Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat yang Berbahaya untuk Tubuh

Uncategorized

15 Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat yang Berbahaya untuk Tubuh

Ada rumah sehat, tentu saja ada rumah yang tidak sehat. Dan sepertinya di zaman sekarang masih banyak rumah tidak sehat itu. Bukan hanya faktor lingkungan yang membuat rumah masuk dalam kategori ini, namun juga faktor kesadaran manusianya yang malas merawat rumahnya.

Kebiasaan buruk membiarkan rumah tampak kotor dan kumuh adalah penyebab utama rumah tidak sehat. Bagaimana mau tercipta rumah yang nyaman, kalau menyapu dan mengepel saja tidak pernah. Dan bagaimana mau tercipta rumah yang baik untuk tubuh, kalau konstruksi rumah saja asal-asalan, tanpa memperhatikan kualitas udara dan cahaya yang keluar masuk.

Rumah tidak sehat tentu saja sangat tidak layak huni. Maka dari itu, kita membutuhkan solusi untuk mengatasinya. Solusi terampuh tentu saja dengan memperhatikan kebersihan internal dan eksternal dari rumah. Sering membersihkan bagian dalam rumah dan tentu juga membersihkan lingkungan sekitar rumah.

Berikut di bawah ini adalah 15 ciri-ciri rumah tidak sehat yang berbahaya untuk tubuh:

1. Berada di Slum Area

Rumah yang berada di slum area atau pemukiman kumuh jelaslah tidak sehat. Slum area memang menjadi masalah yang sangat serius di Indonesia, terutama di kota besar seperti DKI Jakarta, masih banyak slum area. Jika kamu sudah mampu beli rumah yang layak, sebaiknya segera tinggalkan slum area.

2. Memiliki Ukuran yang Sangat Kecil

 

Ukuran rumah yang terlalu kecil tidaklah baik karena akan membuat pergerakan kita terbatas. Maka dari itu, kita membutuhkan rumah yang luas. Setidaknya memiliki ruangan-ruangan vital, seperti kamar, dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan ruang keluarga.

3. Memiliki Dinding atau Atap yang Bolong

Sepertinya tidak ada orang yang mau punya rumah bolong di dinding dan atapnya. Tapi pdrlu diketahui bahwa rumah seperti ini juga tidak baik untuk jangka panjang. Karena mudah dimasuki nyamuk dan memiliki hawa dingin yang menusuk. Belum lagi kalau hujan deras mengguyur. Pasti banjir.

Loading...

4. Lantai dari Tanah dan Banjir Bila Hujan

Rumah yang lantainya tanah masih banyak dijumpai di pedesaan. Orang miskin biasanya hanya mampu membangun rumah ini. Dan bila hujan deras mengguyur, maka jelaslah bakal kena banjir. Tentu pada akhirnya, kesehatan tubuh rentan terserang penyakit.

5. Kurang Pencahayaan

Pencahayaan yang buruk juga menjadi indikasi rumah tidak sehat. Kalau rumah terlihat redup dan remang-remang, bahkan gelap sepanjang waktu, maka ini ibarat gua. Tidak layak dihuni manusia. Akan mudah berkembang biak segala jenis virus dan bakteri di sana.

6. Memiliki Bau Udara yang Pengap

Rumah yang tidak sehat juga punya kualitas udara yang super buruk. Bagaimana tidak? Rumah ini memiliki banyak faktor kenapa udara jadi bau. Misalnya karena banyaknya barang-barang yang menumpuk. Atau karena berada di pemukiman kumuh penuh dengan sampah.

7. Terlalu Sesak dengan Barang-Barang

Rumah yang terlalu sesak dengan barang-barang sungguh tidak baik. Karena rumah ini akan membuat udara semakin pengap. Dan cahaya juga susah masuk. Tiap sumpalan barang-barang berubah menjadi sarang penyakit.

8. Tidak Memiliki Sekat Ruangan

Rumah yang tidak sehat tidak memiliki sekat. Semua ruangan tumpah jadi satu. Ini membuat segalanya terasa sesak dan sumpek. Bagaimana kesehatan fisik dan mental bisa tercapai dalam kondisi rumah seperti ini?

9. Sumber Air yang Buruk

Rumah yang tidak sehat juga memiliki sumber air yang sangat buruk. Di dalam rumah ini, air akan berasa dan berbau. Sungguh tidak layak dikonsumsi atau dijadikan pengairan sehari-hari. Dampak buruknya akan dirasakan oleh tubuh kita.

10. Tidak Memiliki Tempat Ibadah Tersendiri

Rumah yang tidak sehat juga tercermin dari tiadanya ruangan untuk ibadah. Kegiatan ibadah biar bagaimana pun bagian dari olah rohani yang sangat berpengaruh pada jasmani kita.

Baca Juga: 15 Kebiasaan Buruk yang Membuat Wajah Jadi Kusam dan Menggelap

Demikianlah 10 ciri yang mesti diperhatikan dari rumah tidak sehat. Nah, di bawah ini masih ada beberapa ciri lainnya yang sebaiknya anda perhatikan pula.

5 Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat yang Lainnya:

11. Berada di Bantaran Sungai
12. Jauh dari Keramaian
13. Berada di Zona Berbahaya, Misalnya Dekat dengan Habitat Binatang Buas
14. Tidak Ada Sumber Listrik dan Alternatif Listrik
15. Banyak Debu Berterbangan dan Langit-Langit Menempel

Begitulah seluruh penjelasan mengenai ciri-ciri rumah tidak sehat ini. Mudah-mudahan saja, rumah kita tergolong rumah sehat yang layak huni. Sehingga kesehatan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari selalu terjamin.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top