Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap yang Ampuh

Uncategorized

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap yang Ampuh

Dalam bahasa medis, bau mulut tak sedap disebut juga dengan halitosis dan disebabkan karena banyak faktor. Beberapa penelitian menemukan bahwa hampir 85-90% halitosis bersumber dari gangguan atau kelainan pada rongga mulut, baik karies gig ataupun infeksi jaringan penyangga gigi. Aroma mulut yang tak sedap ini bisa mengganggu saat bersama orang lain. Untuk itu penderita bau mulut tak sedap secepatnya mencari cara menghilangkan bau mulut.

Tapi, sebenarnya tidak hanya bersumber dari gangguan mulut. Melainkan juga dari hidung, jantung atau penyakit lainnya seperti diabetes, infeksi paru-paru, lambung atau usus. Sedangkan pada anak-anak, bau mulut tak sedap dikarenakan adanya benda asing yang masuk ke saluran hidung dan tak terdeteksi sehingga mengalami pembusukan dan menimbulkan bau. Tak hanya itu, infeksi akibat kanker atau radang amandel kronis juga dapat menyebabkan napas tak sedap.

Penyebab bau mulut lainnya yakni karena asam lambung tinggi, seperti pada penderita maag. Hal ini karena asam dan basa dalam kadar yang tidak seimbang. Pada saat asam lambung tinggi, secara otomatis kadar keasaman lambung naik ke tenggorokan yang menimbulkan bau mulut tak sedap. Penderita sakit maag, sebaiknya rajin ngemil supaya kadar keasaman lambung seimbang.

Cara mengatasi bau mulut adalah dengan rajin menyikat gigi. Tapi, yang sering terjadi ketika puasa dan selesai sahur, umumnya orang malas membersihkan gigi dan malah langsung tidur. Padahal, 30 menit setalah maka, keasaman mulut meningkat karena sisa asam dari makanan tidak diangkat. Jika masih terdapat makanan yang menempel di gigi, gusi dan lidah membuat bakteri mudah berkembang dan menyebabkan bau mulut tak sedap.

Pemakaian gigi palsu atau cekat gigi juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Sehingga, mesti rajin-rajin melakukan perawatan kalau memasanga bahan metal pada gigi. Karena kandungan metal itu bisa mengeluarkan aroma tak sedap jika kamu tak menjaga kesehatan dengan benar. Yuk, simak bagaimana cara mengatasi bau mulut tak sedap!

Menghilangkan bau mulut secara alami

Bahan-bahan alami memang selalu dipercaya untuk mengatasi gangguan pada tubuh, termasuk bau mulut tak sedap. Bahan alami memang sangat efektif, karena mengandung nutrisi yang tepat, biayanya murah dan mudah didapat. Ketahui beberapa bahan alami yang digunakan untuk mengatasi bau mulut.

Kencur
Cara menghilangkan bau mulut dengan kencur adalah siapkan 20g kencur. Lalu, cuci kencur sampai bersih dan kunyah-kunyah, lalu telan airnya dan keluarkan ampas dari mulut. Lakukan, rutin sehari 3 kali. Kamu akan merasakan perubahan yakni nafas menjadi lebih segar.

Loading...

Atau kamu juga bisa dengan menggunakan cara, ambil satu buah kunyit sebesar jari manis, lalu bersihkan, kupas dan haluskan. Kemudian campurkan ke 100ml air dan asuk sampai berbau. Gunakan air itu untuk berkumur di pagi dan malam hari sebelum tidur. 

Cengkeh
Selain untuk memasak dan membuat kue, cengkeh juga bahan alami yang ampuh mengatasi bau mulut. Karena minyak cengkeh mempunyai sifat sebagai obat desinfektan yakni mematikan kuman atau bakteri penyebab bau mulut. Itulah mengapa minyak ini sering dipakai untuk mengobati sakit gigi.

Cara menggunakan cengkeh untuk menghilangkan bau mulut tak sedap yakni dengan ambil segenggam cengkeh dan bersihkan. Lalu rebus dengan 400ml air biarkan sampai air rebusan itu tersisa 200ml atau separuhnya. Pakailah air rebusan itu untuk berkumur di pagi hari sebanyak 100ml dan sisanya untuk malam hari sebelum tidur.

