Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Rumahan

Uncategorized

Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Rumahan

Saat sariawan datang, rasanya sangatlah tidak nyaman dan susah untuk makan. Untuk itu, kita membutuhkan cara mengobati sariawan yang cepat agar bisa mengkonsumsi makanan dengan nyaman. Sariawan disebabkan oleh jamur candida albicans dan biasanya terjadi pada lidah dan bibir.

Jamur ini memang tumbuh di mulut, tapi karena kekebalan tubuh menurun, membuat pertumbuhan jamur candida albicans tidak terkendali. Lalu, menginfeksi dan menyebabkan luka yang berwarna putih atau krem. Apabila tidak segera diobati, sariawan bisa menyebar ke langit-langit mulut, amandel, gusi atau di belakang tenggorokan.

Gejala sariawan yang dirasakan oleh tubuh adalah nyeri, luka berwarna kemerahan, sulit menelan dan tidak bisa merasakan makanan.Siapapun bisa terkena mulai dari bayi, anak-anak, dewasa dan semua orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah. Dia yang memasang gigi palsu, menderita diabetes dan kankerakan lebih rentan mengalami sariawan.

Langkah terbaik untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui pola makan sehat. Ditambah juga selalu menjaga kebersihan mulut, olahraga secara teratur dan cukup istirahat atau tidur. Selain itu, kamu perlu tahu beberapa cara mengobati sariawan dengan bahan alami untuk meredakan gejala dan mengontrol infeksi.

Inilah cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami

Mengetahui beberapa macam cara mengatasi sariawan yang tepat bisa membuatmu lebih baik dan dapat makan dengan nyaman. Berikut ini caranya!

Garam
Mengobati sariawan yang pertama, menggunakan garam dapur. Garam merupakan obat alami sariawan terbaik dan mudah didapatkan, karena sudah pasti ada di rumah. Garam akan membantu meringankan gejala yang terjadi dengan cepat. Campurkan ½ – 1 sdt ke dalam secangkir air hangat. Setelah larut, berkumurlah dengan larutan tersebut dan desir-desir hingga beberapa menit, lalu buang airnya. Ulangi lagi hingga larutan habis.

Loading...

Selain itu, kamu juga bisa menaburkan garam ke bibir atau lidah yang mengalami sariawan. Gosok-gosok menggunakan jari secara perlahan dan diamkan beberapa detik. Lalu bilas sampai bersih. Lakukan 2 kali sehari sebagai cara menyembuhkan sariawan.

Yogurt
Yogurt merupakan probiotik yang mengandung lactobacillus aktif bisa melawan jamur penyebab sariawan. Selain bisa mengobati sariawan, kandungan yoghurt mampu meningkatkan kinerja sistem penernaan. Untuk hal ini gunakan yogurt tanpa gula. Konsumsi yoghurt 2-3 cangkir dalam sehari selama beberaoa minggu.

Atau gosokkan yoghurt tanpa gula ke lidahmu dan mulut yang mengalami sariawan, biarkan meresap selama 5-10 menit. Kemudian, bilas menggunakan air hangat. Ulangi langkah tersebut 2 kali sehari hingga sariawan sembuh.

baca juga : Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap yang Ampuh

Minyak kelapa
Cara menyembuhkan sariawan berikutnya dengan minyak kelapa. Minyak ini ampuh melawan infeksi dan bisa mengurangi peradangan akibat sariawan. Dalam sebuah studi pada tahun 2007 yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food, para peneliti menunjukkan jika kelapa sangat aktif terhadap spesies candida. Jadi, sangatlah tepat kamu memanfaatkan minyak kelapa untuk mengobati sariawan.

Terapkan minyak kelapa original ke daerah mulut dan lidah yang sariawan menggunakan kapas atau cotton bud. Lakukan 2 kali sehari sampai sariawan benar-benar hilang. Atau gunakan 1 sendok minyak kelapa untuk berkumur dan desir-desir di mulut selama 10 menit, lalu keluarkan. Bilas mulutmu dengan air hangat atau sikat gigi agar aroma minyak kelapa hilang. Terapkan perawatan ini di pagi hari saat perut kosong dan lakukan secara rutin sampai membaik.

Itulah cara menyembuhkan sariawan yang tepat dan cepat menggunakan obat alami sariawan. Jangan lupa bagikan ke temanmu cara-cara ini untuk mengatasi sariawan yang diderita oleh mereka.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top