Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Langkah Cepat Mengobati Radang Tenggorokan

Uncategorized

6 Langkah Cepat Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan memang bisa menganggu aktivitas, tidak hanya sulit menelan tapi juga menimbulkan rasa sakit. Untuk menyembuhkannya kamu butuh cara mengobati radang tenggorokan dengan cepat. Radang tenggorokan umum terjadi pada setiap orang baik pada anak-anak hingga orang dewasa.

Biasanya, sakit ini dapat sembuh dalam beberapa tanpa pengobatan, tapi rasa ketidaknyamanannya pasti ingin segera dihilangkan. Penyebab radang tenggorokan yang paling sering adalah karena infeksi virus. Namun, hingga saat ini belum ada antivirus untuk melawan jenis virus penyebabnya.

Untuk membunuh virus tersebut yakni dengan meningkatkan kekebalan tubuh dan meredakan radang tenggorokan. Tidak sama jika penyebab radang tenggorokan karena infeksi bakteri, biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang sesuai. Sebelum kita membahas tentang obat tradisional radang tenggorokan, ketahui dulu gejala yang ditimbulkan.

Gejala radang tenggorokan

  • Sakit atau nyeri kepala.
  • Terjadi pembesaran kelenjar di sekitar leher.
  • Amandel atau tonsil membengkak ini merupakan gejala radang amandel yang umum dialami.
  • Merasakan nyeri otot.
  • Batuk.
  • Hidung mengeluarkan ingus.
  • Gejala radang amandel berikutnya adalah tenggorokan gatal dan iritasi.
  • Terasa sakit dan sulit menelan.

Setelah kamu mengetahui beberapa gejala radang tenggorokan di atas, pastikan apakah memang hal itu yang kamu rasakan. Jika memang kamu mengalaminya, maka obati dulu dengan obat tradisional radang tenggorokan, sebelum akhirnya kamu ke dokter. Inilah cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan bahan alami!

Cara mengobati radang tenggorokan dengan ramuan tradisional

Madu
Madu termasuk bahan alami untuk menyembuhkan luka secara efektif. Berarti juga mampu menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat. Caranya, seduhlah teh herbal, lalu tambahkan 1sdm madu ke dalamnya dan aduk. Setelah tercampur menjadi satu, minumlah selagi hangat. Konsumsi pagi dan malam hari sebelum tidur untuk mengatasi gejala radang tenggorokan yang kamu alami.

Loading...

Larutan garam
Berkumur air garam merupakan cara mengobati radang tenggorokan yang sudah digunakan sejak jaman nenek moyang. Berkumur dengan larutan garam hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan dan memecah sekresi. Disamping itu, juga dipercaya dapat membunuh bakteri pada tenggorokan.

Lerutkan ½  sdt garam kedalam segelas air hangat. Kemudian, gunakanlah untuk berkumur dalam 10 menit setiap hari. Langkah perawatan ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan agar tetap bersih. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

Peppermint
Cara menyembuhkan radang tenggorokan selanjutnya dengan peppermint. Peppermint  dipercaya mampu menyegarkan nafas. Tak hanya itu, minyak peppermint juga bisa mengobati radang tenggorokan. Peppermint mengandung mentol yang dapat mengencerkan lendir dan sakit tenggorokan serta batuk.

Sebuah studi  pada tahun 2008 melaporkan bahwa peppermint mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang mendorong penyembuhan. Kamu bisa melakukan pengobatan dengan menghirup minyak pepermint atau mengoleskannya ke dada secukupnya.

Baking soda kumur
Selain melakukan cara mengobati radang tenggorokan dengan larutan garam. Cobalah mencampurnya dengan baking soda. Berkumur baking soda dicampur dengan air garam hangat dapat meredakan sakit tenggorokan. Berkumur dengan larutan itu dapat membunuh bakteri dan mencegah dari pertumbuhan jamur.

The National Cancer Institute merekomendasikan agar berkumur dan desir lembut campuran secangkir air hangat, ¼sdt baking soda dan ⅛sdt garam. Ulangi langkah tersebut setiap tiga jam sampai gejala mereda.

Tumbuhan fenugreek
Fenugreek mempunyai sejumlah manfaat besar bagi kesehatan dan digunakan dalam berbagai bentuk. Kamu bisa makan biji fenugreek, menggunakan minyaknya atau minum teh fenugreek. Teh fenugreek adalah obat radang tenggorokan alami. Begini cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan teh fenugreek yang bisa kamu beli di apotek.

Caranya, seduh teh fanugreek, lalu minum selagi hangat. Jika kamu mempunyai minyaknya oleskan ke bagian tenggorokan dan dada untuk meredakan gejala radang tenggorokan. Bahan ini mempunyai efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab iritasi dan peradangan. Fenugreek juga merupakan antijamur yang efektif.

baca juga : Atasi Tenggorokan Gatal dengan Cara Ini

Teh chamomile
Teh alami yang memiliki efek menenangkan dan termasuk salah satu cara mengobati radang tenggorokan alami. Teh ini sering dimanfaatkan sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup uap teh chamomile dapat membantu meringankan gejala flu dan sakit tenggorokan.

Mengkonsumsinya juga membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan gejala radang tenggorokan. Cukup seduh teh chamomile secukupnya, lalu minum setiap hari sebelum tidur.

Demikianlah cara menyembuhkan radang tenggorokan yang cepat dan aman digunakan. Jika gejala masih berlangsung dan tidak ada perubahan baik, sebaiknya konsultasi ke dokter agar lebih jelas.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top