Kencur
Kencur merupakan tanaman obat atau empon-empon yang termasuk dalam golongan suku temu-temuan. Rizoma atau rimpang tanaman ini mengandung alkaloid dan minyak atsiri yang bisa digunakan sebagai strimulan. Karena kandungannya itu, membuat kencur menjadi cara tepat untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Caranya memanfaatkannya sama seperti langkah membuat ramuan cengkeh.

Jahe
Rempah-rempah yang satu ini mempunyai rasa khas yang pedas dan bisa menghangatkan tubuh. Karena di dalam jahe terdapat senyawa keton yang bernama zingeron dan mampu mengatasi bau mulut tak sedap. Untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam mengusir bau mulut, kamu harus menerapkannya secara rutin. Karena memang membutuhkan proses, untuk hasil maksimal.

Cara nya, siapkan 3 buah jahe yang sebsar jari manis, kupas kulitnya dan potong tipis-tipis. Lalu, rebus dengan 400 ml air sampai tersisa setengahnya saja yaitu 200ml. Lalu bagilah menjadi dua bagian yang sama yakni 100ml. Berkumurlah menggunakan air rebusan itu untuk berkumur di pagi hari dan malam hari.

Campuran jeruk nipis dan madu
Kedua bahan ini mempunyai banyak fungsi tak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Jeruk nipis dan madu sering dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah secara alami. Sedangkan untuk kesehatan bahan ini bisa mengatasi batuk dan juga menghilangkan bau mulut. Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis dan potong menjadi dua bagian. Lalu, peras ke dalam gelas dan tambahkan 1 sdm madu. Minumlah secara rutin sampai kamu mendapatkan hasilnya.

Ketumbar
Kecil-kecil tapi mampu menghilangkan bau mulut tak sedap adalah ketumbar. Tanaman obat ini ampuh untuk mengurangi aroma napas yang tak sedap. Penggunaannya, ambil segenggap ketumbar  dan rebus menggunakan 400ml air. Biarkan sampai air tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan itu 2 kali yakni malam 100 ml dan sisanya di pagi hari. Rutinlah melakukannya!

Konsumsi vitamin C
Cara mengatasi bau mulut dari dalam adalah dengan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin ini secara alami mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab bau mulut. Kamu bisa memperoleh vitamin C dari buah seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan lainnya. atau membeli tablet vitamin C di apotek.

Minum green tea
Sekarang ini green tea atau teh hijau semakin populer untuk usaha mempercantik dan menyehatkan tubuh. Cukup banyak khasiatnya mulai dari pelindung gigi dari plak dan membunuh bakteri pada gigi atau mulut. Hal ini karena teh hijau mengandung cathecin. Carannya mudah, cukup seduh teh hijau dan minum airnya 2-3 cangkir dalam sehari.

baca juga :  Cara Tepat Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

 

Cara mencegah bau mulut 

Selain mengetahui cara mengatasi bau mulut yang ampuh, kamu perlu tahu bagaimana cara mencegah bau mulut tak sedap. Sehingga, masalah bau mulut tidak datang lagi menghantuimu. Simaklah ulasan berikut ini!

Sediakan permen mint dimanapun kamu berada
Cara yang pertama adalah kamu harus membeli permen mint, lalu masukkan ke dalam tas, dompet atau apa yang selalu kamu bawa ketika pergi. Kunyahlah jika nafas terasa tak sedap apalagi jika kamu sudah lama diam. Mengapa permen min? Karena mint membuat aroma napas menjadi segar walau untuk sementara.

Makan yoghurt
Apabila kamu tidak ingin bau mulut datang, konsumsi yoghur plain tanpa rasa. Menurut beberapa penelitian, yoghurt tanpa rasa dapat mengurangi bakteri yang berkumpul di dalam mulut dan gigi. Selain bisa mencegah bau mulut, kamu juga bisa membersihkan plak yang menempel di gigi.

Makan keju yang rendah karbohidrat
Pilihlah keju yang rendah karbohidrat dan tinggi kandungan kalsiumnya. Karena kandungan kalsium ini bisa meningkatkan produksi air liur dan mencegah bau mulut. Jika air liur cukup maka, mulut menjadi lembab dan bakteri hilang.

Itulah beberapa bahan alami yang ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut tak sedap. Mulai sekarang, kamu jangan khawatir lagi dengan aroma napasmu itu. Kalau memang sudah membandel kamu bisa membawa ke dokter untuk dicarikan solusi yang tepat secara medis.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top