Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Ciri Ciri Penyakit Polip yang Perlu Diketahui

Uncategorized

12 Ciri Ciri Penyakit Polip yang Perlu Diketahui

Penyakit polip merupakan penyakit yang mengakibatkan terjadinya peradangan yang nantinya akan dapat memunculkan benjolan daging atau tumor yang memiliki cabang pada rongga hidung sehingga menyebabkan adanya tonjolan. Penyakit ini akan sangat menganggu pernafasan, dan biasanya polip tumbuh saat selamput lendir membengkak akibat penimbunan cairan seperti daerah sinus pada rongga hidung. Biasanya penyakit ini akan memunculkan ciri ciri polip jika anda mengalaminya.

Jangan sampai anda tidak mengetahui jika mengidap penyakit polip ini, jika memang anda mengidap, anda harus segera mengobatinya sebelum menjadi polip ganas. Bagaimanakah ciri-ciri polip ? Dibawah ini akan dijelaskan ulasan lengkapnya.

Ciri Ciri Polip, Ciri Ciri Penyakit Polip, Ciri Ciri Gejala Polip

1. Hidung tersumbat

Ciri-ciri pertama yang sering muncul pada orang yang mengidap penyakit polip adalah hidung tersumbat. Hal ini pasti akan dirasakan oleh penderita polip, karena terjadi adanya penyempitan pada saluran pernafasan atau rongga hidung. Hal ini merupakan ciri-ciri awal terjadinya penyakit polip. Maka dari itu, lindungi hidung anda jika ada debu yang berlebihan, agar produksi lendir pada hidung tidak meningkat.

2. Penurunan indra penciuman

Hal kedua yang merupakan ciri-ciri polip yaitu seseorang akan mengalami penurunan indra penciuman. Penurunan indra penciuman ini biasanya terjadi pada penyakit polip yang sudah parah. Hal tersebut tentu akan sangat menganggu para penderita polip. Penurunan indra penciuman ini biasanya terjadi karena adanya sumbatan pada hidung dan mennurunnya fungsi kerja pada hidung yang disebabkan akibat dari adanya penyakit polip.

3. Bersin

Selain mengalami penurunan indra penciuman, seseorang yang menderita polip pasti akan mengalami bersin. Bersin ini disebabkan akibat mulai menyempitnya saluran pernafasan dengan adanya daging yang tumbuh pada rongga hidung.

4. Cairan lendir yang masuk ke dalam tenggorokan

Para penderita polip akan mengalami peningkatan produksi mukosa. Produksi mukosa ini nantinya akan mengakibatkan dampak pada rongga hidung, yaitu hidung akan cenderung berair atau berlendir, dan cairan atau lendir tersebut akan jatuh ke dalam tenggorokan.

Loading...

5. Sakit gigi

Selain mengalami cairan lendir yang masuk ke dalam tenggorokan, para penderita polip akan mengalami sakit gigi. Namun, sakit gigi ini berbeda dengan sakit gigi pada umumnya, sakit gigi pada penderita polip akan terjadi pada bagian rahang dan sakit gigi ini tidak hanya disebabkan oleh adanya gigi baru yang tumbuh, ataupun infeksi pada gigi. Jika anda mengalami sakit gigi pada rahang, anda harus segera memeriksakan gigi anda pada dokter gigi untuk memastikan apa anda terkena polip atau tidak.

6. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan ini juga merupakan salah satu ciri-ciri munculnya penyakit polip. Seseorang yang mengidap polip akan menderita beberapa gangguan pada tubuhnya, seperti penyumbatan saluran pernafasan, sakit kepala, dan sakit gigi, sehingga hal tersebut akan mengakibatkan menurunnya nafsu makan bagi para penderita penyakit polip.

7. Sakit pada wajah

Anda juga dapat mengetahui seseorang mengalami penyakit polip atau tidak dengan ciri-ciri sakit pada wajah. Pada pipi akan terdapat sebuah rongga udara, dan dalam rongga udara inilah polip biasanya akan tumbuh. Jika polip tumbuh pada rongg udara kecil maka akan mengakibatkan sakit pada bagian wajah khususnya sekitar pipi.

8. Tidur mendengkur

Seseorang yang menderita penyakit polip biasanya jika tidur akan mendengkur. Hal ini dikarenakan adanya penghalang pada saluran pernafasan sehingga udara tidak dapat masuk dengan banyak. Tidur mendengkur yang dialami penderita polip biasanya terjadi pada penderita yang memiliki polip atau pertumbuhan daging yang sudah mulai besar sehingga menjadi penghalang bagi masuknya udara kedalam saluran pernafasan.

9. Sering sakit kepala

Sering sakit kepala merupakan salah satu ciri seseorang menderita penyakit polip. Karena pada saat orang menderita polip, bagian tubuh yang terkena polip akan merespon ke otak yang akan menyebabkan sakit kepala. Penderita polip yang sakit kepala juga dapat diakibatkan oleh kurangnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh karena adanya penyumbatan pada saluran pernafasan.

10. Daging tumbuh

Daging tumbuh ini merupakan daging yang tumbuh pada bagian tubuh yang berlendir, dan daging tumbuh inilah yang biasanya disebut polip. Daging tumbuh ini biasanya dapat tumbuh di beberapa bagian tubuh yang berlendir, khususnya sangat sering terjadi di hidung. Warna daging tumbuh ini semakin lama akan semakin gelap, serta akan ada perubahan tekstur menjadi lebih keras.

Baca Juga 12 Cara Efektif Mencegah Xerostomia atau Mulut Kering

Selain 10 ciri-ciri polip di atas, ada lagi 2 ciri-ciri polip yang biasanya terjadi, antara lain:

2 Ciri Ciri Polip Lainnya:

11. Hidung sering merasa sakit jika dipegang
12. Sering mengalami flu disertai sakit kepala

Diatas itulah 12 ciri-ciri penyakit polip yang harus anda ketahui, jika anda mengalami beberapa gejala di atas, segera pergi ke dokter untuk mengetahui apa anda menderita polip atau penyakit lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top