Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Hitung Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh Menurut Berat Badanmu

Uncategorized

Hitung Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh Menurut Berat Badanmu

Cara menghitung kebuturan cairan dalam tubuh sangat perlu kamu ketahui. Sebab, air dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya setiap waktu. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi air juga mempunyai andil besar untuk mewujudkan kecantikan tubuh. Oleh karena itu kita harus memenuhi kebutuhan air setiap hari.

Banyak sekali manfaat air untuk tubuh diantaranya, membuat tubuh lebih berenergi, kulit menjadi sehat dan menurunkan berat badan. Selain itu, air juga mencegah tubuh dari dehidrasi, mengeluarkan semua racun dalam tubuh dan masih banyak lagi. Tak sedikit orang yang menyepelekan kebutuhan tubuh akan air dan mereka tidak menyadari betapa pentingnya peran air.

Selama ini yang kita ketahui adalah minum air putih harus 8 gelas setiap hari. Tapi, ternyata ada perhitungan asupan air yang disesuaikan dengan berat badan seseorang. Bisa dikatakan kebutuhan air seseorang tidaklah sama, tergantung berat badan mereka. Sebuah penlitian menunjukkan bahwa dengan minum 2 gelas air sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh tetap ideal.

Hal ini berarti apabila kita memenuhi kebutuhan kadar air yang tepat, maka dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi keinginan untuk makan. Dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan air cairan dalam tubuh kamu akan memperoleh kesehatan yang maksimal. Untuk itu, kamu harus mempelajari cara ini agar setiap hari kamu bisa beraktivitas dengan baik karena tubuh sehat dan kuat.

Cara menghitung kebutuhan air untuk tubuh

Yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari tahu berapa bobot tubuhmu. Karena menghitung kebutuhan cairan yang tepat untuk tubuh menggunakan ukuran berat bedan. Seseorang yang mempunyai berat badan 100kg tidaklah sama dengan kebutuhan air mereka yang mempunyai berat 50kg.

Jumlah air dalam tubuh manusia kurang lebih ⅔ dari berat badan sekitar 60%-70%. Tapi, kadar air dalam lemak kira-kira hanya 10%. Bagi orang yang mengalami obesitas, presentase jumlah air  dalam tubuhnya bisa saja kurang dari 60%. Kebutuhan cairan atau air minum rata-rata ½ ons untuk setiap pound berat badan.

Loading...

Catatan :
1kg = 2,2 pound
1pound = 16 ons

Jika kamu mempunyai berat 100kg maka, berat tersebut setara 220pound, kebutuhan air yang dibutuhkan kira-kira 110 ons. 110 ons setara dengan 6,89 pound atau sama dengan 3,1 liter air minum sebanyak 16 gelas jika ukuran 200ml.

baca juga : Makanan atau Minuman Pembersih Organ Hati dari Racun dan Lemak

Kalau berat tubuhmu 50kg berarti kebutuhan air adalah ½ dari 16 gelas yakni 8 gelas air minum setiap hari.

  • Jika berat badan 60kg berarti 16 x 60% = 9,6 jadi kebutuhan airnya sebanyak 10 gelas.
  • Bila bobot tubuh 70kg berarti 16 x 70% = 11,2 kebutuhan airnya sekitar 11 cangkir setiap hari.

Perhitungannya begitu seterusnya. Menurut cara menghitung kebutuhan air dalam tubuh di atas, bisa dikatakan bahwa orang dewasa sehat memerlukan sekita 2 liter air setiap harinya. Dimana jumlah itu sama dengan 8-12 gelas air perhari. Tapi, indikator yang paling jelas adalah saat tubuh sedang haus. Kala tubuhmu merasa haus berarti membutuhkan asupan air.

Untuk mempermudah menghitung asupan air, belilah gelas ukur untuk mengingatkanmu berapa kadar air yang kamu minum. Seperti yang kamu ketahui, kekurangan air berakibat fatal bagi tubuhmu. Tidak hanya dehidrasi, tapi gangguan ginjal, jantung dan penyakit kardiovaskular bisa saja menjangkitimu. Sadarlah akan kebutuhan air yang sangat penting bagi kehidupanmu itu.

Sudah jelaskan tentang cara menghitung kebutuhan cairan dalam tubuh? Sekarang, mulai hitung sendiri kebutuhan cairanmu dan penuhi hal itu agar tubuhmu sehat dan metabolisme lancar. Cara menurunkan berat badan yang paling benar adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan. Sehingga metabolisme lancar dan tidak terdapat tumpukan lemak atau kolesterol.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top