Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Cara Mudah Menyembuhkan Cantengan Secara Alami

Uncategorized

14 Cara Mudah Menyembuhkan Cantengan Secara Alami

Cantengan atau yang lebih dikenal dengan kuku bernanah merupakan sebuah keadaan dimana infeksi yang terjadi pada kulit terutama di bagian kuku baik tangan maupun kaki. Cantengan dapat disebabkan oleh kebiasaan menggigit kuku ataupun bisa berasal dari gigitan serangga. Maka dari itu, anda perlu mengetahui cara menyembuhkan cantengan.

Cantengan ditandai dengan rasa nyeri pada bagian sekitar kuku dan hal itu sangatlah mengganggu anda bisa menghambat aktivitas anda untuk menggunakan tangan anda. Selain rasa nyeri, bengkak juga bisa terjadi pada cantengan. Rasa nyeri yang terjadi juga akan terasa nyeri berlebihan saat anda sedang tidur. Berikut beberapa cara menyembuhkan cantengan.

Cara Menyembuhkan Cantengan, Cara Menyembuhkan Penyakit Cantengan, Cara Alami Menyembuhkan Cantengan

1. Cuka Sari Apel

Cara menyembuhkan cantengan yang pertama adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Dengan menggunakan cuka sari apel, segala penyakit kronis dalam tubuh seseorang dapat disembuhkan, seperti contohnya tekanan darah tinggi. Selain itu, cuka sari apel juga akan membantu mengobati luka cantengan.

2. Daun Pacar Kuku

Daun pacar kuku biasanya digunakan untuk mewarnai kuku, tetapi juga bisa anda gunakan untuk mengalami cantengan. Sangatlah mudah untuk mendapatkan daun pacar kuku, dan sangatlah mudah untuk membuatnya. Hanya cukup campurkan daun pacar kuku dengan air hangat, jeruk nipis dan gula merah.

3. Campuran air dan kunyit

Kunyit biasanya digunakan untuk pewarna alami pada makanan. Tetapi, anda bisa mencampurkan kunyit dengan air hangat untuk dapat mengobati cantengan. Anda cukup menghaluskan kunyit dan campurkan dengan air hangat lalu mengoleskannya pada bagian luka cantengan.

4. Daun tempuh Wiyah

Mungkin sebagian dari pembaca belumlah mendengar mengenai tanaman herbal yang satu ini. Tetapi, daun wiyah juga dipercaya ampuh untuk mengobati cantengan pada kuku. Haluskan daun wiyah, setelah itu tempelkan pada bagian kuku yang luk dan mengalami cantengan.

Loading...

5. Campurkan Air hangat dan Garam

Air garam sangat berguna untuk membunuh bakteri pada luka dan terhindar dari infeksi. Dengan kata lain, garam juga bisa membunuh bakteri yang ada pada luka cantengan. Anda cukup mencampurkan air hangat dengan garam lalu membasuh nya ke bagian luka pada bagian luka.

6. Kombinasi kunyit dan bawang putih

Dengan mengombinasikan kedua bahan herbal diatas yaitu, kunyit dan bawang putih anda dapat mengobati cantengan dengan efektif. Kunyit biasa digunakan untuk pewarna alami, sedangkan bawang putih bisa anda gunakan untuk menambah kelezatan pada makanan. Maka dari itu, sangatlah mudah untuk mendapatkan kedua bahan tersebut.

7. Daun Dewa

Mungkin anda belum pernah mendengar tanaman herbal yang satu ini, tetapi anda bisa menggunakan daun dewa untuk mengobati luka cantengan yang terjadi pada kuku anda. Anda hanya cukup mencampurkannya dengan air hangat dan lalu oleskan ke tempat yang luka pada bagian kuku.

8. Jangan lupakan manfaat Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh sangat bermanfaat untuk mengobati luka pada cantengan. Minyak pohon teh juga mengandung antioksidan yang dapat membantu penyembuhan luka cantengan menjadi lebih cepat. Kuman pada luka cantengan akan dibunuh oleh minyak pohon teh ini. Sangat disarankan anda bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati cantengan.

9. Bawang Merah

Bawang merah biasanya kita gunakan sebagai bahan penambah kelezatan pada makanan dang memang sangat dipercaya untuk mengobati segala penyakit pada kulit termasuk cantengan. Bawang merah akan sangat berguna untuk menyembuhkan cantengan. Jadi, janganlah ragu untuk menggunakan bawang merah untuk mengobati cantengan.

10. Manfaatkan Air lemon

Air lemon sangatlah kaya akan vitamin C dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, air lemon juga bermanfaat untuk mengobati masalah yang ada pada kuku anda. Lemon juga mengandung anti oksidan yang sangat tinggi dan sangat berguna untuk kesehatan kulit.

4 Cara Menyembuhkan Cantengan Lainnya:

Baca Juga 15 Tanda Tanda Asma yang Perlu Diketahui

11. Manfaatkan minyak kelapa
12. Menggunakan daun gandarusa
13. Gunakan Alas Kaki Terbuka
14. Jahe Juga akan sangat membantu mengobati cantengan

Itulah beberapa cara menyembuhkan cantengan yang bisa anda coba untuk mengobati terjadinya penyakit cantengan dan dapat memberikan rasa nyaman pada kuku anda. Sebaiknya obati dan lakukan penanganan dengan tepat untuk cantengan, karena apabila diabaikan dapat menyebabkan infeksi. Segera hubungi dokter anda saat mengalami gejala berlebih. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top