Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Tanda yang Ditunjukkan Oleh Tubuh Jika Peredaran Darah Memburuk

Uncategorized

10 Tanda yang Ditunjukkan Oleh Tubuh Jika Peredaran Darah Memburuk

Salah satu ciri-ciri sirkulasi darah tidak lancar adalah terjadi pembengkakan pada tubuh. Peredaran darah di dalam tubuh tidak pernah berhenti untuk membuat kinerja organ tubuh menjadi maksimal. Aliran darah berguna untuk mengangkut nutrisi seperti, mineral, vitamin, protein dan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga, sangat penting kelancaran sirkulasi darah ini.

Tetapi, terkadang peredaran darah pada tubuh mengalami gangguan dan tidak lancar. Kondisi ini tentu menghambat kerja organ tubuh. Beberapa masalah itu dianataranya penumbatan, pengentalan darah dan penyempitan pembuluh darah dapat mengakibatkan berbagai penyakit bagi tubuh. Oleh karena itu kita perlu mengetahui efek peredaran darah tidak lancar yang muncul. Agar kita bisa mewaspadai dan mencari solusi yang tepat dan cepat.

Jika sirkulasi darah buruk dan tidak kamu tangani dengan baik maka, akan menimbulkan penyakit serius. Diantaranya hemofilia, kanker darah, leukopenia, serangan jantung, stroke dan penyakit mematikan lainnya.

Inilah 10 tanda-tanda peredaran darah tidak lancar

Adapun pengaruh atau efek peredaran darah tidak lancar adalah membuat tubuh merasakan beberapa kondisi seperti di bawah ini! Berikut penjelasannya :

Pembengkakan di tangan atau kaki
Apabila aliran darah tidak normal maka, mengakibatkan pembengkakan atau peradangan pada tangan dan kaki. Peredaran darah yang buruk menyebabkan fungsi ginjal terganggu, sehingga mengakibatkan penumpukan cairan di tangan dan kaki. Bengkaknya kaki dan tangan tanpa alasan yang jelas bisa dianggap sebagai ciri-ciri sirkulasi darah tidak lancar.

Jika sedang dalam keadaan seperti ini jangan sekali-kali pijat pada bagian yang bengkak karena akan memperburuk. Lebih baik konsultasikan kepada dokter dan minumlah air putih yang banyak serta lakukan peregangan. Mungkin kompres air hangat akan menjadi cara mengatasi peredaran darah tidak lancar.

Loading...

Mudah lelah
Sering merasa kelalahan juga bisa jadi efek peredaran darah tidak lancar atau sirkulasi darah yang buruk. Dimana saat itu tubuh kekurangan pasokan oksigen dan nutrisi sehingga hanya rasa kantuk, kecapekan mesti sudah istirahat dengan cukup. Selain itu, seseorang juga akan mengalami napas pendek, nyeri otot dan tubuh lemas kurang bertenaga.

Tangan dan kaki terasa dingin
Saat tangan dan kaki menjadi dingin jangan biarkan begitu saja, karena bisa sebagai ciri-ciri sirkulasi darah tidak lancar. Suhu tubuh menurun ketika ada gangguan dalam peredaran darah, jadi tubuh akan merasa lebih dingin terutama di tangan dan kaki.

Fungsi otak menurun
Kinerja otak menurun termasuk efek peredaran darah tidak lancar yang ditunjukkan oleh tubuh. Ini disebabkan karena otak tidak cuku nutrisi sehingga dungsi memeri menurun dan mudah mengalami pusing kepala. Lakukanlah peregangan di bagian kepala dan olahraga ringan agar peredaran darah kembali lancar.

Gangguan sistem pencernaan
Pasokan nutrisi dan oksigen yang tidak sampai pada organ-organ di seluruh tubuh membuat beberapa proses terhambat, termasuk sistem pencernaan. Organ-organ pencernaan yang tidak mendapatkan nutrisi yang diinginkan akan sulit bekerja, akhirnya terjadi sembelit dan masalah lainnya. Ketidaknyamanan perut bisa mengindikasikan sebagai tanda-tanda peredaran darah tidak lancar.

Lemahnya sistem kekebalan tubuh
Aliran darah yang tidak normal dapat melemahkan daya tahan tubuh atau kemampuan tubuh dalam melawan penyakit. Jika ini tidak kamu atasi maka, tubuhmu akan mudah terserang penyakit dan parasit yang membahayakan nyawamu. Konsumsi buah-buahan bisa menjadi cara mengatasi peredaran darah tidak lancar yang tepat.

Muncul memar atau kulit membiru
Hati-hati jika ada beberapa bagian tubuhmu mengalami memar atau membiru secara mendadak atau tanpa sebab yang jelas. Mungkin saja itu ciri-ciri sirkulasi darah tidak lancar. Kulit yang memar tersebut kemungkinan tidak mendapatkan asupan darah yang cukup.

Nafsu makan menurun
Sirkulasi darah yang kurang lancar menyebabkan lemahnya pengiriman sinyal lapar dari organ hati ke otak. Sehingga, tubuh tidak merasa lapar dan tidak ada keinginan untuk mengkonsumsi makanan. Jadi, nafsu makan yang menurun merupakan efek peredarah darah tidak lancar. Untuk itu, jangan kamu turuti keinginan ini, paksa tubuhmu agar mengkonsumsi makanan.

Cara mengatasi peredaran darah tidak lancar yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih makanan yang kamu sukai dan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

baca juga : 11 Gerakan Simple Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Disfungsi ereksi
Tanda-tanda peredaran darah tidak lancar yang terjadi pada pria yaitu disfungsi ereksi. Kondisi seperti ini menganggu tingkat kesuburan para pria. Tanganilah dengan periksakan diri ke dokter.

Rambut rontok
Bukan hanya salah sampo yang bisa merontokkan rambut, tapi bisa saja sebagai efek peredaran darah tidak lancar. Ketidaknormalan aliran darah dapat membuat rambut dan sekitar kepala kurang memperoleh nutrisi yang. Akibatnya, rambut menjadi kering, mudah patah dan rontok dari akarnya.

Itulah beberapa ciri-ciri sirkulasi darah yang tidak lancar dan bagaimana cara mengatasinya. Apabila kamu merasakan ada perubahan pada tubuhmu seperti tanda-tanda di atas jangan abaikan, datanglah ke ahli kesehatan untuk penanganannya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top