Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Langkah Mudah Untuk Menjaga kebersihan dan Kesehatan Usus

Uncategorized

6 Langkah Mudah Untuk Menjaga kebersihan dan Kesehatan Usus

Usus adalah termasuk organ dalam sistem pencernaan yang berguna untuk menyerap sari-sari makanan yang akan diolah sebagai energi. Sisa-sisa makanan yang telah diolah akan dibuang melalui saluran pembuangan. Fungsinya di dalam sistem pencernaan sangatlah penting, sehingga kita wajib menjaga kebersihan dan kesehatan usus.

Setiap hari usus akan dilewati oleh berbagai macam makanan yang kita konsumsi, itu menyebabkan usus sangat rentan terkena penyakit. Apalagi jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, lemak dan bahan kimia lainnya. Yang paling parah menimpa usus adalah penyakit kanker usus.

Kalau usus sudah mengalami masalah, pasti dampaknya ke semua organ tubuh. Sebab, asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya akan diolah dulu oleh usus. Jadi, jangan abaikan apa saja yang mengganggu kinerjanya. Maka, kamu harus tahu cara menjaga usus secara efektif dan mudah dilakukan.

Inilah cara menjaga kebersihan dan kesehatan usus

Makan makanan segar
Konsumsi makanan segar yang terbebas dari bahan pengawet atau bahan kimia lainnya dapat membuat usus menjadi lebih sehat. Makanan yang mudah dicerna akan membuat usus bekerja lebih ringan sehingga kesehatannnya terjaga. Pilihlah makanan yang masih segar, seperti buah, sayur dan daging segar. Usahakan sebelum dimasak makan-makanan tersebut cuci dengan benar untuk menghilangkan kandungan zat pestisida.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik
Bakteri terdiri dari dua jenis yakni bakteri baik dan bakteri jahat. Jika bakteri jahat akan mengganggu kesehatan kita, sedangkan bakteri baik untuk menyehatkan tubuh kita. Salah satu yang harus dikembangkan bagi tubuh adalah bakteri probiotik karena bisa meningkatkan produksi bakteri baik lainnya dalam usus. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan usus kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik diantaranya, yoghurt, salad, tempe, kimchi dan lainnya.

Loading...

Kurangi konsumsi gula
Terlalu banyak mengkonsumsi gula atau makanan manis lainnya sangat tidak baik bagi tubuh. Gula bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes atau kencing manis dan meningkatkan asam lambung. Tak hanya itu gula juga bisa membuat kinerja empedu menjadi lebih keras. Sedangkan pengaruhnya untuk usus, gula mendukung pertumbuhan bakteri jahat yang merusak usus dan menyebabkan berbaga penyakit. Mulai sekarang perhatikan asupan gula yang kamu konsumsi setiap hari, jangan sampai berlebihan.

baca juga : 1 Bulan Sebelum Serangan Jantung Berlangsung, Tubuh Akan Menunjukkan Gejala Ini

Sering makan dengan porsi kecil lebih baik daripada jarang makan tapi porsi besar
Kita dianjurkan untuk makan dengan porsi kecil walau sering. Kondisi itu akan membuat kerja usus menjadi lancar. Hindari makan tidak teratur tapi porsinya besar. Sebab, usus di dalam tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Dengan begitu, usus menjadi cepat lelah dan mudah terserang penyakit.

Kurangi stress
Stres mempunyai efek buruk terhadap kesehatan tubuh, selain bisa mengakibatkan hipertensi, serangan jantung, ternyata juga berdampak pada usus. Menurut penelitian, stres bisa membuat usus meradang dan bisa mengganggu sistem syaraf parasimpatis. Syaraf parasimpatis ini berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

Istirahatlah yang cukup
Dengan melakukan istirahat yang cukup berarti kamu sudah menyehatkan usus. Istirahat yang dibutuhkan manusia adalah tidur 8 jam dalam semalam. Jika tubuh beristirahat dengan cukup mampu mengendalikan rasa kenyang dan lapar dengan baik sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat.

Mudahkan, cara menjaga kebersihan dan kesehatan usus? Jadi, tunggu apalagi yuk mulai lakukan setiap hari agar kamu terhindar dari gangguan pencernaan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top