Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

18 Cara Mengobati Salah Urat Secara Alami dan Paling Ampuh

Uncategorized

18 Cara Mengobati Salah Urat Secara Alami dan Paling Ampuh

Salah urat bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia. Gangguan salah urat biasanya disebabkan oleh kondisi terkilir atau keseleo. Hal ini biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit yang membuat aktivitas atau kegiatan seseorang terhenti. Oleh karena itu, perlu diketahui cara mengobati salah urat agar tidak semakin mengganggu.

Tingkat keparahan salah urat cukup beragam, dari kaku hingga nyeri berat dan tajam. Perawatan rumahan biasanya mampu meredakan salah urat ringan, namum salah urat berat atau nyeri kronis mungkin harus ditangani secara medis. Berikut adalah beberapa cara mengobati salah urat yang bisa digunakan.

Cara Mengobati Salah Urat, Cara Mengobati Penyakit Salah Urat, Cara Ampuh Mengobati Salah Urat

1. Pijat

Cara mengobati salah urat yang pertama adalah dengan pijat. Terkesan tradisional memang atau bahkan sebagian orang berpikir, pijat akan memperparah keadaan. Faktanya, dengan metode pemijatan yang benar, pijat dapat membatu otot anda lebih rileks dan menjadi solusi efektif untuk mengatasi salah urat.

2. Kompres air es

Air es dapat menjadi obat untuk mengatasi salah urat. Pada bagian yang salah urat akan terjadi bengkak dan menggunakan air es dapat mengurangi pembengkakan. Rasa dingin pada air es dapat mengalihkan rasa sakit karena dapat menghilangkan nyeri pada bagian yang bermaslah.

3. Balurkan param

Param merupakan ramuan rempah yang dikombinasikan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, seperti linu, pegal ataupun salah urat urat. Dengan membalurkan param pada bagian yang salah urat, darah akan menjadi lancar. Selain itu, rasa hangat karena kandungan rempah pada param dapat meredakan nyeri pada urat.

4. Lumuri parutan jahe

Jahe sudah dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Tidak hanya seduhan jahe yang bisa manjur untuk mengobati sakit, tetapi parutan jahe yang diaplikasikan langsung pada kulit juga dapat memberi manfaat pengobatan. Kandungan gliserol pada jahe yang membuat kulit terasa hangat bermanfaat untuk melanjarkan peredaran darah. Selain itu, juga dapat mengurangi bengkak yang disebabkan salah urat.

Loading...

5. Menggunakan krim khusus

Berbagai jenis krim khusus yang mampu meredakan nyeri pada urat dapat dengan mudah kita temui di apotek ataupun toko swalayan. Krim ini dapat dijadikan pilihan pengobatan praktis sebagai salah satu cara mengobati salah urat. Krim ini biasanya terasa hangat pada kulit sehingga dapat merilekskan otot yang tegang.

6. Basuh dengan air arang

Mungkin selama ini anda melihat arang hanya digunakan sebagai bahan bakar. Faktanya, arang juga bermanfaat untuk pengobatan. Gunakan arang yang masih menjadi bara untuk direndam ke dalam air. Air tersebutlah yang dapat dijadikan kompres obat salah urat. Ini terkait dengan karbon aktifpada arang yang dapat mengatasi masalah urat.

7. Seledri dan garam

Campuran seledri dan garam juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati salah urat. Caranya cukup mudah, anda cukup menghaluskan seledri. Lalu, campurkan garam di dalamnya. Selanjutnya, anda dapat menggunakan kombinasi kedua bahan tersebut pada bagian yang sakit.

8. Balut kain berisi parutan kencur

Seperti jahe, kencur merupakan bumbu dapur yang memiliki kandungan penghangat alami. Penghangat ini dapat digunaklan untuk melemaskan otot, sehingga efektif untuk mengobati salah urat. Anda dapat mencuci bersih kencur lalu memarutnya. Lalu, gunakan kain untuk membungkus kencur. Setelahnya balutkan kain berisi arutan kencur pada bagian yang mengalami salah urat.

9. Bawang putih

Bawang putih mungkin dapat menjadi pilihan yang paling sederhana  untuk mengatasi masalah salah urat. Sifat anti-peradangan yang dimiliki bawang putih dapat menjadikan otot rileks dan membantu mengatasi bengkak karena salah urat. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada urat yang bermasalah.

10. Kunyit dan air lemon

Gabungan antara kunyit dan air lemon dapat anda andalkan guna mengatasi salah urat. Kunyit memiliki sifat anti-peradangan yang baik untuk mengatasi bengkak. Ditambah lagi, kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon baik untuk memperkuat jaringan tubuh.

Baca Juga 13 Hal Penyebab Kaki Linu yang Perlu Dihindari

Salah urat memang sangat mengganggu, selain rasa sakit pada bagaian tubuh tertentu, pergerakanpun menjadi terbatas. Selain sepuluh hal yang terlah dipaparkan diatas, untuk anda yang mencari cara mengobati salah urat, metode dan ramuan di bawah ini dapat anda coba untuk mengatasi  rasa sakit tersebut.

3 Cara Mengobati Salah Urat Lainnya:

11. Metode RICE
12. Menggunakan metode transcutaneous electrical nerve stimulation
13. Mengkonsumsi non-steroidal anti inflamasi dan acetaminophin
14. Bunga mawar dan daun dewa
15. Daun gandarusa dan temu putih
16. Daun sirih, daun pare dan daun cabai
17. Minyak rosemary dan minyak kayu putih
18. Mandi air sereh dan sirih

Demikian ulasan mengenai cara mengobati salah urat. Semoga pengobatan  medis dan tradisional yang telah disebutkan di atas dapat menjadi solusi bagi anda yang sedang mengalami penyakit salah urat. Tetap sehat dengan memberi penanganan yang tepat untuk masalah kesehatan anda. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top