Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Cara Mengobati Penyakit Parkinson secara Medis

Uncategorized

13 Cara Mengobati Penyakit Parkinson secara Medis

Parkinson merupakan penyakit degeneratif sel saraf yang ditandai dengan kesulitan bergerak dan otot terasa kaku. Selain itu, bagi penderita parkinson pada saat beristirahat mereka akan merasa tangannya gemetaran serta keseimbangan dan koordinasi tubuh akan berkurang. Untuk itu, sangat penting mengetahui cara mengobati parkinson agar anda dapat melakukan pencegahan dini.

Namun, jika anda bagian dari penderita parkinson maka anda bisa mengobatinya dengan beberapa cara. Terdapat beberapa cara untuk mengobati parkinson seperti fisioterapi, mengkonsumsi berbagai jenis obat khusus penderita parkinson dan lain sebagainya. Berikut ini cara mengobati parkinson yang bisa anda lakukan.

Cara Mengobati Parkinson, Mengobati Parkinson, Cara Mengobati Penyakit Parkinson

1. Terapi pisau gamma

Cara yang pertama untuk mengobati parkison yaitu dengan terapi pisau gamma. Cara ini memang masih terdengar asing di telinga namun, sangat dipercaya untuk mengobati parkinson secara alami. Dengan mengandalkan bantuan sinar radiasi akan membantu penderita parkinson untuk melakukan metode terapi dengan sinar radiasi.

2. Pemberian levodopa

Levodopa merupakan salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengobati parkison. Obat ini sangat ampuh bagi penderita parkinson jika pergerakan tubuh mengalami gangguan. Selain itu, obat ini juga mudah diserap oleh saraf-saraf otak sehingga akan terjadi perubahan senyawa kimia dopamine setelah penyerapan obat. Jika anda mengkonsumsi obat ini, anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 agar efek obat tidak berkurang.

3. Terapi wicara

Cara lainnya untuk mengobati parkinson dengan terapi wicara. Cara ini dilakukan jika penderita parkinson mengalami otot-otot yang kaku dan sulit digerakkan, biasanya masalah akan muncul ketika penderita mulai berbicara. Si penderita mengalami kesulitan dalam berbicara disebabkan otot sekitar mulut terkena pengaruh dari penyakit parkinson.

4. Fisioterapi

Fisioterapi merupakan terapi yang dilakukan untuk mengatasi otot-otot yang telanjur kaku dan sakit saat digerakkan. Cara ini akan sangat bermanfaat bagi penderita parkinson menjadi lebih leluasa dan bahkan kelenturan tubuh bisa dipertahankan. Bila penderita juga ingin melatih kemampuan sekaligus staminanya supaya bisa kembali melakukan rutinitas seperti biasa, maka terapi ini juga sangat cocok.

Loading...

5. Pemberian agodis dopamin

Obat ini juga menjadi alternatif cara untuk mengobati parkinson. Dengan mengkonsumsi obat ini maka akan membantu penderita untuk mengurangi gejala seperti gangguan pada gerakan tubuh dan tremor yang merupakan gejala utama. Obat ini menjadi salah satu obat yang efektif untuk digunakan penderita parkinson.

6. Operasi

Jika dengan cara alami dan cara mengkonsumsi obat tidak memberikan perkembangan bagi penderita parkinson maka anda bisa melakukan operasi untuk mengobatinya. Dengan operasi ini, memang kondisi penderita parkinson tidak bisa sembuh total, namun paling tidak gejala parkinson bisa berkurang sehingga tidak akan membuat penderita merasa sakit yang berlebih.

7. Pemberian COMT / catechol-O-methyltransferase inhibitor

Cara mengobati parkinson juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat jenis ini. Memang obat ini menjadi obat khusus bagi penderita parkinson sehingga dapat mencegah gejala parkinson agar penderita tidak mengalami gerakan tubuh melambat, otot tidak fleksibel, dan keseimbangan tubuh yang berkurang.

8. Pemberian MAO-B / monoamine oxidase-b inhibitors

Obat ini akan membantu penderita parkinson untuk menghambat senyawa kimia otak yang telah menghancurkan dopamine. Anda dapat mengkonsumsi obat ini bersamaan dengan agonis dopamine dan levodopa. Jadi obat ini akan berguna untuk meredakan gejala parkinson walau kekuatannya tak bisa dibandingkan dengan levodopa.

9. Bedah saraf

Mengobati parkinson bisa dengan bedah saraf. Cara ini dilakukan dengan bedah saraf stereotatic, sehingga akan sangat baik bagi penderita parkinson agar pemasangan stimulator otak dapat dilakukan dengan mengeksisi jaringan.

10. Diet

Cara yang paling mudah untuk mengobati parkinson dengan melakukan program diet. Cara ini cukup penting dilakukan untuk mencegah gejala parkinson. Dengan banyak mengkonsumsi beberapa makanan tambahan yang digunakan sebagai obat akan memperlambat gejala parkinson.

Baca Juga 30 Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang Paling Baik dan Sehat Dikonsumsi

Selain 10 cara mengobati perkison, ada 3 cara lainnya untuk mengobati parkison yang perlu anda ketahui, berikut inilah cara mengobati parkinson:

3 Cara Mengobati Parkinson Lainnya:

11. Pemberian antagonis reseptor dopamin-D2
12. Medikamentosa
13. Disfagia

Itulah cara mengobati parkinson. Jika anda salah satu penderita parkinson maka anda bisa melakukan salah satu cara pengobatan sesuai dengan tingkat daya tahan tubuh yang anda miliki. Namun, dengan memilih salah satu pengobatan tersebut penderita parkinson juga harus memperhatikan efek samping dari pengobatan yang dipilih sehingga tidak memberikan dampak buruk bagi penderita penyakit parkinson.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top