Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Sederhana Mengusir Stres Pikiran

Uncategorized

Cara Sederhana Mengusir Stres Pikiran

Berbagai masalah pada kehidupan sehari-hari terkadang membuat pikiran kita mejadi stres. Tingkat stres yang tinggi akan menimbulkan beberapa penyakit seperti gangguan kecemasan, depresi dan sakit kepala. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara menghilangkan stres yang jitu yaitu dengan relaksasi tubuh dan pikiran.

Relaksasi untuk mengatasi stres ini tidak memerlukan biaya yang mahal dan rumit dilakukan. Yang kamu lakukan hanyalah harus tepat sasaran terhadap stres yang kamu derita. Bahkan kamu dapat melaksanakannya di rumah baik sendirian maupun dengan banyak orang.

Jangan biarkan stres mempengaruhimu, kelola segera mungkin. Karena jika kamu mempunyai riwayat menderita sebuah penyakit, stres bisa memperparah kondisimu. Sebelum kita beranjak pada cara menghilangkan stres dengan relaksasi, lebih baik tahu dulu penyakit akibat stres.

Penyakit yang mungkin ditimbulkan karena stres

Dengan mengetahui beberapa gangguan serius yang disebabkan oleh stres, kamu akan mengerti betapa pentingnya mengelola pikiran.Beberapa kemungkinan penyakit yang muncul di saat dirimu mengalami stres berkepanjangan :

Sakit kepala atau pusing
Penyakit akibat stres berlebihan yang pertama adalah sakit kepala. Kala sedang stres, tubuh menunjukkannya dengan sakit kepala di bagian yang berbeda-beda secara bergantian. Terkadang di seluruh bagian atau disebelah saja yang sering disebut migrain. Kalau sudah pusing, pasti kamu akan susah berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Segera ubah pola pikirmu dan lakukan penenangan pikiran jika sering merasakan sakit kepala.

Depresi dan gangguan kecemasan
Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mempunyai pekerjaan terlampau berat beresiko tinggi mengalami depresi. Kondisi cemas dan depresi yang berhubungan dengan stres dapat berlangsung dengan jangka waktu lama. Akan lebih baik kamu meredakan ketegangan otak apabila merasa sudah banyak pikiran.

Loading...

Penyakit jantung
Salah satu penyakit akibat stres dan banyak pikiran yaitu terkena panyakit jantung. seseorang yang mudah stres kemungkinan besar mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi dan masalah jantung. Stres emosional yang datang secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan serangan jantung.
Ketika sedang stres, jantung berdetak lebih cepat dari normalnya dan peredaran darah meningkat. Kadang-kadang stres dapat dipicu dari kebiasaan merokok dan resiko obesitas, sehingga bisa juga menimbulkan penyakit jantung.

Penuaan dini
Tak hanya penyakit saja, akibat stres dan banyak pikiran juga bisa mengakibatkan penuaan dini. Tanda-tanda penuaan bisa muncul lebih cepat. Kondisi ini sudah diteliti oleh para ahli yakni penyebab penuaan dini terkait dengan kromosom. Hindari stres jika tidak mau cepat tua.

Diabetes
Bukan hanya serangan jantung saja, tapi diabetes pun termasuk penyakit akibat stres berkepanjangan. Bagi kamu yang memang sudah mempunyai penyakit diabetes, sebaiknya waspada jika mengalami stres. Stres dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah. Kemungkinan kedua, stres mendorong seseorang mengkonsumsi semua makanan dan akhirnya menyebabkan tingginya kadar gula darah.

Cara mengatasi stres dengan relaksasi

Agar kamu terhindar dari stres beserta efek buruknya bagi kesehatan, kamu bisa melakukan relaksasi seperti di bawah ini.

Olah napas
Saat kamu merasa sedang stres cobalah untuk mengolah pernapasan. Bernapas dalam dan secara perlahan bisa membatu meredakan sakit kepala. Cari tempat yang nyaman dan atur posisi dengan baik, lalu tarik napas panjang dan perlahan. Kemudian, keluarkan melalui mulut. Saat kamu menarik napas kembungkanlah perutmu dan ketika menghembuskan napas, maka kempiskan perutmu.

Dalam melakukannya, bayangkan kalau kamu sedang mengisi paru-paru dengan udara. Ulangi langkah tersebut beberapa kali sampai kamu merasa tenang. Latihan pernapasan ini merupakan cara menghilangkan stres yang tepat. Bila perlu lakukan setiap hari sehingga kamu terhindar dari stres.

Meditasi
Cara menghingkan stres selanjutnya bisa dengan meditasi. Duduklah senyaman mungki dilantai dengan posisi kedua kaki terlipat. Pejamkan mata, tenangkan otakmu dan enyahkan semua masalah atau hal-hal yang mengganggu pikiran.

Penelitian menyatakan bahwa meditasi yang dilakukan dengan rutin minimal 5 menit setiap hari mampu mengubah saluran impuls saraf otak. Dampaknya bagi kesehatan adalah tubuh terhindar dari stres dan mengurangi gangguan kecemasan.

baca juga : 6 Kebiasaan Kecil yang Membuat Hidup Kamu lebih Sehat

Mendengarkan musik
Jika kamu memilih cara mengatasi stres dengan musik, maka cari yang menenangkan dan membuat dirimu bersemangat. Riset menunjukkan bahwa musik bisa menghilangkan kecemasan, memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Agar memperoleh manfaat yang maksimal, cobalah untuk menggabungkan relaksasai lainnya sembari mendengarkan musik.

Yoga
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kombinasi antara olah pernapasan dengan peregangan otot pada yoga mampu membuat mood lebih baik. Dampak positif lainnya yakni bisa membuat pikiran merasa lebih tenang dan bahagia. Mengusir stres tak harus pergi ke berlibur atau semacamnya. Relaksasi merupakan cara menghilangkan stres yang mudah, murah dan cukup efektif membantumu.

Itulah ulasan tentang penyakit akibat stres berlebih dan cara mengatasi stres dengan relaksasi. Jangan biarkan hidupmu sia-sia karena stres, mari tingkatkan semangat untuk hidup lebih baik bersama orang-orang yang kamu sayangi. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top