Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Ampuh Mengatasi Varises

Uncategorized

Cara Ampuh Mengatasi Varises

Dulu varises hanya meyerang orang tua saja, tapi saat ini varises telah mempengaruhi orang usia muda juga. Pembuluh darah tidak normal mengalami pembesaran dan muncul di dekat permukaan kulit, sehingga terlihat kebiruan. Bagian yang paling umum terserang varises adalah betis dan paha. Dimana itu tempat terjadinya penyumbatan peradaran darah karena manahan berat seluruh badan terlalu lama berdiri.

Apabila kita terlalu lama berdiri akan membuat tekanan darah pembuluh vena bagian bawah meningkat. Dengan adanya varises ini dapat membuatmu kurang percaya diri saat berada di luar rumah. Bahkan juga kamu akan merasa tidak nyaman dalam mengenakan sepatu, untuk itu kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasi varises.

Untuk menghilangkan varises mungkin bisa ditempuh dengan langkah medis dan bedah, tapi membutuhkan biaya yang mahal. Tentu tidak setiap orang mampu menjangkaunya. Jangan khawatir, kamu bisa kok mengobati varises sehingga benar-benar hilang dan sembuh. Yuk, simak ulasannya!

Cara mencegah varises

Kurangi waktu untuk berdiri atau duduk
Kelamaan duduk atau berdiri dapat memicu timbulnya varises karena pada posisi itu, kaki menopang bobot tubuh bagian atas. Jadi, usahakan setiap 30 menit kamu ganti posisi. 30 menit duduk lalu berdiri dan berjalan-jalan sedikit atau sebaliknya.

Jangan keseringan memakai heels
Posisi tumit yang sejajar atau rendah dapat memaksimalkan fungsi otot betis dalam bekerja. Namun, jika setiap hari kamu memakai heels, sebaiknya lakukan peregangan kaki pada jam istirahat, guna untuk melancarkan sirkulasi darah di kaki.

Kontrol berat tubuh dan asupan makanan
Obesitas atau kegemukan bisa memicu timbulnya varises. Untuk mengatasi varises pada kaki, kamu perlu mengontrol berat badan sehingga kaki tidak terlalu berat menopang tubuh atas. Selain itu, perhatikan juga pola makanmu, lakukan diet rendah garam untuk mencegah varises sebagai akibat dari retensi cairan.

Loading...

Tinggikan kaki
Ketika kamu terlalu banyak berdiri atau duduk, sesekali angkatlah kaki ke atas. Dengan meninggikan kaki dapat mengurangi gaya gravitasi pembuluh vena di kaki serta mencegah terjadinya hambatan peredaran darah. Tapi, perhatikan samping kanan dan kiri ya, ketika kamu melakukannya saat jam kerja. Jangan sampai ketahuan orang, apalagi atasanmu bisa-bisa dikira tidak sopan nantinya.

Mengobati varises dengan bahan herbal

Bawang putih
Bawang putih dikenal mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk obat, termasuk mengatasi varises. Kamu bisa menggosokan minyak bawang putih ke area kaki yang mengalami varises. Lalu pijat lembut jangan terlalu menekan. Maka, racun yang terakumulasi di dalam pembuluh darah akan terpecah sehingga melancarkan peredaran darah.

baca juga : Ketahui Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Minyak jojoba
Minyak jojoba merupakan cairan lilin nabati yang terbuat dari biji tanaman jojoba. Selain mampu memperindah kulit, minyak ini juga ampuh menghilangkan varises. Didalam minyak jojoba terkandung zat anti-inflamasi yang kuat, berguna untuk mempercepat proses penyembuhan serta merangsang produksi kolagen. Untuk varises, minyak jojoba akan meringankan pembuluh darah yang membengkak dan menyakitkan.

Caranya, cukup oleskan beberapa tetes minyak ke jari-jarimu. Lalu pijatlah lembut area yang terkena varises dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat. Aplikasikan cara ini setiap hari pagi dan sore sampai varises hilang.

Cabe rawit
Cara mengatasi varises selanjutnya yaitu dengan menggunakan cabe rawit. Bahan dapur ini cukup efektif menghilangkan varises karena kaya akan vitamin C dan bioflavonoid. Kedua zat itu bisa merangsang sirkulasi darah, meredakan rasa sakit dan peradangan pembuluh darah. Ambil cabe rawit secukupnya, kemudian bersihkan dan campurkan dengan segelas air panas. Setelah diaduk dan tercampur, minum ramuan itu 3 kali sehari. Rutin melakukannya hingga varises enyah dari kaki cantikmu.

Cukup mudahkan cara mengatasi varises yang menimbulkan kesan buruk terhadap kaki indahmu. Praktekkan cara tersebut di rumah dan jangan lupa kunjungi dokter untuk berkonsultasikan cara-cara alami menghilangkan varises di atas. Kombinasi cara medis dan herbal, tentu bisa membuahkan hasil yang maksimal.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top