narkoba juga bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal yang dapat mengiritasi tenggorokan.

Apabila kamu perokok, hentikan dulu karena sifat rokok adalah mengeringkan tenggorokan. Selama masih mengalami tenggorokan gatal, sebaiknya segera hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Mengatasi tenggorokan gatal dengan menghindari benda-benda alergen
Mungkin tenggorokan gatal disebabkan oleh alergi, entah itu tanaman maupun makanan. Jika memang kamu mempunyai alergi yang bisa membuat tenggorokan gatal, usahakan untuk menghindari penyebabnya. Cara mengatasi tenggorokan gatal yang kamu perlukan adalah dengan menjaga asupan makanan dan konsultasikan dengan dokter untuk memastikan pemicu alergi.

Dengan begitu, kamu akan diberi tahu beberapa hal yang membuatmu alergi untuk dihindari. Kalau alergi itu kambuh, mungkin kamu akan diberikan tablet antihistamin untuk meredakan alergi.

Cara mengatasi tenggorokan gatal dengan obat-obatan
Cara selajutnya untuk meredakan tenggorokan gatal adalah dengan konsumsi obat-obatan. Bisa dengan antibiotik atau obat yang diresepkan oleh dokter sebelumnya. Hati-hati dalam penggunaan antibiotik harus sesuai anjuran dokter.

Cara meredakan tenggorokan gatal menggunakan permen
Permen yang dimaksud adalah permen pelega tenggorokan bukan permen sembarangan ya! Saat kamu menghisap permen pelega tenggorokan, membuat tenggorokan basah dan bisa mengurangi rasa gatal. Permen ini mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokanmu. Sehingga, kamu bisa sedikit lega dari rasa gatal yang menggelitik.

Meredakan tenggorokan menggunakan dekongestan
Ketika hidung tersumbat, kamu sulit bernapas dan cenderung bernapas melalui mulut. Hal itu akan membuat tenggorokan kering. Nah, tenggorokan yang kering bersama dengan adanya lendir yang berlebihan di balakang hidung bisa mengakibatkan tenggorokan amat gatal. Untuk itu, kamu memerlukan perawatan tenggorokan gatal dengan dekongestan.

Obat dekongestan mengandung pseudoephedrine yang mampu membantumu melancarkan pernapasan karena bisa membersihkan hidung yang tersumbat. Berarti dekongestam mampu meringankan tenggorokan yang gatal.

Perawatan tenggorokan gatal menggunakan obat kumur
Di dalam obat kumur terdapat menthol yang bisa membantumu mengurangi iritasi dan rasa gatal pada tenggorokan. Saat sakit tenggorokan, cobalah untuk berkumur beberapa kali sehari. Memungkinkan tenggorokanmu lebih nyaman.

Perawatan tenggorokan gatal dengan antihistamin dan analgesik
Kamu bisa meringankan rasa gatal di tenggorokan menggunakan obat-obatan antihistamin. Sedangkan untuk meredakan rasa nyeri terkait tenggorokan gatal, gunakan obat-obatan analgesik seperti aspirin dan ibuprofen. Jika kamu ingin mengkonsumsinya, ikuti petunjuk dosis yang terdapat pada kemasan, baik untuk dewasa atau anak-anak.

Menggunakan bahan alami, alternatif lain menghilangkan gatal pada tenggorokan

Sebelum ada dokter, orang-orang jaman dulu menggunakan bahan-bahan alami sebagai langkah pengobatan yang efektif. Nah, sekarang kamu bisa menerapkan cara itu untuk mengatasi tenggorokan gatal. Ramuan alami yang bisa kamu manfaatkan adalah :

Air putih
Kekurangan asupan air dalam tubuh merupakan pemicu tenggorokan gatal. Untuk itu, kamu harus rajin minum air putih untuk mencegah dahidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, tenggorokan kekurangan air sebagai pelumas, sehingga muncullah rasa gata dan tenggorokan menjadi kering.

Ketika cuaca dingin atau saat flu berlangung, kamu mungkin kehilangan banyak cairan karena demam. Untuk mengatasi itu, minum air putih 8 gelas sehari termasuk hal yang sangat penting. Jadi, walaupun cuaca panas atau dingin tetaplah rajin minum air putih.

Kombinasi susu dan kunyit
Perawatan tenggorokan gatal bisa dengan minum susu yang ditambahkan sedikit kunyi di dalamnya. Minuman itu akan menenangkan tenggorokan gatal. Kalau kamu tidak suka susu, campurlah kunyi dengan air. Rebus secangkir susu atau air, lalu masukkan 1sdt kunyit ke dalamnya. Minumlah setiap malam sebelum berangkat tidur selama sakit tenggorokan.

Madu
Selain susu dan kunyit, kamu bisa mencoba minum madu 1 sdm setiap hari untuk mengurangi iritasi dan meredakan rasa gatal tenggorokan. Atau campurkan 1 sdm madu, 1 sdm perasan lemon dan 1sdm parutan jahe ke dalam satu gelas teh hangat. Minumlah setiap hari.

baca juga : Perawatan Mata Belekan Pada Bayi

Larutan garam
Garam bisa membantumu dalam mengatasi tenggorokan gatal. Caranya, buatlah larutan garam dengan menambahkan garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam itu untuk berkumur, jangan untuk diminum. Larutan ini bisa mengurangi kelebihan dahak pada tenggorokan dan mengusir bakteri atau kuman pada mulut dan tenggorokan.

Lobak
Campurkan 1sdm lobak pedas, 1sdt cengkeh dan 1sdt madu ke dalam segelas air panas. Aduk campuran itu dan minumlah, maka tenggorokan akan lebih nyaman dan rasa gatalnya hilang.

Cuka sari apel
Cara meredakan tenggorokan gatal yang terakhir dapat menggunakan cuka sari aple. Siapkan 1 gelas air panas, lalu masukkan 1 sdm cuka sari apel dan madu. Aduk hingga larut dan minum secara rutin sampai tenggorokanmu kembali normal seperti semula.

Kamu bisa menerapkan berbagai cara perawatan tenggorokan gatal di atas saat mengalami sakit tenggorokan. Dengan begitu, kamu tidak lagi tersiksa dengan kondisi tersebut. Rasa gatal pada tenggorokan bisa membuatmu ingin menggaruk tenggorokan. Tapi, kalau kamu mengalami kondisi yang belum pernah kamu derita sebelumnya, periksa ke dokter.

Segera pergi ke dokter jika tenggorokan gatal disertai dengan gejala serius seperti, sulit bernapas, sulit menelan dan membuka mulut, nyeri sendi, sakit telinga, timbul ruam, sering demam, ada benjolan di leher, terlalu banyak mengeluarkan dahak atau dahak bercampur dengan darah.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top