Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Cara Melakukan Sit Up untuk Menurunkan Tekanan Darah

Uncategorized

8 Cara Melakukan Sit Up untuk Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang berlebih disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Jika anda mempunyai penyakit tekanan darah yang berlebih maka anda bisa melakukan olahraga sit up. Olahraga sit up merupakan merupakan gerakan yang bertumpu pada otot bagian perut. Sit up untuk menurunkan tekanan darah lebih baik jangan terlalu diforsir karena malah akan menaikkan tekanan darah akibat terlalu lelah.

Ada banyak cara untuk menurunkan tekanan darah dan seperti yang sudah dikatakan salah satunya adalah melakukan olahraga ringan yaitu sit-up. Tentunya untuk menghasilkan hasil yang baik dan benar-benar dapat menurunkan tekanan darah diwajibkan melakukan sit-ups dengan benar. Berikut cara sit up yang benar untuk menurunkan tekanan darah yang perlu anda ketahui.

Cara Sit Up untuk Menurunkan Tekanan Darah, Efek Sit Up untuk Menurunkan Tekanan Darah, Manfaat Sit Up untuk Menurunkan Tekanan Darah

1. Ambil posisi nyaman

Sit up yang pertama untuk menurunkan tekanan darah anda harus mengambil posisi nyaman. Melakukan sit up dengan menggunakan matras akan jauh lebih nyaman. Atau jika anda berada di tempat fitnes, silahkan menggunakan alat yang memang didesain untuk fitnes. Kemudian anda memerlukan bantal kecil untuk menopang bagian bokong bila tidak kuat menahan sakit karena sebagain orang sering merasa sakit  di bagian bokong ketika mereka melakukan sit up.

2. Atur nafas 

Sebelum anda memulai olahraga sit up anda bisa melakukan pemanasan dengan mengatur nafas. Hal ini perlu dilakukan agar badan anda lebih rileks. Anda bisa memulai dengan mengambil nafas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Anda bisa melakukannya dengan posisi duduk kemudian berdiri. Lakukan beberapa kali sebelum melakukan sit-ups. Kemudian tenangkan pikiran anda dengan menutup kedua mata.

3. Posisi tubuh 

Sit up selanjutnya dengan mengatur posisi tubuh. Jadi ketika anda melakukan sit up untuk menurunkan tekanan darah posisi tubuh anda harus sejajar, anda tidak boleh mengambil posisi sesuai dengan kenyamanan atau sembarangan. Kemudian untuk posisi kaki, anda harus membuat kaki ditekuk dan tangan menjadi penopang kepala. Akan tetapi anda juga bisa mengambil posisi dengan tangan dibiarkan atau diluruskan bila merasa lebih nyaman.

4. Fokus pada gerakan 

Jika sudah masuk pada tahap gerakan maka anda sangat memerlukan konsentrasi yang penuh. Cobalah fokus pada gerakan sit up yang anda lakukan. Jadi jangan melakukan sit up secara terburu-buru, lebih baik lakukan secara perlahan. Saat melakukan sit up, jangan lupa untuk mengatur nafas. Saat posisi terbaring, tarik nafas perlahan kemudian ketika bangun, keluarkan secara perlahan untuk menghindari tekanan darah yang semakin tinggi.

Loading...

5. Jangan melakukan banyak gerakan sit up

Lakukan sit up secara perlahan. Jangan sampai melakukan banyak gerakan sit up yang justru akan membuat tekanan darah anda semakin parah. Dengan melakukan banyak gerakan akan menyebabkan energi anda akan cepat habis sehingga akan dapat memicu resiko tekanan darah menjadi naik.

6. Minta bantuan 

Jika anda memang merasa kesulitan karena melakukan olahraga sit up sendiri atau tanpa menggunakan bantuan alat maka anda bisa minta bantuan kepada para pelatih atau kerabat anda untuk menarik tubuh dan menahan kaki agar tidak bergerak. Hal ini sangat baik dilakukan untuk mengontrol tekanan darah anda apakah tekanan darah anda masih stabil atau tidak.

7. Lakukan secara rutin 

Jika anda ingin memperoleh hasil yang maksimal maka anda dapat melakukan olahraga sit up secara rutin. Jangan langsung menentukan batas waktu selama 30 per hari. Bisa saja dimulai dengan jangka waktu 10 per hari tetapi dilakukan secara rutin. Di kemudian hari anda bisa menambahnya sesuai dengan kemampuan anda.

8. Variasi sit up 

Sebenarnya jika anda menyukai olahraga sit up tentu, olahraga ini memiliki variasi yang beragam. Namun yang paling penting dengan melakukan olahraga sit up mampu menurunkan tekanan darah. Variasi sit up juga memiliki tingkat kesulitan yang paling tinggi yaitu terletak pada bagian menahan perut. Terkait varian tadi, sebaiknya anda memilih satu cara yang anda sukai dan dapat anda lakukan secara rutin. Dengan begitu anda akan mendapatkan hasilnya.

Baca Juga 23 Jenis Olahraga untuk Meninggikan Badan dan Latihan Otot dan Senam

Itulah sit up untuk menurunkan tekanan darah. Jika anda memupnyai keluhan tentang tekanan darah yang tidak stabil atau tidak terkontrol sebaiknya anda mulai melakukan olahraga ini. Terapkan gaya hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga ataupun fitness.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top