Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Efektif Mengobati Biduran Agar Cepat Sembuh

Uncategorized

Cara Efektif Mengobati Biduran Agar Cepat Sembuh

Biduran sangatlah tidak menyenangkan kulit merasakan gatal-gatal dan menimbulkan ruam merah pada kulit. Untuk menghilangkannya kamu perlu cara mengobati biduran dengan capat. Biduran atau urtikaria adalah salah satu gangguan kulit yang disebabkan oleh alergi dan non alergi. Bentuk dan ukuran ruam atau bilur berbeda-beda.

Tidak hanya terasa gatal, ruam pada biduran juga tersa perih dan menyengat. Gejala biduran dapat berlangsung selama beberapa jam sampai beberapa hari. Bidurang yang terjadi kurang dari 6 minggu disebut dengan urtikaria akut (jangka pendek). Tapi yang bertahan lebih dari 6 minggu atau sering kambuh dalam beberapa bulan atau tahun disebut urtikaria kronis (jangka panjang).

Penyebab biduran yang perlu diwaspadai

Ada beberapa penyebab biduran yang harus kamu hindari, sehingga kamu tidak mengalami gatal yang mengganggu. Inilah penyebab urtikaria!

  • Adanya kontak dengan penyebab atau pemicu alergi, misalnya lateks dan bulu binatang. Kalau kamu sudah tahu apa yang membuatmu alergi, sebaiknya jangan mendekatinya.
  • Makanan penyebab biduran diantaranya, cokelat, kacang, seafood, susu, gandum dan telur.
  • Obat-obatan penyebab biduran, banyak obat yang bisa menimbulkan biduran. Umumnya obat itu adalah aspirin, antibiotik, ibuprofen dan obat anti-hipertensi. Jika kamu pernah mengkonsumsinya dan menimbulkan urtikaria, sebaiknya hindari dan mintalah kepada dokter untuk memberikan obat lainnya.
  • Zat aditif, bahan tambahan yang dimasukkan ke dalam makanan yang bertujuan untuk lebih melezatkan makanan. Diantaranya bahan pemanis, pengawet, pewarna, penguat rasa dan pengental.
  • Infeksi penyebab biduran, Infeksi seperti demam kelenjar dan hepatitis dapat menyebabkan terjadinya urtikaria.
  • Gigitan serangga
  • Kondisi cuaca, baik hawa panas atau dingin, terpapar air tertentu dan paparan sinar matahari.
  • Stres

Saat mengalami biduran, sebaiknya kamu jangan terlalu menggaruk dan hindari minum alkohol. Hal tersebut dapat memperburuk kondisi kulit dan menambah penyebarannya. Untuk mengobati dan menghilangkan biduran, kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami di rumah. Ketahui apa saja bahan alami itu yang ampuh mengatasi urtikaria.

Cara alami untuk mengatasi biduran

Jangan khawatir saat mengalami biduran, karena banyak bahan alami yang terdapat di rumahmu untuk mengobatinya. Ini cara mengobati biduran dengan cepat dan terbukti ampuh, diantaranya adalah :

Kompres dingin
Biduran akan menimbulkan rasa gatal yang menyengat, untuk mengurangi gejalanya kamu bisa mengompresnya dengan lap dingin. Cara menghilangkan biduran menggunakan es adalah cari lap dingin dan siapkan air dingin yang kamu berikan es batu. Masukkan lap dingin ke dalam air tersebut dan peraslah. Lalu terapkan ke bagian kulit yang terkena biduran. Diamkan beberapa saat dan lakukan secara bergantian ke area kulit lainnya.

Loading...

Cuka sari apel
Khasiat cuka sari apel salah satunya yaitu untuk membasmi jamur, kuman atau bakteri penyebab alergi. Sehingga ampuh sebagai cara mengobati biduran. Caranya, cairkan cuka sari apel dengan air secukupnya. Lalu, oleskan ke bagian kulit yang mengalami biduran. Biarkan hingga mengering atau beberapa menit agar meresap. Jangan langsung dibilas.

Baking soda
Cara mengatasi biduran dengan cepat adalah menggunakan baking soda. Bahan ini mampu meringankan gatal dan mengurangi peradangan yang terjadi serta mencegah iritasi. Campurkan baking soda dan air secukupnya, lalu aduk sampai berbaur dan terapkan ke area yang biduran. Selain meringankan gejala biduran, baking soda juga bisa mencerahkan kulit secara alami.

Oatmeal
Kandungan sifat anti-iritasi dan anti-inflamasi dalam oatmeal bisa menenangkan kulit dan bisa mengurangi bengkak maupun gatal karena biduran. Terapkan campuran oatmeal dan air ke kulit yang biduran.

Lidah buaya
Bahan lain yang manjur sebagai cara mengobati biduran adalah lidah buaya. Sifat anti-peradangan dan anti-mikroba dalam gel lidah buaya ampuh menghilangkan biduran. Gel ini akan membantu mengurangi gatal, bengkak dan kemerahan dengan cara menenangkan kulit. Oleskan saja gel lidah buaya ke kulitmu dan biarkan sampai mengering.

Kemangi
Antihistamin alami yang terkandung pada kemangi, efektif menyembuhkan biduran. Zat ini dapat menghilangkan gatal, mengurangi bengkak dan sensasi terbakar. Haluskan kemangi dan oelskan ke kulitmu yang terkena biduran.

Daun mint
Tanaman mint dapat membantu mengilangkan gejala urtikaria karena mempunyai sifat anti-inflamasi, analgesik, antispetik dan menenangkan. Cara mengobati biduran ini kamu bisa menerapkan minyak mint atau daun mint yang halus ke kulit yang biduran.

baca juga : Hilangkan Noda Bekas Gatal yang Menghitam Dengan Bahan Alami 

Bawang putih
Begitu penting peran bawang putih bagi kehidupan kita salah satunya untuk menghilangkan biduran. Haluskan bawang putih secukupnya lalu terapkan ke kulit mu, tunggu beberapa saat baru bersihkan.

Kunyit
Cara lain untuk mengatasi biduran adalah dengan kunyit. Rempah ini mempunyai sifat antihistamin, anti-inflamasi dan anti-oksidan yang bisa mengobati gatal-gatal kronis. Bahkan bisa juga mencegah kambuhnya biduran.

Tawas
Tawas mempunyai sifat antiseptik dan astringent yang berfungsi untuk mengurangi rasa perih dan pembengkakan. Tawas juga dapat mencegah infeksi. Terapkan tawas halus yang bisa ke kulitmu sampai biduran sembuh.

Itu cara mengobati biduran dengan bahan yang bisa kamu dapatkan di rumah. Apabila setelah mengaplikasikannya biduran tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter. Kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat dengan obat medis.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top